Soal Jumbara PMR 2019 Beserta Kunci Jawaban
Kepalangmerahan
1.
Lambang gerakan pelayanan medis
kemiliteran sebelum diadopsinya lambang palang merah di Negara-negara seperti,
Austria, Perancis, dan Spanyol berturut-turut adalah........
a.
Merah, Putih, Kuning.
b.
Merah, Kuning, Putih.
c.
Kuning, Merah Putih.
d.
Putih, Merah, Kuning.
e.
Putih, Kuning, Merah.
2.
Tahun berapakah diselenggarakan
Konvensi Jenewa yang hasilnya adalah ditetapkannya lambang palang merah sebagai
penghormatan terhadap Negara Swiss?
a. 1864
b. 1929
c. 1906
d. 1919
e. 1876
3.
Negara yang mengajukan agar
pelayanan medis militer dan perhimpunan nasional mereka menggenakan lambang
Bulan Sabit Merah adalah........
a. Irak
b. Iran
c. Saudi Arabia
d. Turki
e. Uni Emirat Arab
4.
Wanita pada perang Solverino yang
dijuluki sebagai “ Lady With The Lamp” adalah........
a. Fllorence Nightangle
b. Florenss Nightangle
c. Florence Nghtingale
d. Fllorence Nightingale
e. Florence Nightingale
Pertolongan
Pertama
5.
Cara memeriksa kesadaran penderita
kasus medis adalah.....
a. ADTD
b. ASNT
c. ABCD
d. AVPU
e. Semua salah
6.
Istilah warna kulit sebagai tanda
pasien yang kekurangan oksigen adalah........
a. Redanossi
b. Brohnossi
c. Katanossi
d. Sianossi
e. Oxynossi
7.
Pemeriksaan alat kelamin laki-laki
disebut........
a. Penisismus
b. Penisimus
c. Pleapismus
d. Pleapasmas
e. Penispasmus
8.
Urutan pemeriksaan tanda vital yang
benar adalah........
a. Suhu, Nafas, Tekanan darah, Nadi.
b. Suhu, Nadi, Nafas, Tekanan darah.
c. Nadi, Nafas, Tekanan darah, Suhu.
d. Nafas, Nadi, Tekanan darah, Suhu.
e. Nafas, Suhu, Nadi, Tekanan darah.
Kepemimpinan
9.
Komunikasi menggunakan ekspresi
wajah disebut komunikasi........
a. Ekspresif
b. Non Verbal
c. Verbal
d. Ekspresi
e. Smiley
10. PMR Mula
yang mampu memberikan contoh perilaku hidup sehat kepada teman sebaya,
disebut........
a. Peer Exampler
b. Peer Educator
c. Peer Leader
d. Peer Support
e. Peer Sugesstioner
11. PMR
setingkat SMP dapat menjadi........
a. Peer Exampler
b. Peer Educator
c. Peer Leader
d. Peer Support
e. Peer Sugesstioner
12. 4. Kumpulan
dua orang atau lebih yang saling berinteraksi dan saling mempengaruhi kearah
tujuan bersama.disebut........
a.
Organisasi
b.
Kelompok
c.
Kerja sama
d.
OSIS
e.
PMR Wira SMANSA Tercinta
Donor Darah
13. Motto UTD
adalah........
a. “Donor Darah Selamatkan Nyawa”.
b. “Donor Darah Selamatkan Pasien”.
c. “Donor Darah Selamatkan Jiwa”.
d. “Donor Darah Demi Kemanusiaan”.
e. “Donor Darah Selamatkan Banyak
Nyawa”.
14. Orang yang
mengalami kecelakaan dan kekurangan darah, sepatutnya kita........
a. Mendonorkan darah.
b. Mentransfusikan darah.
c. Mentransmisikan darah.
d. Mendatangi PMI.
e. Menelpon dokter pribadi.
