MAKALAH PENGANTAR AKOMODASI DAN RESTORAN
Observasi Restoran Fast Food, Fine
Dining dan Rumah Makan
Disusun Oleh :
Kelompok
2
1.
Afifah Nur Faridah
2.
Debby
Dianasari
3.
Nuraisyah Akbar
4.
Rohana Yunita H L S
5.
Shita Salsabilla
Dosen
Pengajar : Heryanti
Utami, S.ST.Par, MM.Par.
Kelas : Pariwisata A 2015
Universitas Negeri Jakarta
Fakultas Ilmu Sosial
Jurusan Sejarah
Program Studi Usaha Jasa Pariwisata
Tahun
2015
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan yang
Maha Esa karena dengan rahmat karunia , serta taufik dan Hidayah-Nya kami dapat
menyelesaikan makalah tentang Observasi
Restauran ini dengan baik meskipun banyak kekurangan di dalamnya. Dan
juga kami berterimakasih pada Ibu Heryanti Utami, S.ST.Par, MM.Par. Selaku
Dosen Mata Kuliah Pengantar Akomodasi dan Restoran UNJ yang telah memberikan
tugas ini kepada kami.
Kami
sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan dan
pengetahuan. Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam makalah ini terdapat
kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, kami berharap adanya
kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang telah kami buat di masa
yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang
membangun.
Semoga
makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya
laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang
yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata
yang kurang berkenan.
Jakarta, 23 November 2015
Penyusun
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR
……………………………………..................i
DAFTAR ISI
…………………………………………………………………………ii
BAB I PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG …………………………......................1
BAB
II
PEMBAHASAN
A&W……………….…………………………………………..2
LAPO TAPIA NAULI…………………………………………4
HARUM MANIS………………………………………………7
BAB
III
PENUTUP
KESIMPULAN ………………………………………………25
BAB
I
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Restoran merupakan tempat yang
menyajikan hidangan kepada masyarakat dan menyediakan tempat untuk menikmati
hidangan tersebut serta menetapkan tariff tertentu untuk makanan dan
pelayanannya.
Tempat makan tersebut dibagi menjadi
3 klasifikasi yaitu fast food (restoran cepat saji), rumah makan, dan fine
dining.
BAB
II
PEMBAHASAN
Fast Food A&W
SEJARAH
A&W
adalah jaringan restoran siap saji yang tersebar di seluruh dunia. Dikeola oleh
Yum! Brands. Restoran ini pertama kali dibuka di California pada tahun 1919. Di
Indonesia, A&W memiliki lebih dari
200 outlet yang tersebar di kota besar maupun kecil. A&W merupakan
singkatan dari Allen & Wright.
FACILITIES
·
WiFi (Hanya dioutlet tertentu)
·
Toilet(Hanya dioutlet tertentu)
STRUKTUR ORGANISASI
Owner
Direktur
Manajer
operasional
Distrik
manajer
Areal
manajer
Regional
manajer
Assistant
Supervisor
Staff
Jam Buka :
09.00 - 22.00 WIB
Latar Belakang Pendidikan : -SMA/Sederajat
KLASIFIKASI
RESTORAN
·
Berdasarkan
sistem pengelolaannya dan penyajiannya
A&W termasuk
INFORMAL RESTORAN yaitu industri jasa pelayanan makanan dan minuman yang
dikelola secara komersial dan professional dengan lebih mengutamakan kecepatan
pelayanan, kepraktisan dan percepatan dan frekuensi pelanggan yang silih
berganti.
Dengan ciri – ciri :
o
Para pelanggan yang datang tidak terikat
untuk menggunakan pakaian formal
o
Tidak menyediakan hiburan live music
o
Menu yang disajikan biasanya relative
cepat dimasak bahkan sudah siap untuk diberikan kepada pelanggan
o
Sistem penyajian makanan dan minuman
yang dipakai adalah American Style / Ready Plate
o
Tersedianya jasa take-away
Rumah
Makan
RumahMakan: Lapo Tapia Nauli
Pemilik: M. Simatupang
Manager: Pak ArbenSiahaan
1. Daftar
menu dan harga:
Harga disesuaikan dengan pangsa
pasar yang ada di daerah ini. Tidak terlalu mahal, tetapi tidak terlalu murah.
