RPP K13 Terbaru Aku Berolahraga Tema 2
MODEL
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
Nama Sekolah : SDN No.5 Banyuasin
III
Tingkat Pendidikan : SD/MI
Tema : Kegemaranku
Subtema : 2
Kelas/Semester : I/1
Tahun Ajaran : 2016/2017
Kompetensi Inti:
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis
dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
|
PEMETAAN
KOMPETENSI DASAR 1 DAN 2
|
PEMETAAN
KOMPETENSI DASAR 3 DAN 4
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Kegiatan
Pembelajaran dan Penilaian
|
Sumber
Belajar
|
Alokasi
Waktu
|
Pembelajaran 1
Bahasa Indonesia
3.2 Mengenal teks petunjuk/arahan tentang
perawatan tubuh serta peme liharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.2 Mempraktikan teks arahan/petunjuk tentang
merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
SBdP
3.1 Mengenal cara dan hasil karya seni
ekspresi.
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis,
warna dan bentuk berdasarkan hasil
pengamatan di lingkungan sekitar.
|
1
Menjelaskan tentang teks petunjuk pemeliharaan kebugaran
tubuh
2
Membaca teks petunjuk tentang merawat kebugaran
tubuh
1
Mengidentifikasi gambar sebagai karya seni ekspresi
2
Menggambar ekspresi berdasarkan hasil pengamatan lembar kerja di dalam buku siswa
|
1. Siswa mengamati gambar yang ada pada buku
siswa.
2. Siswa menyebutkan nama-nama olahraga.
3. Siswa bertanya jawab berkaitan dengan
gambar yang diamatinya.
4. Beri kesempatan kepada siswa untuk saling
mengajukan pertanyaan dan menjawab.
5. Contoh pertanyaan yang mungkin:
• Olahraga apa yang kamu lihat pada
gambar?
• Apa yang kamu ketahui tentang olahraga
tersebut?
• Berapa banyak anak yang bermain
bulutangkis pada gambar?
• Berapa banyak anak yang bermain sepak
bola pada gambar?
• Berapa jumlah anak seluruhnya pada
gambar?
• Olahraga mana yang merupakan olahraga
tim?
• Sikap apa yang harus dilakukan dalam
melakukan olahraga tim?
• Olahraga apa yang paling kamu sukai?
• Olahraga apa yang baru kamu ketahui?
6. Siswa membaca nyaring nama-nama cabang olahraga
dengan bimbingan guru.
7. Siswa menyusun huruf menjadi nama-nama
cabang olahraga yang dipelajari.
8. Siswa berlatih menulis dengan cara
menebalkan.
9. Untuk mengonfirmasi pengetahuan siswa,
siswa menyebutkan kembali nama-nama cabang olahraga yang sudah diketahui dan
baru diketahui.
10. Setelah menyebutkan nama-nama cabang
olahraga, siswa bertanya jawab tentang cabang-cabang olahraga dan alat-alat
olahraga yang mereka ketahui dengan arahan guru.
11. Siswa mengamati contoh pertanyaan yang
diajukan guru guru sebagai berikut:
• Jika kamu ingin bermain sepak bola, alat
apa yang kamu butuhkan?
12. Siswa melakukan kegiatan tanya jawab secara
bergantian berdasarkan contoh pertanyaan guru yang divariasikan atau dengan
bahasa mereka sendiri.
• Jika kamu ingin bermain bulutangkis,
alat apa yang kamu butuhkan?
• Jika kamu ingin bermain kasti, alat apa
yang kamu butuhkan?
• dan seterusnya.
13. Siswa menyebutkan kembali alat-alat yang
dipergunakan untuk berolahraga.
14. Siswa berlatih mengenal alat olahraga dengan
memasangkan gambar alat-alat olahraga yang saling berhubungan dengan menarik
garis. Misalnya, gambar bola dengan gambar lapangan bola dan gambar pelampung
dengan kolam renang.