15. Genotipe
golongan darah AB adalah......
a. AA atau AB
b. AB atau OO
c. AA
d. AB
e. BB atau AA
16. Darah
Lengkap mengandung........
a. Sel darah
merah, Sel darah putih, Plasma darah, Leukosit.
b. Sel darah merah, Sel
darah putih, Keping darah, Hemoglobin.
c. Sel darah
merah, Leukosit, Keping darah, Hemoglobin.
d. Eritrosit, Sel darah
putih, Keping darah, Hemoglobin.
e. Sel darah
merah, Sel darah putih, Keping darah, Plasma darah.
RSPS
17. Kalau
seseorang IMT-nya 17,0-18,4, berarti orang itu........
a. Sangat Kurus
b. Kurus
c. Normal
d. Gemuk
e. Sangat Gemuk
18. Kalau
seseorang IMT-nya 18,5-25,0, berarti orang itu........
a. Sangat Kurus
b. Kurus
c. Normal
d. Gemuk
e. Sangat Gemuk
19. Sumber
Kalori dapat diperoleh dari.......
a. Ikan.
b. Kedelai.
c. Tempe.
d. Saus.
e. Kentang.
20. Menulis
jurnal termasuk aktivitas menjaga.....
a. Tubuh.
b. Tulisan.
c. Jiwa.
d. Raga.
e. Kesehatan jari
dan otot tangan.
PRS
21. Peserta
Pelatihan Remaja Sebaya memiliki batasan umur........
a. 15-25 tahun.
b. 16-25 tahun.
c. 17-25 tahun.
d. 17-28 tahun.
e. 17-26 tahun.
22. Pelatih
dalam Pelatihan Remaja Sebaya disebut........
a. Core trainers
b. Trainers
c. Teen trainers
d. Fasilitator
e. Teen
Fasilitator
23. Seluruh hal
yang terasa perlu untuk dicatat, dicatat rapi dalam........
a. Buku Jurnal
PERAYA
b. Buku Jurnal PRS
c. Buku Harian
PERAYA
d. Buku Harian PRS
e. Jurnal PEraya
24. Kelebihan
seseorang sering disebut........
a. Kemampuan
b. Kehandalan
c. Hastunah
d. Fitrah
e. Hassanah
Kesiapsiagaan
Bencana
25. Keadaan atau
kondisi yang dapat mengurangi kemampuan masyarakat untuk mempersiapkan diri
untuk menghadapi bencana atau ancaman disebut.......
a. Vulnerability
b. Possibility
c. Disasters
d. Hazard
e. Decreased
26. Kerusakan
serius akibat fenomena alam yang luar biasa disebabkan oleh ulah manusia yang
menyebabkan timbulnya korban jiwa, kerugian material dan kerusakan lingkungan
yang dampaknya melampaui kemampuan masyarakat setempat disebut.......
a.
Vulnerability
b.
Possibility
c.
Disasters
d.
Hazard
e.
Decreased
27. Fenomena
alam yang luar biasa yang berpotensi merusak atau mengancam kehidupan manusia,
kehilangan harta benda dan kerusakan lingkungan disebut........
a.
Vulnerability
b.
Possibility
c.
Disasters
d.
Hazard
e.
Decreased
28. Rumus
bencana adalah........
a. Vulnerability x
Possibility
b. Vulnerability x
Dissasters
c. Vulnerability x
Hazard
d. Vulnerability x
Decreased
e. Vulnerability x
Risk
Jawaban
1. d
2. c
3. d
4. e
5. e
6. d
7. c
8. d
9. b
10. c
11. d
12. b
13. c
14. b
15. d
16. e
17. b
18. c
19. e
20. c
21. a
22. d
23. d
24. d
25. a
26. c
27. d
28. c
Nomor 2 itu jawaban nya A, pada tanggal 22 Agustus 1864. Konvensi jenewa II 6 Juli 1906 itu membahas perlindungan tentang korban perang, orang sakit, petugas kesehatan, petugas Agama, Angkatan Laut, dan kapal karam/kandas
ReplyDelete