Disini juga harus dibandingkan juga dengan competitor atau pesaingrestoran
lain. Kalau yang lain menaruh harga makananannya atau average checknya sekitar
30 atau 40 ribu, restoran ini bermain di tengah-tengahnya, sekitar 35 ribu. Itu
menu yang standart untuk average check restoran, itu harga yang mutlak yang
mereka buat.
Menu favoritnya:
Karna restoran ini mengusung nuansa
batak, jadi makanan favoritnya nuansa batak seperti panggang b2, arsik,
tanggo-tanggo b2, daging kuda masak
gulai atau masak rendang. Kalau untuk menu di luar batak itu sendiri, restoran
ini mengusung nuansa chinese, dengan menu andalannya yaitu Mie Pansit Jl.
Asia-Medan (ini adalah cabang langsung dari Jl. Asia Medan, jadi kokinya juga
sudah pro dari Medan), Mie Ayam, Bakmie Goreng / Kuah, BihunGoreng / Kuah,
Kwetiau Siram Seafood, I Fu Mie, Cap Chai Goreng / Kuah, Babi Kecap, Sapo Tahu.
Karena kebanyakan customer mereka kebanyakan orang Medan tetapi lidahnya juga
sudah cocok dengan makanan Chinese juga.
2. Konsep
Restoran
Konsep restoran yang mereka bawa
ini memang beda dari yang lain. Yang membuat sang manager terinspirasi dengan
bentuk restoran seperti ini adalah ketika (khususnya orang batak) mereka tidak
menginginkan khas batak, ketikamasuk di lapo ini, jadi ada menu alternative
yaitu menu chinese. Dimana menu Chinese ini di Medan sana juga populer.
3. Keunikan
rumah makan
Lapo Tapia Nauliini yang paling
nyata kita lihat secara visual, ini memang mengusung konsep kalau dilihat dari
sisi gedungnya tidak menandakan nuansa batak. Mereka mediteranian. Kalau
dilihat dari sisi fisik, mereka menggunakan nuansa Eropa juga. Itu menunjukkan
eksklusifnya restoran ini. Pada umumnya, orang awam berpikiran bahwa lapo itu
hanya seperti tempat makan dimana orang-orangnya berantakan, ada tuak, yang
layaknya orang batak pikir. Sang manager membuat restoran seperti ini supaya
membawa nama ‘’lapo’’ itu sendiri ke kelas yang berbeda.
4. Target/market:
Kalau dilihat dari sisi market,
mereka bisa all aspec. Dari titik lokasi restoran mereka, restoran initerletak
dekat Gereja HKBP Taman Mini. Yang mana orang HKBP pasti makan – makanan batak.
Yang kedua, dekat juga dengan perkantoran yang kontraktor, dan warga sekitar
restoran itu juga bisa dikategorikan 50% penduduknya orang batak, orang ambon,
dan orang manado, yang bisamencicipi makanan yang mereka sajikan.
5. Fasilitas:
Fasilitas yang mereka sediakan, restoran
ini memiliki ruangan VIP. Ruangan VIP ini dikhususkan untuk orang-orang yang
menginginkan kenyamanan dengan fasilitas Air Conditioner (AC).Bagi tamu-tamu
yang ingin open air, bisa merokok, bisa leluasa, ingin mengobrol juga
disediakan tempat dari luar tempat yang menyediakan AC tersebut, dengan
kapasitas 80 orang.
6. Sistem
SOP:
-
Bagaimana sistem pembayarannya?