15. Kemudian, siswa memilih pasangan gambar yang
paling disukai untuk dijadikan tema dalam menggambar.
16. Siswa menggambar dan mewarnai sesuai tema
yang dipilih.
17. Siswa menuliskan tema yang dipilihnya di
sudut kiri gambar.
18. Siswa diminta untuk
mengerjakan worksheet.
|
1.
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan
sekolah.
2.
Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 1 dan
Buku Siswa Tema 2 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.
Software Pengajaran kelas 1 SD/MI dari JGC.
4.
Software Pengajaran Penjaskes SD/MI dari JGC.
5.
Gambar dari Google.com
6.
Video dari youtobe.com.
7.
Pensil/pensil warna/krayon/spidol
|
… menit X … JP X 7 minggu
… Menit X … JP
.
|
Pembelajaran 2
PPKn
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan di
sekolah
Matematika
3.3 Mengenal dan
memprediksi pola-pola bilangan
sederhana menggunakan gambar-gambar/benda
konkrit
4.4
Mendeskripsikan, mengembangkan, dan membuat pola yang berulang
Bahasa Indonesia
3.2 Mengenal teks petunjuk/arahan tentang
perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru
atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.2 Mempraktikan teks arahan/petunjuk tentang
merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian
PJOK
3.2 Mengetahui konsep gerak dasar non lokomotor
sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang
gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana
dan atau permainan tradisional
4.2 Mempraktikkan pola gerak dasar nonlokomotor
sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak,
hubungan, dan usaha,dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional
|
1
Mengidentifikasi perbuatan tertib di rumah
2
Membedakan perbuatan tertib dan yang tidak tertib
1
Mengidentifikasi pola bilangan menggunakan gambar
sederhana
2
Membuat pola bilangan dengan menggunakan gambar
1
Membaca teks petunjuk pemeliharaan kesehatan tubuh
2
Menyebutkan cara memelihara kesehatan tubuh
3
Mempraktikkan teks arahan merawat kesehatan tubuh
1
Mengamati gerak dasar non-lokomotor
2
Memperagakan gerak dasar non lokomotor
|
1. Guru menyampaikan bahwa siswa akan
melakukan diskusi tentang sikap tertib di rumah.
2. Guru mengingatkan selama diskusi siswa
boleh mengemukakan pendapat, mendengarkan ketika teman berbicara, tidak
memotong pembicaraan, berbicara dengan suara yang terdengar, tidak berbisik
dan berteriak.
3. Kemudian siswa mulai berdiskusi tentang
manfaat sikap tertib di rumah. Jika mungkin seorang siswa memimpin diskusi
dengan bantuan guru.
4. Pertanyaan yang mungkin muncul antara lain
: Apa saja contoh sikap tertib di rumah? Arahkan diskusi tentang aturan usai
berolahraga atau bermain di luar rumah. Minta siswa menceritakan kebiasannya
usai berolahraga atau bermain di luar rumah.
5. Guru mengamati sikap siswa selama bertanya
jawab, apakah mengikuti dengan tertib, diam saja, mendominasi pembicaraan,
dan lain-lain.
6. Setelah bertanya jawab siswa mendengarkan
guru membacakan teks.
7. Usai mendengarkan guru membacakan teks,
siswa membaca nyaring teks dengan bimbingan guru.
8. Siswa menceritakan kembali isi teks dengan
bahasanya sendiri.
9. Siswa melakukan diskusi tentang pentingnya
bersikaptertib di sekolah dengan arahan guru. Apa saja contoh sikap tertib di
sekolah? Bagaimana rasanya jika dating kesekolah tepat waktu? Bagaimana jika
terlambat? (guru bisa mengarahkan berdasarkan permasalahan yang ada).
10. Upayakan semua siswa belajar mengemukakan pendapatnya
dalam diskusi untuk melatih berpendapat dan memunculkan rasa percaya diri.
