Silabus Aqidah Akhlak Kelas XII Keagamaan
SILABUS
Madrasah
: MAN Pangkalan Balai
Program : Keagamaan
Mata
Pelajaran : Akhlak
Kelas/
Semester : XII
/ I (Satu)
Standar
Kompetensi : Menegnal Tarikat tokoh-tokoh serta ajarannya
Kompetensi
dasar
|
Materi
Pelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Media
|
||
Jenis
|
Bentuk
|
Soal
|
|||||||
1.1. Menjelas-kan
tarikat qadriyah dan ajarannya
|
· Berdirinya
tarikat qadiriyah
· Tokoh
tarikat qadiriyah
· Ajaran
tarikat qadiriyah
|
· Mengenal
infor-masi dari literatur tetang qadiriyah
secara indivudu
· Menelaah
tetang qadiriyah secara kelompok
· Diskusi
kelas memperdalami materi
· membuat
kesim-pulan
|
· Menjelaskan
asal usul tarikat qadiriyah
· Menyebutkan
tokoh tarikat qadiriyah
· Menjelaskan
ajaran tarikat qadiriyah
· Menjelaskan
hubungan amalan ta-rikat qadiriyah de-ngan fenomena sosial
· Memberikan
penilaian terhadap amalan tarikat
qadi-riyah
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
· Jelaskan
asal usul tarikat qadiriyah ! ...
· Sebutkan
tokoh tari-kat qadiriyah ! ...
· Jelaskan
ajaran tarikat qadiriyah ! ...
· Jelaskan
hubungan amalan tarikat qadi-riyah dengan fenome-na sosial ! ...
· Bagaimana
pendapat-mu tentang peng-amalan
tarikat qa-diriyah !...
|
2 x 45 Menit
|
· A
Mustofa, Akhlak Tasawuf 2005
· Hamka,
Tasawuf Perkembng-an dan Pemurnian-nya
· Sumber
lain
|
Power Point
(tarikat
qadriyah, tokoh dan ajarannya)
LCD/Info-kus
|
1.2. Menjelaskan
tarikat Rifa’iyah
|
· Berdirinya
tarikat Rifa’iyah
· Tokoh
tarikat Rifa’iyah
· Ajaran
Tarikat Rifa’iyah
|
· Menganal ionfor-masi dari literatur tentang
tarikat Rifa’iyah secara individu
· Secara
kelompok membahas materi yang berbeda se-jarah berdirinya tarikat Rifa’iyah
perkembangan dan ajarannya
· Presentasi
kelom-pok
· membuat
kesimpul-an
|
· Menjelaskan
asal usul tarikat Rifa’iyah
· Menyebutkan
tokoh tarikat Rifa’iyah
· Menjelaskan
ajaran tarikat Rifa’iyah
· Menjelaskan
hubungan amalan ta-rikat Rifa’iyah
dengan fenomena so-sial
· Memberikan
penilai-an terhadap amalan tarikat
Rifa’iyah
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
· Jelaskan
asal usul tarikat Rifa’iyah ! ...
· Sebutkan
tokoh tarikat Rifa’iyah !...
· Jelaskan
ajaran tarikat Rifa’iyah !...
· Jelaskan
hubungan amalan tarikat Rifa’iyah
dengan fenomena sosial !..
· Bagaimana
pendapat-mu tentang peng-amalan
tarikat Rifa’iyah !...
|
2 x 45 Menit
|
· A
Mustofa, Akhlak Tasawuf 2005
· Hamka,
Tasawuf Perkembng-an dan Pemurnian-nya
· Sumber
lain
|
Power Point
(tarikat Rifa’iyah
tokoh dan ajarannya)
LCD/Info-kus
|
Kompetensi
dasar
|
Materi
Pelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Media
|
||
Jenis
|
Bentuk
|
Soal
|
|||||||
1.3. Menjelaskan
tarikat Syaziliyah
|
· Berdirinya
tarikat Syaziliyah
· Tokoh
tarikat Syaziliyah
· Ajaran
Tarikat Syaziliyah
|
· Menjelaskan materi secara umum tentang tarikat
Syaziliyah
· Menelaah
tentang tarikat Syaziliyah secara kelompok
· Diskusi
kelas/ tanya jawab memperdalami materi
· membuat
kesimpulan
|
· Menjelaskan
asal usul tarikat Syaziliyah
· Menyebutkan
tokoh tarikat Syaziliyah
· Menjelaskan
ajaran tarikat Syaziliyah
· Menjelaskan
hubungan amalan tarikat Syaziliyah
dengan fenomena sosial
· Memberikan
penilaian terhadap amalan tarikat
Rifa’iyah
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
· Jelaskan
asal usul tarikat Syaziliyah
· Sebutkan
tokoh tarikat Syaziliyah
· Jelaskan
ajaran tarikat Syaziliyah
· Jelaskan
hubungan amalan tarikat Syaziliyah
dengan fenomena sosial
· Bagaimana