Untuk
pembayaran, bisa melalui kartu debit dan cash. Dua – duanya bisa digunakan.
-
Sistem ship pekerja
Mereka
mempekerjakan pekerja mereka 6 hari kerja, dan 1 hari libur. Mereka tetap
mengikuti aturan dari pemerintah daerah. Dan untuk gaji, mereka menggaji
pekerja mereka sesuai dengan UMK yang ada di Indonesia. Dan pekerja mereka juga
mendapat fasilitas pengobatan, khususnya untuk yang sakit, dan pekerja mereka
juga akan mendapat cuti tahunan 12 hari sesuai dengan masa kerjanya per 1 tahun
kerja.
-
Untuk pelayanannya seperti apa?
Restoran
ini melayani acara – acara :
a. Pernikahan
b. Martuppol
/ Tonggo Raja (acaratunangan)
c. Arisan
d. Ulangtahun
e. Rapatkerja
/ keluarga
f. Anniversary
g. Syukuran
keluarga
h. Acara-acarakerohanian
/ gereja
i.
Acara Gathering lainnya
Restoran ini menerima
pesanan siap antar seperti:
a. Namargoar
b. Ikan
Mas Arsik Utuh
c. Napinadar
7. Apakah
ada cabang di tempat lain?
Untuk sementara mereka belum punya cabang,
mereka khususkan untuk daerah Ceger dulu. Nah ketika usaha mereka berkembang,
mereka akan menjajaki ke daerah atau ke tempat lain sesuai dengan market
placenya restoran mereka tersebut.
8. Struktur
Organisasi:
Mereka punya manajemen sendiri.
Yang mana, restoran mereka itu dipimpin oleh manager operasional, dimana
manager operasional ini bertanggung jawab atas jalannya bisnis performance dari
restoran ini. Dia bertanggung jawab dalam sisi marketing, analisa revenue, dia
bertanggung jawab untuk jalannya operasional di pelayanan, dia juga harus
bertanggung jawab menjaga kualitas makanan, dan beliau ini juga bertanggung
jawab darisisi human resourcesnya. Dia juga bertanggung jawab untuk
kesejahteraan karyawannya juga. Di level kedua, juga ada penanggung jawab
restoran, ada restoran manager, ada juga excecutive chef yang bertanggung jawab
dan konsen di makanan, dan mereka juga menyediakan bartender untuk menyajikan
minuman-minuman yang bervariasi. Sisanya waiter dan waitress.
Riwayat hidup restoran:
Mereka sudah sertifikasi, mereka
juga mempunyai izin Dinas Pariwisata untuk penyajian makanan dan minuman.
Mereka jugamengikuti aturan SOP, kelayakan suatu tempat usaha restoran.
KLASIFIKASI
RESTORAN
·
Berdasarkan
makanan dan minuman yang ada di dalamnya
Restoran Lapo Tapia Nauli termasuk Speciality
Restoran yaitu tempat makan dan minum yang memiliki tema khusus atau kekhususan
menu masakan yang akan disajikan dan biasanya memiliki cita rasa yang berbeda
dengan restoran lain.
·
Berdasarkan
sistem pengelolaan dan penyajian
Restoran Lapo Tapia Nauli termasuk Specialities
Restoran yaitu industry jasa pelayanan makanan dan minuman yang dikelola secara
komersiil dan professional dan menyediakan makanan khas yang diikuti dengan
sistem penyajian yang khas dari suatu wilayah.
Dengan ciri – ciri :
o
Menyediakan sistem pemesanan tempat
(booking)
o
Biasanya menyediakan music atau hiburan
khas wilayah tertentu
o
Harga makanan relative tinggi dibanding
informal restoran dan rendah dibanding formal restoran
o
Menyediakan menu khas wilayah tertentu,
popular dan disenangi banyak pelanggan secara umum
o
Jumlah tenaga service sedang dengan
standar kebutuhan, 1 pramusaji untuk melayani 8 – 12 pelanggan
Fine Dining
Harum Manis Restoran
SEJARAH
Awalnya owner Harum Manis semasa kecilnya menyukai
sesuatu yang manis seperti gulali dan mangga dan terbentuklah sebuah restoran
dengan nama Harum Manis yang cocok untuk dijadikan menjadi salah satu restoran
bintang 5 di bilangan Jakarta.