Amati keberanian siswa untuk mengemukakan pendapat.
11. Selesai berdiskusi siswa mengidentifikasi
sikap tertib melalui gambar yang tertera di buku siswa.
12. Usai mengidentifikasi perilaku tertib,
siswa membaca nyaring teks petunjuk merawat tubuh.
13. Usai berlatih membaca, siswa menyebutkan
kembali informasi yang didapat dari teks.
14. Kemudian siswa berlatih menerapkan
gerakan-gerakan senam yang dapat menyehatkan tubuh melalui kegiatan olahraga.
Kegiatan dapat dilakukan di halaman sekolah.
15. Usai berolahraga siswa mengamati pola
bilangan bergambar yang tertera di buku siswa.
16. Siswa berbagi pendapat tentang hasil
pengamatannya.
17. Siswa belajar melengkapi pola bilangan
melalui gambar.
18. Guru mengulas pola bilangan dengan membuat
contoh di papan tulis dengan melibatkan siswa untuk mengisi tempat-tempat
kosong.
19. Kemudian siswa berlatih membuat pola
bilangan melalui pola bilangan melalui gambar berdasarkan keinginannya sendiri.
20. Kegiatan ditutup dengan mengucapakan syukur
atas kesehatan yang diberi.
|
1.
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan
Lingkungan sekolah.
2.
Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 1 dan
Buku Siswa Tema 2 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.
Software Pengajaran kelas 1 SD/MI dari JGC.
4.
Software Pengajaran Penjaskes SD/MI dari JGC.
5.
Gambar dari Google.com
6.
Video dari youtobe.com.
7.
Kartu kata alat olahraga.
8.
Kartu gambar alat olahraga.
|
|
Pembelajaran 3
Bahasa Indonesia
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota
tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1. Mengamati dan menirukan teks deskriptif
tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa
siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian penyajian
Matematika
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan
menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.10 Membaca dan
mendeskripsikan data pokok yang ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf
PPKn
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2
Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
PJOK
3.1 Mengetahui
konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota
tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.1 Mempraktikkan
pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh
yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
|
1
Mengamati teks deskriptif tentang anggota tubuh
2
Mempraktikkan teks deskriptif tentang anggota
tubuh
1.
Menghitung benda hingga 20
2.
Menyebutkan bilangan sampai 1 sampai dengan 20
3.
Mengidentifikasi banyak benda berdasarkan gambar
1.
Mengidentifikasi aturan sederhana di sekolah
2.
Menunjukkan sikap tertib saat mengikuti kegiatan
permainan
|
1. Siswa menyimak guru membacakan teks pendek
tentang bagian tubuh yang digunakan saat berolahraga.
2. Siswa bertanya jawab seputar teks yang
baru dibacakan.
3. Guru menjelaskan cara bermain bulutangkis
secara sederhana.
4. Siswa membaca nyaring teks dengan bantuan
guru lalu menjawab pertanyaan.
5. Kemudian siswa menyebutkan kalimat tentang
bagianbagian tubuh yang terdapat dalam teks.
6. Siswa mendengarkan aturan permainan “Kuda
Bisik”.
7. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok.
• Siswa berbaris berbanjar ke belakang
dalam kelompok masing-masing.
• Satu perwakilan siswa dari kelompok
masingmasing berkumpul dan mendengarkan kalimat yang dibacakan guru.
Misalnya, “bulutangkis menggerakkan tubuh”.
• Setelah mendengar aba-aba dari guru,
setiap perwakilan siswa membisikkan kata-kata yang didengarnya dari guru
kepada teman di barisan paling depan.
• Kemudian siswa di barisan paling depan membisikkan
kalimat tersebut kepada teman di belakangnya dan seterusnya sampai kepada
siswa yang berada di barisan paling belakang.
• Setelah selesai guru meminta siswa di
bagian paling belakang menyampaikan kalimat yang didengarnya kepada guru.