pendapatmu tentang pengamalan tarikat
Rifa’iyah
|
2 x 45 Menit
|
· A
Mustofa, Akhlak Tasawuf 2005
· Hamka,
Tasawuf Perkembng-an dan Pemurnian-nya
· Sumber
lain
|
Power Point
(tarikat Syaziliyah,
tokoh dan ajarannya)
LCD/Info-kus
|
1.4. Menjelaskan
Tarikat Maulawiyah dan ajarannya
|
· Berdirinya
tarikat Maulawiyah
· Tokoh
tarikat Maulawiyah
· Ajaran
Tarikat Maulawiyah
|
· Menjelaskan materi secara umum tentang tarikat
Syaziliyah
· Membahas
tentang tarikat Maulawiyah secara kelompok
· Presentasi
secara kelompok
· tanya
jawab
· membuat
kesimpulan
|
· Menjelaskan
asal usul tarikat Maulawiyah
· Menyebutkan
tokoh tarikat Maulawiyah
· Menjelaskan
ajaran tarikat Maulawiyah
· Menjelaskan
hubungan amalan tarikat Maulawiyah h
dengan fenomena sosial
· Memberikan
penilaian terhadap amalan tarikat
Maulawiyah
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
· Jelaskan
asal usul tarikat Maulawiyah
· Sebutkan
tokoh tarikat Maulawiyah
· Jelaskan
ajaran tarikat Maulawiyah
· Jelaskan
hubungan amalan tarikat Maulawiyah h
dengan fenomena sosial
· Bagaimana
pendapatmu tentang pengamalan tarikat
Maulawiyah
|
2 x 45 Menit
|
· A
Mustofa, Akhlak Tasawuf 2005
· Hamka,
Tasawuf Perkembng-an dan Pemurnian-nya
· Sumber
lain
|
Power Point
(tarikat Maulawiyah,
tokoh dan ajarannya)
LCD/Info-kus
|
Kompetensi
dasar
|
Materi
Pelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Media
|
||
Jenis
|
Bentuk
|
Soal
|
|||||||
1.5. Menjelaskan
Tarikat Syatiriyahdan ajarannya
|
· Berdirinya
tarikat Syatiriyah
· Tokoh
tarikat Syatiriyah
· Ajaran
Tarikat Syatiriyah
|
· Menyampaikan
materi secara umum tentang taruikat Syatiriyah
· secata
kelompok menelaah tentang tarikat Syatiriyah
· Beberapa
kelompok menyampaikan rangkumannya dan tanya jawab
· Membuat
kesimpulan
|
· Menjelaskan
asal usul tarikat Syatiriyah
· Menyebutkan
tokoh tarikat Syatiriyah
· Menjelaskan
ajaran tarikat Syatiriyah
Menjelaskan hubungan amalan tarikat Syatiriyah dengan fenomena sosial
· Memberikan
penilaian terhadap amalan tarikat
Syatiriyah
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
· Jelaskan
asal usul tarikat Syatiriyah
· Sebutkan
tokoh tarikat Syatiriyah
· Jelaskan
ajaran tarikat Syatiriyah
· Jelaskan
hubungan amalan tarikat Syatiriyah
dengan fenomena sosial
· Bagaimana
pendapatmu tentang pengamalan tarikat
Syatiriyah
|
2 x 45 Menit
|
· A
Mustofa, Akhlak Tasawuf 2005
· Hamka,
Tasawuf Perkembng-an dan Pemurnian-nya
· Sumber
lain
|
Power Point
(tarikat Syatiriyah,
tokoh dan ajarannya)
LCD/Info-kus
|
1.6. Menjelaskan
Tarikat Nasabandiyah dan ajarannya
|
· Berdirinya
tarikat Nasabandiyah
· Tokoh tarikat Nasabandiyah
· Ajaran
Tarikat Nasabandiyah
|
· Membaca
literatur tentang tarikat Nasabandiyah secara individu
· Membahas
tentang tarikat Nasabandiyah secara kelompok
· Tanya
jawab memperdalami materi
· Membuat
kesimpulan
|
· Menjelaskan
asal usul tarikat Nasabandiyah
· Menyebutkan tokoh tarikat Nasabandiyah
· Menjelaskan
ajaran tarikat Nasabandiyah
· Menjelaskan
hubungan amalan tarikat Nasabandiyah
dengan fenomena sosial
· Memberikan
penilaian terhadap amalan tarikat
Nasabandiyah
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
· Jelaskan
asal usul tarikat Nasabandiyah
· Sebutkan
tokoh tarikat Nasabandiyah
· Jelaskan
ajaran tarikat Nasabandiyah
· Jelaskan
hubungan amalan tarikat Nasabandiyah
dengan fenomena sosial
· Bagaimana
pendapatmu tentang pengamalan tarikat
Nasabandiyah
|
2 x 45 Menit
|
· A
Mustofa, Akhlak Tasawuf 2005
· Hamka,
Tasawuf Perkembng-an dan Pemurnian-nya
· Sumber
lain
|