LOKASI
Apartemen Pavilion, Upper Basement Tower 2 Jl. KH.
Mas Mansyur Kavling 24 Jakarta 10220
JAM OPERASIONAL
[Lunch]
All week 11:30-14:30
[Dinner]
All week 18:00-22:30
All week 11:30-14:30
[Dinner]
All week 18:00-22:30
FASILITAS
·
Accept
Credit Cards Payment
·
Parking
Space
·
Wi-Fi
·
Toilet
·
Pringitan
(Ruang Tunggu)
·
Private Room (kapasitas
8 – 14 orang dengan tambahan ornamen seperti kelambu), Spending minimum 3-4
juta rupiah
·
Pendopo (kapasitas 60 –
120 orang), Spending minimum : 33 juta rupiah
·
Sentong Kanan
(kapasitas 50 orang) : Dalam pembagian area rumah Joglo,Sentong Kanan adalah
bagian dalam rumah di sisi kanan,yang berisi kamar tidur utama (ruangan milik
kepala keluarga).
·
Sentong Kiri (kapasitas
50 orang) : Dalam pembagian area rumah
Joglo,Sentong kiri adalah bagian dalam rumah di sisi kiri,yang berisi kamar
tidur .
·
Total Spending minimum
: 55 juta rupiah
·
Mini Bar
·
Sate Bar
·
Jika ada event ataupun
meeting, untuk proyektor, mice dan yang lainnya akan digratiskan dari restoran
Harum Manis
·
Keseluruhan total
kapasitas mencapai 300 orang
Owner
|
STRUKTUR ORGANISASI
|
General Manager
|
Assistant General Manager
|
HRD
|
Accounting
|
Supervisor
|
Staff
|
DAFTAR MENU
UMPAN TEKA SUGENG RAWUH
Selection of Starters
Bala- Bala Kemayu Udang Rp.
48,000
Combro Ndoro Puteri
Rp. 48,000
Martabak Kare Telor
Rp. 55,000
Risoles Saking Kulon
Rp. 50,000
Sosis Saking Solo
Rp. 50,000
Loempia Warisan Turun Temurun Rp. 50,000
Loempia Kepiting Udang
Rp. 50,000
Otak – Otak Abdhi Dalem Rp.
80,000
Sarwo Becik Sanget
Rp. 185,000
ANEKA MAKANAN PEMBUKA
Appetizer
Gado – Gado Ngidham Rp.
60,000
Ketoprak Batavia Rp.
58,000
Tahu Gunting Pasar Turi Rp.
60,000
Tahu Telor Selamat Datang Rp.
85,000
ANEKA SOTO & SUP
Selection of Soup
Soto Ayam Arek Suroboyo Rp.
85,000
Soto Bandung Lautan Api Rp.
85,000
Soto Betawi Khas Harum Manis Rp. 85,000
Soto Iga Asem Pedas Rp.
85,000
Sop Iga Bakar Semedi Rp.
90,000
Sop Ikan Parang Tritis Rp.
105,000
Sop Buntut Kutho Gede Rp.
165,000
SAJIAN KHAS NUSANTARA
Selection of Indonesian favorites
Nasi Campur Nusantara Rp.
95,000
Nasi Liwet Sri Wedari Rp.
95,000
Nasi Rawon Pasar Turi Rp.
95,000
Nasi Timbel Komplit Rp.
95,000
Nasi Ulam Bali Rp.
95,000
Nasi Koening Nyai Dasimah Rp.
95,000
ANEKA SATE NUSANTARA
Selection of Skewer
Sate Daging Sapi Wagyu Rp.