• Guru mencatat dan mengecek kebenaran
jawaban dan meneliti kesalahan penyampaian dengan meminta siswa mengulang apa
yang telah dibisikkan pada teman.
8. Guru memberikan apresiasi hasil kerja dan
ketertiban masing-masing kelompok.
9. Permainan diulang dengan guru membisikkan
kalimatkalimat lain yang berhubungan dengan teks.
10. Perwakilan kelompok harus dipilih secara
bergilir.
11. Setelah waktu permainan habis siswa
diminta menyampaikan perasaan dan pendapatnya mengenai kegiatan tersebut.
12. Siswa melakukkan praktik permainan
bulutangkis.
13. Siswa membaca nyaring teks dengan bantuan
guru.
14. Siswa bertanya jawab tentang isi teks.
15. Siswa mengidentifikasi aturan sederhana
permainan bola melalui diskusi, misalnya satu tim sepak bola terdiri dari 11
pemainan.
16. Usai bermain bola siswa mendengarkan
penjelasan guru tentang belajar menghitung bilangan 1-20.
• Guru memilih tiga siswa berdasarkan
olahraga kegemarannya.
• Misalnya, siswa pertama gemar sepak
bola, siswa kedua gemar bulu tangkis, dan siswa ketiga gemar pencak silat.
• Siswa lainnya diminta untuk bergabung
dengan salah satu dari ketiga siswa tersebut.
• Siswa diminta menghitung jumlah anggota
pada kelompoknya dengan bersuara.
• Guru menuliskannya di papan tulis,
misalnya sepak bola = 11 siswa, bulu tangkis = 13 siswa, dan pencak silat =
16 siswa.
17. Permainan dapat diulang dengan kriteria yang
berbeda, misalnya alat olahraga yang paling disukai atau warna baju sepak
bola yang paling disukai, dan seterusnya.
18. Hal yang perlu diperhatikan adalah pembagian
kelompok maksimal sebanyak tiga kelompok.
19. Lakukan permainan ini berulang kali sehingga
siswa punya banyak pengalaman dalam menghitung bilangan lebih dari 10.
20. Untuk membantu siswa menghubungkan konsep
bilangan dengan lambing bilangan, sebaiknya guru menuliskan lambang bilangan
dari setiap jumlah anggota kelompok.
21. Kegiatan ini diakhiri dengan meminta siswa
untuk mengerjakan worksheet pada buku latihan
|
1. Diri anak,
Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2. Buku
Pedoman Guru Tema 2 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 1 (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2013).
3.
Software Pengajaran kelas 1 SD/MI dari JGC.
4.
Gambar dari Google.com
5.
Video dari youtobe.com.
6.
Lembar kerja di buku siswa.
7.
Alat yang bisa dipakai untuk praktik bulutangkis.
|
|
Pembelajaran 4
Bahasa Indonesia
3.1. Mengenal teks
deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan
sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.3 Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih
sayang dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tertulis yang dapat diisi degan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1. Mengamati dan
menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan
malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.3 Menyampaikan
teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tertulis yang dapat diisi degan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian
PJOK
3.1 Mengetahui
konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang
digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk
4.1 Mempraktikkan
pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep tubuh,
ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional
PPKn
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan
tata tertib dan aturan di rumah dan di
sekolah.
SBdP
3.1 Mengenal cara dan hasil hasil karya seni
ekspresi
4.7 Menyajikan lagu anak-anak dan berlatih
memahami isi lagu.
|
1.
Mengidentifikasi teks deskriptif tentang anggota
tubuh
2.
Mempraktikkan teks deskriptif tentang anggota
tubuh
3.
Mengidentifikasi teks terima kasih
4.
Mempraktikkan kegiatan terima kasih sesuai teks
1.
Mengidentifikasi gerak lari sebagai gerak
lokomotor
2.
Melakukan gerak lokomotor (berlari)
1.
Menyebutkan sikap-sikap baik dalam permainan
olahraga
2.