Power Point
(tarikat Nasaban-diyah,
tokoh dan ajaran-nya)
LCD/Info-kus
|
Kompetensi
dasar
|
Materi
Pelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Media
|
||
Jenis
|
Bentuk
|
Soal
|
|||||||
1.7. Menjelaskan
Tarikat Suhrawardiyah dan ajarannya
|
· Berdirinya
tarikat Suhrawardiyah
· Tokoh tarikat Suhrawardiyah
· Ajaran
Tarikat Suhrawardiyah
|
· Membaca
literatur tentang tarikat Suhrawardiyah secara individu
· Membahar
tentang tarikat Suhrawardiyah secara kelompok
· Tanya
jawab memperdalami materi
· Membuat
kesimpulan
|
· Menjelaskan
asal usul tarikat Suhrawardiyah
· Menyebutkan
tokoh tarikat Suhrawardiyah
· Menjelaskan
ajaran tarikat Suhrawardiyah
· Menjelaskan
hubungan amalan tarikat Suhrawardiyah
dengan fenomena sosial
· Memberikan
penilaian terhadap amalan tarikat
Suhrawardiyah
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
· Jelaskan
asal usul tarikat Suhrawardiyah
· Sebutkan
tokoh tarikat Suhrawardiyah
· Jelaskan
ajaran tarikat Suhrawardiyah
· Jelaskan
hubungan amalan tarikat Suhrawardiyah
dengan fenomena sosial
· Bagaimana
pendapatmu tentang pengamalan tarikat
Suhrawardiyah
|
2 x 45 Menit
|
· A
Mustofa, Akhlak Tasawuf 2005
· Hamka,
Tasawuf Perkembng-an dan Pemurnian-nya
· Sumber
lain
|
Power Point
(tarikat Suhrawardi-yah,
tokoh dan ajaran-nya)
LCD/Info-kus
|
Standar
Kompetensi : 2. Mengenal tarikat
mu’tabarah di Indonesia dan ajarannya
Kompetensi
dasar
|
Materi Pelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Media
|
|||
Jenis
|
Bentuk
|
Soal
|
||||||||
2.1. Mengenal tarikat Mu’tabarah di
Indonesia dan ajaran nya
|
· Pengertian
Muktaba-rah
· Tarikat
Mu’taba-rah di Indonesia: Qadiriyah, Syatiriyah, Nasabandiyah
· Ajarannya
Tarikat Mu’taba-rah
|
· Membaca
literatur tarikat Mu’tabarah di Indonesia secara individu
· Menjelaskan
tarikat Mu’tabarah di Indonesia dan ajarannya secara kelompok
· Menjelaskan
ajaran mu’tabarah secara kelompok
· Diskusi/tanya
jawab memperdalami ma
|
· Menyebutkan
tarikat mu’tabarah di Indo-nesia
· Menyebutkan
tokoh-tokoh Tarikat mu’-tabarah di
Indonesia
· Menjelaskan
ajaran mu’ tabarah di Indo-nesia : tarikat Qadi-riyah, tarikat
Syati-riyah, Tarikat Nasa-bandiyah
· Memberikan
penilaian terhadap amalan tarikat
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
· Sebutkan tarikat mu’tabarah di Indo-nesia
· Sebutkan
tokoh-tokoh Tarikat mu’-tabarah di
Indonesia
· Jelaskan
ajaran mu’ tabarah di Indo-nesia : tarikat Qadi-riyah, tarikat
Syati-riyah, Tarikat Nasa-bandiyah
· Bagaimana
pendapatmu tentang pengamalan tarikat
|
2 x 45 Menit
|
· A
Mustofa, Akhlak Tasawuf 2005
· Hamka,
Tasawuf Perkembng-an dan Pemurnian-nya
· Sumber
lain
|
Power Point
(tarikat Mu’tabarah,
tokoh dan ajarannya)
LCD/Info-kus
|
|
Kompetensi
dasar
|
Materi
Pelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Media
|
|||
Jenis
|
Bentuk
|
Soal
|
||||||||
|
|
materi dan
presen-tasi kelompok
· Membuat kesim-pulan
|
mu’tabarah : tarikat Qadiriyah, tarikat
Syatiriyah, Tarikat Nasabandiyah
|
|
|
mu’tabarah : tarikat Qadi-riyah, tarikat
Syati-riyah, Tarikat Nasa-bandiyah
|
|
|
|
|
2.2. Memban-dingkan ajaran
antara tarikat-tarikat mu’taba-rah di Indonesia
|
· Ajaran
tarikat-tarikat mu’taba-rah di Indonesia
|
· Menjelaskan
ajaran tarikat mu’tabarah di Indonesia
· Membandingkan
antara ajaran tarikat-tarikat mu’tabarah
· membuat
kesimpulan
|
· Menjelaskan
ajaran tarikat mu’tabarah di Indonesia
· Menjelaskan
persamaan tarikat mu’tabarah di Indonesia ;
Qadiri-yah, Syatiriyah,
Nasabandiyah)
· Menjelaskan