250,000
Sate Iga Sapi Wagyu Rp.
145,000
Sate Kleweran Rp.
65,000
Sate Kikil Bumbu Kare Rp.
75,000
Sate Lidah Betawi Rp.
75,000
Sate Ayam Mbok Ayu Rp.
85,000
Sate Ayam Wong Jowo Rp.
85,000
Sate Daging Sapi Maranggi Rp.
90,000
Sate Daging Sapi Wong Jowo Rp.
90,000
Sate Kambing Muda Rp.
95,000
Sate Lilit Puteri Bali Rp.
85,000
Sate Pentul Tangkai Tebu Rp.
85,000
Sate Sotong
Rp. 95,000
Aneka Sate Nusantara Rp. 225,000
SAJIAN KHAS HARUM MANIS
In House Specialities
Ayam Panggang Special Harum Manis (whole chicken) Rp. 195,000
Bebek Panggang Special Harum Manis (whole duck) Rp. 215,000
Udang Bakar Banjarmasin (per piece) Rp.
175,000
Ikan Bakar Sakura Saos Dabu – Dabu (per ounce) Rp.
85,000
Sate Satu Meter Rp. 555,000
(30
tusuk sate yang kurang lebih terdiri dari 10 jenis, diantaranya sate kambing,
ayam, lilit, pentul, kikil, lidah, dan lain-lain. Bumbu disesuaikan dengan
jenis sate, seperti bumbu kacang, bumbu sambal mata, bumbu kecap)
Kambing Guling Pendopo Agung Rp.
595,000
(daging kambing yang masih berumur 3 bulan ke dalam
oven terlebih dulu kurang lebih 4 jam dengan api kecil ,dan baru dibakar ketika
sudah ingin disajikan)
ANEKA
DAGING SAPI
Selection
of Beef & Lamb
Tongseng Kambing Suromadu Rp.
115,000
Dendeng Lombok Legi
Rp. 115,000
Rendang Bakar Tali Jiwo Rp. 145,000
Sengkel Bakar Bumbu Kare Rp.
115,000
Ikan Bakar Kedaton Rp.
168,000
Kambing Guling Mbah Saker Rp.
210,000
HASIL
UNGGAS
Selection
of Chicken & Duck
Ayam Bakar Parahyangan Rp.
108,000
Ayam Goreng Selimut Lengkuas Rp. 108,000
Bebek Goreng Damar Wulan Rp.
108,000
Ayam Bakar Bangsawan (whole chicken) Rp.
175,000
Ayam Betutu Panggang (whole chicken) Rp. 165,000
Bebek Bakar Khayangan
Rp. 175,000
Bebek Betutu Panggang (whole duck) Rp.
175,000
HASIL
TAMBAK & LAUT
Selection
of Seafood
Cumi Goreng Mangga Kweni Rp.
110,000
Kepiting Soka Goreng Telor Rp.
115,000
Gulai Raja Kepala Ikan Rp.
130,000
Gurame Goreng Bumbu Rujak (per ounce) Rp.
45,000
Gurame Genjeran Bakar (per ounce) Rp.
45,000
Ikan Bakar Pasundan (per ounce) Rp.
65,000
Kerapu Sendang Tirta (per ounce) Rp.
80,000
Ikan & Udang Bakar Jimbaran Rp. 365,000
ANEKA
NASI & MIE
Selection
of Fried Rice & Noodle
Rice Selection (White & Red) Rp.
18,000
Rice Selection (Yellow, Green & Coconut) Rp.
23,000
Bihun Goreng Jawa Rp. 65,000
Mie Goreng Jawa Rp. 65,000
Nasi Goreng Kampoeng Rp.
65,000
Nasi Goreng Spesial Harum Manis Rp.
85,000
Nasi Goreng Kare Kambing Bakar Rp.
85,000
Nasi Goreng Hidangan Laut Rp.