Menunjukkan sikap tertib dalam mengikuti kegiatan
olahraga
1.
Mengidentifikasi syair sebuah lagu
2.
Menyanyikan lagu “Terima Kasih Guruku”
|
1. Siswa bertanya jawab dengan bantuan guru
tentang kesukaan berolahraga, manfaat berolahraga dan yang dirasakan siswa
setelah berolahraga.
2. Siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan
pengalamannya.
3. Siswa mendiskusikan jawaban-jawaban yang
diungkapkan dengan bimbingan guru.
4. Guru membacakan teks di buku siswa.
5. Siswa membaca nyaring teks.
6. Siswa menyebutkan manfaat berolahraga
terhadap anggota tubuh berdasarkan teks yang dibaca.
7. Siswa menyimak penjelasan guru bagaimana
olahraga membuat tubuh kita sehat. Dengan berolahraga, jantung dan paru-paru
kita bertambah kuat.
8. Untuk mengaitkan penjelasan ini dengan hal
yang konkret, siswa diminta untuk melakukan percobaan sederhana dengan
berlari.
9. Guru menjelaskan aturan berlari
mengelilingi lapangan. Berlari dengan tertib dan tidak perlu tergesa-gesa.
Siswa diminta mengenakan sepatu dan baju olahraga.
10. Siswa diminta untuk mengamati nafasnya
masing-masing dengan cara memegang dada sebelah kiri.
11. Lalu, siswa diminta untuk memegang dada di
sebelah kiri tempat jantung berada.
12. Siswa diminta menceritakan yang mereka
rasakan.
13. Guru membawa siswa ke luar kelas.
14. Siswa berlari keliling lapangan sebanyak dua
putaran (bisa lebih bergantung dari luasnya lapangan sekolah).
15. Setelah selesai, siswa diminta untuk
memegang dadanya kembali dan mengamati perbedaannya dengan sebelum melakukan
kegiatan berlari.
16. Siswa juga mengamati embusan napasnya
sendiri.
17. Siswa diminta untuk menceritakan perbandingan
hasil pengamatan sebelum dan setelah melakukan kegiatan berlari secara
bergantian.
18. Siswa mendiskusikan hasil pengamatannya
dengan bimbingan guru.
19. Siswa menyimpulkan kaitan antara berolahraga
dengan melatih jantung dan paru-paru kita supaya kuat. Jantung memiliki
fungsi yang penting, yaitu memompa darah.
20. Siswa mengidentifikasi ciri-ciri usai
berolahraga melalui gambar.
21. Usai memperagakan latihan, siswa menyimak
guru yang membacakan teks pendek yang ada di buku siswa.
22. Siswa bertanya jawab sikap-sikap apa yang
diperlukan saat bermain bulu tangkis bersama (antara lain sportif, menghargai
lawan, santun, mengikuti aturan).
23. Siswa mendiskusikan jawaban-jawabannya
dengan didampingi guru.
24. Siswa mendengarkan penjelasan lanjutan
tentang pentingnya menaati peraturan, menjaga sopan santun, dan menghormati
orang lain dalam kehidupan seharihari.
25. Siswa menyimak bahwa salah satu bentuk
menghargai orang lain dan bersikap sopan adalah dengan cara berterima kasih.
Terima kasih bisa diungkapkan kepada manusia dan Tuhan. Terima kasih kepada
Tuhan untuk mengungkapkan rasa syukur atas anugerah yang diberikannya kepada
kita. Terima kasih kepada manusia disampaikan karena mereka sudah memberi
kebaikan untuk kita.
26. Guru menjelaskan saat yang tepat untuk
mengucapkan terima kasih di antaranya:
27. Saat orang lain telah membantu.
28. Saat orang lain mengucapkan selamat atas
prestasi yang telah kita capai.
29. Saat orang lain memuji kita (intinya saat
orang lain berbuat baik pada kita).