perbedaan tarikat mu’tabarah di Indonesia; Qadiriyah, Syatiriyah, Nasaban-diyah
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
· Jelaskan
ajaran tarikat mu’tabarah di Indonesia
· Jelaskan
persamaan tarikat mu’tabarah di Indonesia ;
Qadiri-yah, Syatiriyah,
Nasabandiyah)
· Jelaskan
perbedaan tarikat mu’tabarah di Indonesia; Qadiri-yah, Syatiriyah, Nasabandiyah
|
2 x 45 Menit
|
· A
Mustofa, Akhlak Tasawuf 2005
· Hamka,
Tasawuf Perkembng-an dan Pemurnian-nya
· Sumber
lain
|
Power Point
· (tarikat
ajaran tarikat mu’taba-rah di Indonesia
)
LCD/Info-kus
|
|
2.3. Mengait-kan ajaran-ajaran tarikat
mu’tabarah di Indonesiadengan fenomena kehiduapan sekarang
|
· amalan-amalan
dalan tarikat mu’tabarah di Indonesia
|
· Diskusi
kelompok
a. Amalan
yang ada dala raikat tarikat mu’tabarah di Indonesia
b. Fenomena kehi-dupan masyara-kat
c. Persamaan
dan perbedaan antara ajaran-ajaran Tarikat dengan fenomena yang ada
· Prosentasi
Kelom-pok
|
· Menjelaskan amalan-amalan yang adadalam tarikat Mu’tabarah
· Menjelaskan
hubungan amal an-amalan yang ada dalam tarikat, mu’tabarah
· Menjelaskan
persamaan antara ajaran
tarikat-tarikat dengan fenomena yang ada
· Menjelaskan
perbedaan antara ajaran tarikat-tarikat
dengan fenomena yang ada
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
· Menjelaskan amalan-amalan yang adadalam tarikat Mu’tabarah
· Jelaskan
hubungan klamalan amala-amalan yang
ada dalam tarikat, mu’tabarah
· Jelaskan
persamaan antara ajaran tarikat-tarikat dengan
fenomena yang ada
· Menjelaskan
perbedaan antara ajaran tarikat-tarikat
dengan fenomena yang ada
|
2 x 45 Menit
|
· A
Mustofa, Akhlak Tasawuf 2005
· Hamka,
Tasawuf Perkembng-an dan Pemurnian-nya
· Sumber
lain
|
Power Point
(ajaran
tarikat mu’tabarah di Indonesiadengan fenomena kehiduapan sekarang)
LCD/Info-kus
|
|
Standar
Kompetensi : 3. Memahami peran tasawuf dalam kehidupan
modern
Kompetensi
dasar
|
Materi
Pelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Media
|
||
Jenis
|
Bentuk
|
Soal
|
|||||||
3.1. Menjelas-kan problematrika
masyarakat modern
|
· Masyarakat
modern
· Problematika
masyarakat modern
|
· Membaca
literatur tentang masyarakat modern secara individu
· Mempelajari
problematrika masyarakat modern
· Tanya
jawab/diskusi mendalami materi
· Membuat
kesimpulan
|
· Menjelaskan
pengertian masyarakat modern
· menjelaskan
problematika masyarakat modern
· Menjelaskan
ciri-ciri masyarakat modern
· Menunjukkan
contoh prilaku masyarakat modern
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
· Jelaskan
pengertian masyarakat modern
· Jelaskan
problematika masyarakat modern
· Jelaskan
ciri-ciri masyarakat modern
· Berikan
contoh prilaku masyarakat modern
|
2 x 45 Menit
|
· Buku faket Aqidah Akhlak MA XI
B, 2004
·
Mulyadi
Kartanegara Menyelami lubuk tasawuf ,2006
·
Sumber lain
|
Power Point
(problematrika
masyara-kat modern)
LCD/Info-kus
|
3.2. Menjelas-kan relafansi tasawuf
dalam kehidupan modern
|
· Minat
masyara-kat terha-dap tasa-wuf
· Cara-cara
mengatasi masalah
|
· Nara
sumber menyampaikan materi secara umum
tentang problematika masyarakat modern
· Menelaah
tentang problematika masyarakat modern dan peran tasawuf secara kelompok
· Diskusi
kelas/tanya jawab
· Membuat
kesim-pulan
|
· Menunjukkan
minat masyarakat modern terhadap tasawuf
· Menunjukkan
cara menyelesaikan masalah dalam masyarakat modern
· Menjelaskan
alasan memasyakatkan sufisme
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
· Jelaskan bagaimana minat masyarakat modern
terhadap tasawuf ?...