85,000
ANEKA
SAMBAL & LALAPAN SEGAR
Selection
of Traditional Sauces & Fresh Vegetables
Lalapan Segar Setaman Rp.
50,000
Sambal Bledek Ikan Gabus Rp.
60,000
Sambal Gadoan Racikan
Rp. 60,000
Sambal Petir Cumi Kering Rp.
60,000
HASIL
PERKEBUNAN
Selection
of Vegetables
Oseng Daun Genjer Rp. 65,000
Oseng Tahu Tempe Jamur Rp.
65,000
Sayur Asem Panineungan
Rp. 65,000
Sayur Pepaya Muda Ebi Kering Rp. 65,000
Tumis Kangkung Udang Rp. 65,000
Tumis Kecipir Cindelaras Rp.
65,000
Tumis Pucuk Pakis Rp.
65,000
Tumis Brokoli Udang Rp.
80,000
ANEKA
KEPUK & GORENGAN
Selection
of Indonesian Crackers
Assorted Selection of Crackers Rp.
28,000
(Waroeng, Mawar, Emping, Udang, Gendar)
Tempe Goreng Kering Rp.
28,000
Tahu Goreng Kering Rp.
28,000
ANEKA
MAKANAN PENUTUP
Selection
of Dessert
Colenak Nyi Iteung Rp. 55,000
(terbuat
dari tape dan dikombinasikan dengan nangka matang lalu direndam dengan sirup
gula merah dengan tambahan tekstur krekes pada bagian bawah)
Kue Jongkong Rp. 50,000
(bubur
tepung beras yang di dalamnya diisi kelapa dan disiram dengan sirup gula Jawa)
Pisang Goreng Puteri Salju Rp.
55,000
Singkong Sutera Rp.
50,000
Kue Kamir Kopyor Stroberi
Rp. 50,000
Dieng Es Podeng Rp.
65,000
Pisang Bakar Gondo Arum Rp. 55,000
Buah Segar Musiman Rp. 65,000
Pisang Ijo Kopyor Durian Rp.
50,000
Durian Brulle
Rp. 70,000
ANEKA
MINUMAN
Selection
of Beverage
·
Signature
Drinks
Es Teh Sari Kelapa Rp.
35,000
Es Teh Jahe Kelapa Muda Rp.
35,000
Asem – Asem Manis Rp. 35,000
Es Teh Kweni Rp. 35,000
Es Boyolali Rp.
35,000
Bir Pletok Dingin Rp.
35,000
Si Kayu Manis Rp.
35,000
·
Traditional
Shaved Ice Treats
Es Puter (2 scoop) Rp. 35,000
(Avocado, Durian, Red Bean, Coconut &
Strawberry)
Es Cendol Rp.35,000
Es Cincau Hijau Rp.
35,000
Es Unyil
Rp. 35,000
Es Campur Rp.
35,000
Es Kopyor Soda Gembira Rp.
35,000
·
Cold
Beverages
Aqua Reflection Natural Rp. 38,000
Aqua Reflection Sparkling Rp. 48,000
Equil Natural Rp. 38,000
Equil Sparkling Rp.
48,000
Coca Cola, Sprite, Ginger Ale Rp.
35,000
Diet Coke Rp. 38,000
Iced Tea Rp. 28,000
·
Beers
Draught Beer (Medium) Rp. 108,000
Draught Beer (Jumbo) Rp.
198,000
Draught Beer (Pitcher) Rp.
328,000
Bintang Beer by Bottle Rp.
68,000
Heineken Rp.
88,000
Corona Rp.
108,000
Selection of Juices
Jus Jeruk, Tomat, Semangka, Melon & Buah Campur Rp.
35,000
Jus Semangka Luar Biasa Rp. 35,000
Jus Stroberi Rp. 38,000
Jus Alpukat Rp.
38,000
·
Hot
Drinks
Kopi Tubruk Rp. 22,000
Teh Panas Rp.