30. Guru memberikan contoh situasi kepada siswa,
misalnya salah satu siswa membantu saat siswa lain jatuh dari sepeda.
31. Siswa mendengarkan penjelasan cara
mempraktikkan berterima kasih.
32. Siswa berpasangan untuk bermain peran.
33. Siswa pertama membantu sesuatu/memberikan
pujian/ kebaikan lainnya. Siswa kedua mengucapkan terima kasih.
34. Kegiatan selanjutnya bertukar peran, siswa
kedua melakukan sesuatu untuk siswa pertama, siswa pertama mengucapkan terima
kasih.
35. Kegiatan dilakukan beberapa kali dengan
pasangan yang berbeda-beda.
36. Siswa diajak menyanyikan lagu Terima Kasih
Guruku mengikuti guru.
37. Selanjutnya siswa diminta mengamati gambar
yang ada pada buku siswa dan diminta untuk memilih gambar yang menunjukkan
sikap baik.
|
1. Diri anak,
Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2. Buku
Pedoman Guru Tema 2 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 1 (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2013).
3.
Software Pengajaran kelas 1 SD/MI dari JGC.
4.
Software Pengajaran Penjaskes SD/MI dari JGC.
5.
Gambar dari Google.com
6.
Video dari youtobe.com.
7.
Sepatu dan baju olahraga.
|
|
Pembelajaran 5
PJOK
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor
sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang
gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana
dan atau tradisional
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor
sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang
gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana
dan atau tradisional
Matematika
3.11 Membandingkan
dengan memperkirakan panjang suatu benda menggunakan istilah
sehari-hari (lebih panjang, lebih pendek)
4.9 Mengumpulkan
dan mengelola data pokok kategorikal dan menyajikannya dalam
grafik konkrit dan piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu
horizontal
SBdP
3.2 Mengenal pola irama lagu bervariasi
menggunakan alat masuk ritmis
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak
dan berlatih memahami isi lagu
|
1.
Mengidentifikasi macam-macam gerak dasar lokomotor
2.
Melakukan gerak lompat jauh
3.
Mempraktikkan gerak lokomotor
1.
Mengidentifikasi benda berdasarkan panjang
pendeknya
2.
Mengukur jarak lompatan dengan menggunakan
alat ukur tidak baku
3.
Mengumpulkan informasi dalam bentuk tabel
1.
Mengidentifikasi syair sebuah lagu bertema
2.
Menyanyikan lagu bertema olahraga
|
1. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang
kegiatan yang akan dilakukan dan mempersiapkan diri.
2. Siswa diminta mengenakan pakaian olahraga,
membawa buku siswa, dan alat tulis.
3. Setelah siswa siap, guru mengajak siswa ke
halaman/lapangan sekolah.
4. Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok.
5. Siswa menyimak teks yang dibacakan guru
dan penjelasan kegiatan.
6. Siswa mendengarkan penjelasan tentang
kegiatan yang akan dilakukan, yaitu sebagai berikut:
• Siswa melompat mulai dari garis awal
yang telah ditentukan.
• Semua siswa mengamati lompatan
temantemannya.
• Tempat siswa mendarat diberi tanda
dengan kapur tulis atau kayu (jika dilakukan di lapangan tanah), lalu diukur
dengan menggunakan tali rafia.
• Semua anggota kelompok mendapat
kesempatan melakukan hal yang sama masing-masing satu kali lompatan.
• Semua anggota kelompok membandingkan
jarak lompatan dengan bantuan tali rafia.
7. Dengan bimbingan guru, siswa mengisi tabel
hasil pengamatan yang ada pada buku siswa.
8. Siswa melakukan satu kali lagi lompatan
dan menuliskan hasil pengamatannya.
9. Guru dan siswa mendiskusikan hasil
pengamatan kegiatan lompat jauh.
10. Siswa menyimpulkan bahwa alat ukur tidak
baku dapat membantu pengukuran yang hasilnya berbedabeda.