· Jelaskan
bagaimana cara-cara masyara-kat modern
dalam menyelesaikan ma-salah
· Jelaskan
alasan me-masyakatkan sufis-me
|
2 x 45 Menit
|
· Buku faket Aqidah Akhlak MA XI
B, 2004
·
Mulyadi
Kartanegara Menyelami lubuk tasawuf ,2006
·
Sumber lain
|
Power Point
(cara
masya rakat mo-dern dalam
menyelesaikan masalah)
LCD/Info-kus
|
3.3. Menjelas-kan peranan tasawuf
dalam kehiduypan modern
|
· Kondisi
masyara-kat modern
· Peranan
tasawuf
|
· Menggali
informasi secara individu dari literatur tentang kondisi masyarakatmodern dan
peran tasawuf
· Menelaah
,asalah tentang kondisi masyarakat modern dan peranan
|
· Menjelaskan
kondisi masyarakat modern
· Menjelaskan
peranan tasawuf bagi masyarakat modern
· Menunjukkan
peranan tasawuf
· Menunjukkan
contoh cara penyelesaian masalah masyarakat
|
|
|
· Jelaskan
kondisi masyarakat modern
· Jelaskan
peranan tasawuf bagi masyarakat modern
· Jelaskan
bagaimana peranan tasawuf
· Sebutkan
contoh cara penyelesaian masalah masyarakat
|
2 x 45 Menit
|
· Buku faket Aqidah Akhlak MA XI
B, 2004
·
Mulyadi
Kartanegara Menyelami lubuk tasawuf ,2006
·
Sumber lain
|
Power Point
(cara
masya rakat mo-dern dalam
menyelesaikan masalah)
LCD/Info-kus
|
Kompetensi
dasar
|
Materi
Pelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Media
|
||
Jenis
|
Bentuk
|
Soal
|
|||||||
|
|
tasawuf
secara kelompok
· Tanya
jawab memperdalami materi
· Membuat
kesimpulan
|
modern
yang tidak benar
· Menunjukkan
contoh cara penyelesaian masalah yang benar
|
|
|
modern
yang tidak benar
· Jelaskan
contoh cara penyelesaian masalah yang benar
|
|
|
|
Pangkalan Balai,
13 Juli 2011
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Madrasah
Drs. Ali Hasymi, MM Drs. Jahri
Bariman,
M.Si
NIP. 19630817199903
1002 NIP.
196610152006041008
SILABUS
Madrasah
: MAN Pangkalan Balai
Program : Keagamaan
Mata
Pelajaran : Akhlak
Kelas/
Semester : XII
/ II (Dua)
Standar
Kompetensi : 4. Memahami kewajiban-kewajiban seorang
muslim
Kompetensi
dasar
|
Materi
Pelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Media
|
||
Jenis
|
Bentuk
|
Soal
|
|||||||
4.1. Menjelas-kan kewjiban manusia
terhadap Allah dan Rasulnya
|
· Kewajiban
terhadap Allah
· Kewajiban
terhadap Rasul;
· Dalil
Al-Quran dan Hadits tentang kewajiban terhadap allah dan Rasul
· Hikmah
melaksana kan kewa-jiban ter-hadap allah dan Rasul
|
· Guru
menjelaskan materi secara umum
· Secara
kelompok membahas kewa-jiban terhadap Allah dan Rasul-Nya serta kandungan
ayat dan hadits
· Diskusi
kelas meng-identifikasi hikmah melaksanakan ke-wajiban terhadap Allah dan
Rasul-Nya
· Membuat
kesimpulan
|
· Menjelaskan
kewajiban terhadap Allah dan Rasul
· Menjelaskan
contoh pelaksanaan kewajiban terhadap Allah
· Menjelaskan
contoh pelaksanaan kewajiban terhadap Rasul
· Menyebutkan
dalil Al-Quran dan Hadits tentang kewajiban terhadap Allah dan Rasul
· Menjelaskan
hikmah dari melaksanakan kewajiban terhadap Allah dan Rasul
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
· Jelaskan
kewajiban terhadap Allah dan Rasul ! ..
· Menjelaskan
contoh pelaksanaan kewa-jiban terhadap Allah ! ...
· Menjelaskan
contoh pelaksanaan kewa-jiban terhadap Rasul ! ...
· Menyebutkan
dalil Al-Quran dan Hadits tentang kewajiban terhadap Allah dan Rasul ! ...
· Menjelaskan
hikmah dari melaksanakan kewajiban terhadap Allah dan Rasul ! ...
|
2 x 45 Menit
|
· Buku faket Al-Aqidah wa-Akhlak
I , 2001
·
Buku faket Aqidah
Akhlak 1 ,1999
·
Sumber lain
|
Power Point
· (Kewajiban
terhadap Allah dan
rasul )
LCD/Info-kus
|
4.2. Menjelas-kan kewjiban
terhadap Allah dan Rasul-Nya
|
· Macam-macam
kewjiban terhadap Allah dan Rasul-Nya
|
· Menjelaskan
Macam-macam ke-wajiban terhadap Allah dan Rasul-Nya
|
· Meningkatkan
kuali-tas ibadah kepada Allah
· Tidak
menyekutuh-kan Allah
· Melakukan
perintah dan menjauhi lrangan agama
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
· Bagaimana
cara meningkatkan kuali-tas ibadah kepada Allah ?
· Tidak
menyekutuh-kan Allah
· Jelaskan
pengertian taqwa ?