22,000
Wedang Jahe Rp.
32,000
Wedang Ronde Rp.
35,000
Bir Pletok Panas Rp. 35,000
STMJ Rp. 35,000
Freshly Brewed Kopi Rp.
35,000
Kopi Luwak Robusta Rp.
108,000
Kopi Luwak Arabica Rp.
138,000
Paket
buffet (Only Sunday)
Rp. 155.000/Pax
Time : 11.30 – 15.00
(Lunch)
18.00 – 23.00 (Diner)
Event
o
Pada
tanggal 03 Juni 2015 diadakan acara seminar Manfaat Puasa dengan Nutrisi
Seimbang dan Pola Minum AQUA242
o Pada tanggal 26 April 2013
diadakan konferensi pers Indomie Jakarta Community
Carnival (IJCC) yang akan diadakan pada
Minggu, 28 April 2013 di Plaza Tenggara Senayan dan Gelora Bung Karno
o Pada tanggal 21 februari 2013 diadakan konferensi pers jelang ulang tahun AQUA Danone yang ke
40 tahun
o Pada tanggal 12 maret 2015
diadakan konferensi pers PT Pelindo dalam
rangka mendukung program tol laut pemerintah untuk menurunkan biaya logistik
nasional
o Pada tanggal 23 juli 2013
diadakan acara media gathering Business
Area Manager Fire Product Gunnebo Indonesia
o Pada tanggal 15 desember 2011 diadakan
konferensi pers Indonesia Mengajar
o Pada bulan November dan Desember banyaknya
wedding event di Harum Manis.
Latar
Belakang Pendidikan
SMA/SMIP/Yang berpengalaman
dibidangnya.
KLASIFIKASI
RESTORAN
Harum Manis merupakan restoran bintang 5 dengan menu
makanan Indonesian. Keunikan dari restoran Harum Manis adalah alunan musik dan
adanya aromaterapi yang menenangkan dan interior restoran
yang didominasi kayu berwarna gelap menebar kesan Jawa yang kental dan menawan
serta terpajangnya foto-foto para pahlawan Yogya semasa dulu. Restoran ini berkonsep jawa, karena dapat kita lihat mulai dari
kursi dan hingga lantai bermotif mirip keraton Yogya. Di Jakarta terdapat
dua restoran yang memiliki fasilitas Rijjstaffel yaitu Restoran Oasis dan
Restoran Harum Manis.
S.O.P
PELAYANAN
·
GREETING THE GUEST
·
SITTING THE GUEST
·
PRESENTING THE MENU
·
SERVING THE FOOD
·
PRESENTING THE BILL
BAB
III
PENUTUP
KESIMPULAN
Restoran A&W walaupun memiliki
banyak competitor, mereka tetap bisa bertahan karena cirri khasnya yaitu
signature dish Rootbeer dengan berbagai size botol. Restoran ini memiliki food
division yang menjaga kualitas bahan makanan yang akan dipakai.
Restoran Lapo Tapia Nauli adalah rumah
makan yang mengusung nuansa batak modern dengan campuran nuansa Chinese di
dalamnya. Banyak pelanggan mengira bahwa Rumah Makan Lapo terkesan membosankan
dengan pelayanan yang hanya itu – itu saja tetapi Rumah Makan Lapo Tapia Nauli
berbeda dari Lapo lainnya.
Restoran Harum Manis merupakan salah
satu restoran ter-romantis di bilangan Jakarta Pusat. Restoran ini berarsitektur
adat Jawa Modern yang masih menggunakan pembagian sesuai Rumah Joglo. Restoran
ini juga menyediakan menu – menu makanan yang sangat bercita rasa Indonesia
sehingga restoran ini menjadi salah satu restoran bintang 5 yang berbeda dari
yang lainnya.
Post a Comment for "MAKALAH PENGANTAR AKOMODASI DAN RESTORAN"