11. Guru membacakan pertanyaan pada buku siswa dan
siswa menuliskan jawabannya dengan bahasa sederhana.
12. Siswa menuliskan jawaban dari pertanyaan
bacaan di buku siswa.
13. Usai mempergakan latihan, siswa mengamati
teks lagu Basri Jago Kasti dengan bantuan guru.
14. Siswa mengidentifikasi apa saja yang
dilakukan dalam permainan kasti berdasarkan teks lagu.
15. Guru menyanyikanlagu Basri Jago Kasti.
16. Siswa menyanyikan lagu bersama-sama dengan bantuan
guru.
17. Siswa dibagi menjadi empat kelompok.
18. Siswa mendengarkan penjelasan tentang
kegiatan menyambungkan lagu. Berikut ini adalah aturannya.
• Setiap kelompok secara bergiliran
menyanyikan sebaris lagu.
• Guru menunjuk kelompok yang pertama kali
menyanyikan baris pertama lagu.
• Guru akan menunjuk kelompok menyanyikan
lagu secara acak.
• Setiap kelompok diharapkan selalu dalam
keadaan siap.
19. Pada akhir kegiatan setiap kelompok maju ke
depan kelas untuk menyanyikan lagu.
20. Kegiatan ditutup dengan mengucap janji
bersama untuk giat berolahraga agar badan sehat.
|
1. Diri anak,
Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2. Buku
Pedoman Guru Tema 2 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 1 (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2013).
3.
Software Pengajaran kelas 1 SD/MI dari JGC.
4.
Software Pengajaran Penjaskes SD/MI dari JGC.
5.
Gambar dari Google.com
6.
Video dari youtobe.com.
7. Kapur
tulis/kayu, Teks lagu Basri Jago Kasti
|
|
Pembelajaran 6
Bahasa Indonesia
3.2 Mengenal
teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan
kesehatan dan kebugaran tubuh dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.2 Mempraktikkan
teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan
kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian
Matematika
3.1 Mengenal
bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di
sekitar rumah, sekolah, atau tempat
bermain.
4.1 Mengemukakan
kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan
penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah,
sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya
PJOK
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor
sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang
gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana
dan atau tradisional
3.3 Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif
sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah,ruang gerak,
hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana
dan atau permainan tradisional
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor
sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang
gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana
dan atau tradisional
4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif
yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana
dan atau permainan tradisional
PPKn
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
|
1.
Mengidentifikas teks arahan an kebugaran tubuh
2.
Menerapkan teks arahan tentang pemeliharaan
kebugaran tubuh
1.
Menghitung benda-benda dari 1 – 20
2.
Menyelesaikan operasi penjumlahan
3.
Membuat kalimat matematika dari suatu masalah yang
dihadapi seharihari
1.
Mengidentifikasi gerak lokomotor
2.
Mengidentifikasi gerak manipulatif
3.
Mempraktikkan gerak lokomotor
4.
Mempraktikkan gerak manipulatif
1.
Menjelaskan tata tertib permainan
2.
Mengikuti aturan dalam permainan kasti
|
1. Siswa menyimak wacana yang dibacakan guru.
2. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang isi
teks.
3. Siswa membaca nyaring teks deskriptif
tentang permainan kasti.
4. Siswa menjelaskan aturan bermain kasti.
5. Berikut ini adalah prosedur permainan
kasti.
• Siswa dibagi menjadi dua kelompok atau
empat kelompok (sesuai dengan jumlah siswa dalam satu kelas).
• Guru mengundi untuk menentukan kelompok
mana yang mendapat giliran pertama melakukan pemukulan bola.
• Jika empat kelompok, dibuat dua grup.
Ada dua kelompok yang melakukan permainan pertama dandua kelompok mendapat
giliran kedua.
• Misalnya, ada dua kelompok masing-masing
terdiri atas sepuluh orang.