|
2 x 45 Menit
|
· Buku faket Al-Aqidah
wa-Akhlak I , 2001
·
Buku faket Aqidah
Akhlak 1 ,1999
·
Sumber lain
|
Power Point
· (Macam-macam
Kewajiban terhadap Allah dan
Rasul- Nya)
· LCD/Info-kus
|
Kompetensi
dasar
|
Materi
Pelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Media
|
||
Jenis
|
Bentuk
|
Soal
|
|||||||
|
|
· Diskusi
tentang contoh prilaku seseorang yang taat kepada Allah dan Rasul
|
· Mengikuti
sunnah
sunah Rasul
|
|
|
· mengikuti
sunnah
sunah Rasul
|
|
|
|
4.3. Menjelas-kan kewajiban
manusia terhadap diri sendiri, kedua orang tua dan keluarga
|
· Kewajiban terhadap diri sendiri, kedua orang tua dan
keluarga
· Dalil
Al-Quran dan Hadits tentang kewajiban diri sendiri, kedua orang tua dan
keluarga
· Dampak
positif dari melaksanakankewajiban terhadap diri sendiri, kedua orang tua dan
keluarga
|
· Menjelaskan
tentang Kewajiban terhadap diri
sen-diri, kedua orang tua dan keluarga
· Mengkaji
kan-dungan Ayat dan hadits tentang ke-wajiban
terhadap diri sendiri, kedua orang tua dan keluarga
· Mengidentifikasi
hikmah melaksa-nakan kewajiban manusia terhadap diri sendiri, kedua orang tua
dan keluarga secara ke-lompok
|
· Menunjukkan kewajiban
terhadap diri sendiri, kedua orang tua dan keluar-ga
· Menjelaskan
contoh kewajiban terhadap diri sendiri,
kedua orang tua dan keluar-ga
· Mengkaji
kandungan Ayat dan hadits tentang Kewajiban
terhadap diri sendiri, kedua orang tua dan keluarga
· Mengidentifikasi
hikmah melaksa-nakan kewajiban manusia terhadap diri sendiri, kedua orang tua
dan keluarga secara kelompok
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
· Sebutkan Kewajib-an
terhadap diri sendiri, kedua orang tua dan keluarga !...
· Jelaskan
contoh Kewajiban terha-dap diri
sendiri, kedua orang tua dan keluarga ! ...
· Jelaskan kandung-an Ayat dan hadits tentang Kewajiban terhadap diri sen-diri, kedua orang tua dan
keluarga !...
· Jelaskan
hikmah melaksanakan ke-wajiban manusia terhadap diri sen-diri, kedua orang
tua dan keluarga secara kelompok !...
|
2 x 45 Menit
|
· Buku faket Al-Aqidah
wa-Akhlak I , 2001
·
Buku faket Aqidah
Akhlak 1 ,1999
·
Sumber lain
|
Power Point
· (Kewajiban terha-dap diri sendiri, kedua orang tua dan
keluarga)
LCD/Info-kus
|
Kompetensi
dasar
|
Materi
Pelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Media
|
|||
Jenis
|
Bentuk
|
Soal
|
||||||||
4.4.Melaksa-nakan kewajiban
terhadap diri sen-diri,kedua orang tua dan keluarga
|
· Macam-macam
kewajiban terhadap diri sen-diri,kedua
orang tua dan keluarga
|
· Menjelaskan
macam-macam kewajiban terhadap diri
sen-diri,kedua orang tua dan keluarga
· Menjelaskan
con-toh prilaku yang melaksanakan ke-wajiban
terhadap diri sen-diri,kedua orang tua dan keluarga
· Menjelaskan
contoh-contoh kewajiban kepada orang tua
|
· Menjelaskan
macam-macam kewajiban terhadap diri
sen-diri,kedua orang tua dan keluarga
· Menjelaskan
contoh prilaku yang melak-sanakan kewajiban
terhadap diri sendiri, kedua orang tua dan keluarga
· Menjelaskan
contoh-contoh kewajiban kepada orang tua
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
· Jelaskan
macam-macam kewajiban terhadap diri
sendiri !
· Jelaskan
macam-macam kewajiban terhadap kedua orang tua !
· Jelaskan
macam-macam kewajiban terhadap keluarga !
· Jelaskan
contoh prilaku yang melaksanakan ke-wajiban
terhadap diri sendiri !
· Jelaskan
contoh prilaku yang melaksanakan ke-wajiban
terhadap ,kedua orang tua !
· Jelaskan
contoh prilaku yang melaksanakan ke-wajiban
terhadap keluarga !
· Menjelaskan
contoh-contoh kewajiban kepada orang tua !
|
2 x 45 Menit
|
· Buku faket Al-Aqidah
wa-Akhlak I , 2001
·
Buku faket Aqidah
Akhlak 1 ,1999
·
Sumber lain
|
Power Point
(Macam-macam
kewajiban terhadap diri sen-diri,kedua
orang tua dan keluarga)
LCD/Info-kus
|
|
4.4. Menjelas-kan kewa-jiban ma-nusia
ter-hadap se-sama muslim dan sesa-ma manu-sia
|
· Kewajiban
mausia terhadap sesama muslim dan sesa-ma manu-sia
|
· Membaca
materi tentang kewajiban mausia terhadap sesama muslim dan sesama manusia
· Mengidentifikasi
kewajiban mausia terhadap sesama muslim dan sesama manusia
|
· Menjelaskan
kewajib-an terhadap sesama muslim
· Menjelaskan
kewajib-an terhadap sesama manusia
· Menjelaskan
contoh pelaksanaan kewajib-an terhadap sesama muslim dan sesama manusia
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
· Menjelaskan
kewa-jiban terhadap sesa-ma muslim
· Menjelaskan
kewajiban terhadap sesama manusia.
