Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Tongseng Ayam



Tongseng adalah salah satu makanan khas nusantara yang berbahan utama ayam, sapi atau kambing. Biasanya daging di dalam masakan tongseng ini tidak utuh seperti  1 paha ayam, tetapi dagingnya harus dipotong atau disuir juga boleh. Karena mimin sendiri lebih suka tongseng ayam, jadi kita bahas tongseng ayam aja ya ladies.
Bahan-Bahan:
1.       ½ kg ayam, dada atau paha juga boleh
2.       250 ml santan kental
3.       400 ml air bersih
4.       3 buah tomat merah di iris
5.       ½ bunga kol di iris
6.       1 buah bawang daun, di iris
7.       1 batang serai, di geprek
8.       5 siung bawang merah
9.       2 buah kemiri
10.   5 gram cabe merah
11.   ½ ketumbar bubuk
12.   Garam secukupnya
13.   2 siung bawang putih
14.   1 sdt gula pasir
15.   1 sdm merica
16.   Minyak sayur secukupnya
Cara membuat:
1.       Haluskan bumbu seperti cabe, merica, ketumbar, bawang merah dan bawang putih kemudian masak dengan cara ditumis sampai mengeluarkan aroma harum.
2.       Selanjutnya tambahkan tumisan dengan santan kental dan air secukupnya atau sekitar 400 ml. Aduk-aduk lalu tuangkan garam halus, gula pasir dan kecap secukupnya, aduk kembali sampai merata dan rasanya pas, masak hingga meletup-letup.
3.       Kemudian tambahkan kembali masakan dengan ayam fillet berupa potongan paha/dada beserta serai, tunggu sampai menjadi matang.
4.       Setelah itu, masukkan bunga kol yang sudah diiris bersama dengan bawang daun dan tomat merah yang juga sudah diiris, aduk merata dan biarkan kuah masakan berkurang.
5.       Angkat setelah matang dan sajikan
Selamat mencoba

Post a Comment for "Resep Tongseng Ayam"