• Kelompok yang mendapat giliran memukul
pertama kali bersiap di lapangan pada posisi masing-masing.
• Tempat-tempat yang menjadi tempat
pemberhentian sudah ditentukan. Jumlahnya tergantung banyaknya pemain dalam
satu kelompok.
• Jika satu kelompok ada sepuluh orang,
kelompok yang tidak memukul bola harus berada pada posisi pemukul bola,
penangkap bola, siswanya delapan orang menjaga tempat pemberhentian sebanyak delapan
tempat.
• Kelompok yang memukul bola secara
bergiliran akan memukul bola.
• Pemain pertama memukul bola. Ia harus
lari ke tempat pemberhentian pertama. Jika penangkap bola belum berhasil
menangkap bola ia bisa berlari ketempat pemberhentian selanjutnya. Berikutnya
pemukul kedua melakukan hal yang sama dengan pemukul pertama.
• Jika penangkap bola berhasil menangkap
bola lalu melemparkan bola itu mengenai pemain pertama/ kedua, kelompok yang
memukul bola beralih posisi menjadi kelompok pelempar bola.
• Jika anggota kelompok berhasil ke tempat
memukul bola tanpa kena bola yang dilempar tim lawan, kelompok itu
mendapatkan skor.
• Permainan berakhir berdasarkan waktu
yang telah ditentukan
6. Pada akhir permainan, guru menjelaskan
pentingnya bekerja sama dalam sebuah tim. Ketua tim memegang peranan untuk
mengatur posisi anggotanya sesuai dengan kelebihan dan kelemahan yang
dimiliki anggotanya. Seluruh anggota tim harus percaya pada ketua tim
sehingga tim dapat bermain secara efektif dan memenangkan pertandingan.
7. Siswa mendengarkan pentingnya sportivitas.
Berani mengakui kekalahan dan mengapresiasi kemenangan lawan.
8. Guru berperan untuk mengingatkan tim yang
kalah dan tim yang menang bahwa ini hanya permainan olahraga untuk kesehatan
tubuh dan kebersamaan.
9. Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks
yang tertera di buku siswa.
10. Usai praktek bermain kasti, siswa mengamati
kembali gambar lapangan kasti yang tertera di buku.
11. Siswa mengobservasi jumlah pemain kasti yang
berada di dalam lapangan.
12. Siswa mengobservasi jumlah pemain kasti yang
mengenakan kaos merah.
13. Siswa menjumlahkan total pemain kasti yang
ada di dalam dan di luar lapangan.
14. Setelah melakukan observasi, siswa mengingat
kembali nama-nama alat olahraga sambil belajar penjumlahan.
15. Siswa mengamati gambar alat-alat olahraga, menyebutkannya
lagi dan menghitung jumlahnya dengan menggunakan bilangan 6-10.
16. Siswa kembalimengamati gambar alat-alat
olahraga dan berlatih melakukan operasi penjumlahan.
17. Usai mengerjakan penjumlahan, siswa
mengamati gambar dan membuat kalimat matematika.
18. Siswa diminta untuk mengerjakan worksheet
pada buku layihan.
19. Kegiatan ditutup dengan kesepakatan untuk
menjunjung sikap tertib dalam mengikuti aturan.
|
1. Diri anak,
Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2. Buku
Pedoman Guru Tema 2 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 1 (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2013).
3.
Software Pengajaran kelas 1 SD/MI dari JGC.
4.
Software Pengajaran Penjaskes SD/MI dari JGC.
5.
Gambar dari Google.com
6.
Video dari youtobe.com.
7.
Pemukul kasti, Bola kasti, Kertas (potongan kertas
berukuran 10 cm x 10 cm).
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
SARIMIN
SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
|
Pangkalan Balai, Juni 2016
Guru Kelas 1 ,
NURSIDAH, S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005
|
|
|
Post a Comment for "RPP K13 Terbaru Aku Berolahraga Tema 2"