· Menjelaskan
contoh pelaksanaan kewajib-an terhadap sesama muslim dan sesama manusia
|
2 x 45 Menit
|
· Buku faket Al-Aqidah
wa-Akhlak I , 2001
·
Buku faket Aqidah
Akhlak 1 ,1999
·
Sumber lain
|
Power Point
(Kewajiban
mausia ter-hadap sesa-ma muslim dan sesama manusia)
LCD/Info-kus
|
|
Kompetensi
dasar
|
Materi
Pelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Media
|
|||
Jenis
|
Bentuk
|
Soal
|
||||||||
|
|
· Mengkaji
kandung-an ayat dan hadits tentang kewajiban mausia terhadap sesama muslim
dan sesama manusia
· Mengidentifikasi
hikmah melaksana-kan kewajiban ter-hadap
sesama muslim dan sesama manusia
· Membuat
kesimpujlan
|
· Menunjukkan
dalil Al-Quran dan Hadits tentang kewajiban mausia terhadap sesama muslim dan
sesama manusia
· Menjelaskan
hikmah dari melaksanakan kewajiban mausia terhadap sesama muslim dan sesama
manusia
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
· Sebutkan
dalil Al-Quran dan Hadits tentang kewajiban mausia terhadap sesama muslim dan
sesama manusia.
· Jelaskan
hikmah dari melaksanakan kewajiban mausia terhadap sesama muslim dan sesama
manusia
|
|
|
|
|
4.5. Melaksa-nakan ke-wajiban manusia
terhadap sesama muslim dan sesa-ma manu-sia
|
· Macam-macam
kewajiban
|
· Menelaah
macam-macam kewajiban manusia terhadap sesama muslim
· Menelaah
macam-macam kewajiban manusia terhadap
sesama manusia
· Menjelaskan
prilaku seseorang yang melaksanakan
kewajiban manusia terhadap sesama muslim dan sesama manusia
|
· Menjalin
persaudaraan
· Mencintai,
menyayangi, mengasihi sesama muslim
· Menghormati
hak-hak orang lain
· Menghargai
orang yang berbeda agama
· Bersikap
roleran terhadap orang yang beragama lain
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
· Sebutkan macam-macam kewajiban manusia terhadap
sesama muslim
· Sebutkan macam-macam kewajiban manusia terhadap
sesama manusia
· Jelaskan
prilaku seseorang yang melaksanakan
kewajiban manusia terhadap sesama muslim
· Jelaskan
prilaku seseorang yang melaksanakan
kewajiban manusia terhadap sesama manusia
|
2 x 45 Menit
|
· Buku faket Al-Aqidah
wa-Akhlak I , 2001
·
Buku faket Aqidah
Akhlak 1 ,1999
·
Sumber lain
|
Power Point
(Macam-macam
kewajiban)
LCD/Info-kus
|
|
Standar Kompetensi : 5.
Menghindari Akhlak tercelah
Kompetensi
dasar
|
Materi
Pelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Media
|
||
Jenis
|
Bentuk
|
Soal
|
|||||||
5.1. Menjelas-kan pengertian dosa
besar
|
· Pengertian
dosa besar
· macam-macam
dosa besar
· Dalil
Al-Quran tentan dosa besar
· Dampak
negatif dari per-buatan dosa besar
|
· Menjelaskan
pengertian dosa besar,
· Menyebutkan
macam-macamn dosa besar,
· Menyebutkan
contoh-contoh dosa besar
· Menyebutkan
kandungan ayat tentang dosa besar
· Menjelaskan
dampak negatif dari perbuatan dosa besar
|
· Menjelaskan
pengertian dosa besar,
· Menyebutkan
macam-macamn dosa besar,
· Menyebutkan
contoh-contoh dosa besar
· Menyebutkan
kandungan ayat tentang dosa besar
· Menjelaskan
dampak negatif dari perbuatan dosa besar
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
· Jelaskan
pengertian dosa besar !
· Sebutkan
macam-macamn dosa besar !
· Sebutkan
contoh-contoh dosa besar !
· Menyebutkan
kandungan ayat tentang dosa besar !
· Jelaskan
dampak negatif dari perbuatan dosa besar
!
|
2 x 45 Menit
|
· Buku faket Al-Aqidah
wa-Akhlak I , 2001
·
Buku faket Aqidah
Akhlak 1 ,1999
·
Sumber lain
|
Power Point
(Pengertian
dan macam-macam dosa besar)
LCD/Info-kus
|
5.2. Menjelas-kan contoh orang yang
berbuat dosa besar
|
· Macam-macam
dosa besar
|
· Menjelaskan
macam-macam dosa besar
· Mencermati
prilaku yang termasuk dosa besar
· Tanya
jawab ten-tang macam-macam dosa besar
· membuat
kesimpul-an
|
· Menjelaskan
contoh prilaku seseorang yang termasuk dosa besar
· Menunjukkan
contoh-contoh orang yang melakukan diosa besar
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
· Jelaskan
macam-macam dosa besar !
· Sebutkan
contoh prilaku seseorang yang termasuk
dosa besar !
|
2 x 45 Menit
|
· Buku faket Al-Aqidah
wa-Akhlak I , 2001
·
Buku faket Aqidah
Akhlak 1 ,1999
·
Sumber lain
|
Power Point
(Macam-macam
dosa besar)
LCD/Info-kus
|
5.3. Menghin-dari prila-ku dosa besar
|
· Macam-macam
dosa besar
|
· Menjelaskan
materi secara umum
· Diskusi
tentang cara menghindari doasa besar
· Secara
individu mencatat prilaku-prilaku yang terma-suk dosa besar
|
· Tidak
berbuat yang mendorong kepada kemusyrikan
· Menjauhi
perbuatan yang mengarah kepada perbuatan zina
· Menjauhi
narkoba dan minuman keras
· Tidak
menyakiti kedua orang tua
|
Tes tertulis
non tes
|
Uraian
Pengamat-an
|
· Bagaimana
sikap kamu jika diperintah menyembah selain
Allah ?
· Bagaimana
cara menghindari perbuatan yang mengarah kepada zina ?
· Bagaimana
cara menjauhi narkoba
|
2 x 45 Menit
|
· Buku faket Al-Aqidah
wa-Akhlak I , 2001
·
Buku faket Aqidah
Akhlak 1 ,1999
·
Sumber lain
|
Power Point
(Menghin-dari
prila-ku dosa besar)
LCD/Info-kus
|
Kompetensi
dasar
|
Materi
Pelajaran
|
Keiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Media
|
||
Jenis
|
Bentuk
|
Soal
|
|||||||
|
|
|
· tidak
mengambil hak orang lain
· tidak
melakukan dosa kecil yang berulang-ulang
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
dan minuman keras ?
· Bagaimana
sikap mu jika orang tuamu
memerintahkan perbuatan yang ber-tentangan dengan aqidah ?
· Jelaskan
Bagaimana pendapat mu, bolehkah kita mengambil hak orang lain, ?
· Bagaimana
jika dosa kecil yang dilakukan berulang-ulang ?
|
|
|
|
6.1. Menjelas kan prilaku tercela Abu
Lahab dan Istrinya
|
· Nasab
abu lahab
· Prilaku
tercela Abu Lahab
· Usaha Abu Lahab dan istrinya
· dalil
al-
· quran
tentang Abu Lahab
|
Guru mewnyajikan magteri secara umum
· menjelaskan
kisah Lahab dan istrinya
· menelaah
kandungan ayat tentang Abu Lahab
· Mengidentifikasi
prilsaku tercela Abu Lahab untuk
menghalangi dakwah Rasul
· Diskusi
kelas
|
· Menunjukkan
nasab Abu Lahab
· Mendiskusikan
akhlak tercela Abu Lahab
· Menjelaskan
usaha yang dilakukan oleh Ab u Lahab dan istrinya
· Menyampaikan
kandungan QS. Al-Lahab : 1 – 5
· Mengambil
pelajaran dari kisah Abu Lahab
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
· Sebutkan
nasab Abu Lahab ?
· Sebutkan
akhlak tercela Abu Lahab ?
· Jelaskan
usaha yang dilakukan oleh Abu Lahab dan istrinya ?
· Sebutkan kandungan QS. Al-Lahab : 1 – 5 ?
· Jelaskan pelajaran yang dapat diambil dari kisah Abu
Lahab ?
|
2 x 45 Menit
|
· Buku faket Al-Aqidah
wa-Akhlak I , 2001
·
Buku faket Aqidah
Akhlak 1 ,1999
·
Sumber lain
|
Power Point
· (Prilaku
tercela Abu Lahab dan istrinya)
LCD/Info-kus
|
Kompetensi
dasar
|
Materi
Pelajaran
|
Keiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Media
|
||
Jenis
|
Bentuk
|
Soal
|
|||||||
6.2. Menghin-dari prilaku tercela
seperti yang ada Pada Abu Lahab dan Istrinya
|
· Prilaku
tercela Abu Lahab dan Istrinya
|
· Menjelaskan
prilaku tercela Abu Lahab dan Istrinya
· Menjelaskan
usaha-usaha Abu Lahab dalam menghalangi dakwah Rasul
· Menjelaskan
cara menghidari prilaku tercela
|
· Meninggalkan
sifat iri, dengki, hasad dan fitnah
· Menjauhi
pergaulan yang dengan orang-orang yang memiliki sidfat iri, dengki, hasad dan
suka memfitnah
· tidak
membantu orang yang berbuat maksiat atau dzalim
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
· Jelaskan
prilaku tercela Abu Lahab dan Istrinya
?
· Jelaskan
usaha-usaha Abu Lahab dalam menghalangi dakwah Rasul ?
· Jelaskan
cara menghidari prilaku tercela ?
|
2 x 45 Menit
|
· Buku faket Al-Aqidah
wa-Akhlak I , 2001
·
Buku faket Aqidah
Akhlak 1 ,1999
·
Sumber lain
|
Power Point
· (Prilaku
tercela Abu Lahab dan istrinya)
LCD/Info-kus
|
6.3. Menjelas kan prilaku tercela
istri
|
Post a Comment for "Silabus Aqidah Akhlak Kelas XII Keagamaan"