Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP K13 Terbaru Aku Berolahraga Tema 2

MODEL SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

Nama Sekolah                         : SDN No.5 Banyuasin III
Tingkat Pendidikan                :  SD/MI
Tema                                       :  Kegemaranku
Subtema                                  :  2
Kelas/Semester                       :  I/1
Tahun Ajaran                          : 2016/2017

Kompetensi Inti:
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.




Matematika
1.1     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1   Menunjukkan perilaku patuh pada aturan dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan sesuai prosedur/ aturan dengan memperhatikan nilai tempat puluhan dan satuan
2.2. Menunjukkan perilaku teliti dan peduli dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar
 
PEMETAAN KOMPETENSI DASAR 1 DAN 2

 



















PPKn
3.2    Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2    Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
 
PEMETAAN KOMPETENSI DASAR 3 DAN 4
 




















Kompetensi Dasar
Indikator
Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian
Sumber Belajar
Alokasi Waktu
Pembelajaran 1
Bahasa Indonesia
3.2   Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta peme liharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.2    Mempraktikan teks arahan/petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian





SBdP
3.1    Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi.
4.1    Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil   pengamatan di lingkungan sekitar.



1          Menjelaskan tentang teks petunjuk pemeliharaan kebugaran tubuh
2          Membaca teks petunjuk tentang merawat kebugaran tubuh























1          Mengidentifikasi gambar sebagai karya seni ekspresi
2          Menggambar ekspresi berdasarkan hasil pengamatan lembar kerja di dalam buku siswa












1.     Siswa mengamati gambar yang ada pada buku siswa.
2.     Siswa menyebutkan nama-nama olahraga.
3.     Siswa bertanya jawab berkaitan dengan gambar yang diamatinya.
4.     Beri kesempatan kepada siswa untuk saling mengajukan pertanyaan dan menjawab.
5.     Contoh pertanyaan yang mungkin:
•       Olahraga apa yang kamu lihat pada gambar?
•       Apa yang kamu ketahui tentang olahraga tersebut?
•       Berapa banyak anak yang bermain bulutangkis pada gambar?
•       Berapa banyak anak yang bermain sepak bola pada gambar?
•       Berapa jumlah anak seluruhnya pada gambar?
•       Olahraga mana yang merupakan olahraga tim?
•       Sikap apa yang harus dilakukan dalam melakukan olahraga tim?
•       Olahraga apa yang paling kamu sukai?
•       Olahraga apa yang baru kamu ketahui?


6.     Siswa membaca nyaring nama-nama cabang olahraga dengan bimbingan guru.
7.     Siswa menyusun huruf menjadi nama-nama cabang olahraga yang dipelajari.
8.     Siswa berlatih menulis dengan cara menebalkan.
9.     Untuk mengonfirmasi pengetahuan siswa, siswa menyebutkan kembali nama-nama cabang olahraga yang sudah diketahui dan baru diketahui.
10.   Setelah menyebutkan nama-nama cabang olahraga, siswa bertanya jawab tentang cabang-cabang olahraga dan alat-alat olahraga yang mereka ketahui dengan arahan guru.
11.   Siswa mengamati contoh pertanyaan yang diajukan guru guru sebagai berikut:
•       Jika kamu ingin bermain sepak bola, alat apa yang kamu butuhkan?
12.   Siswa melakukan kegiatan tanya jawab secara bergantian berdasarkan contoh pertanyaan guru yang divariasikan atau dengan bahasa mereka sendiri.
•       Jika kamu ingin bermain bulutangkis, alat apa yang kamu butuhkan?
•       Jika kamu ingin bermain kasti, alat apa yang kamu butuhkan?
•       dan seterusnya.

13.   Siswa menyebutkan kembali alat-alat yang dipergunakan untuk berolahraga.
14.   Siswa berlatih mengenal alat olahraga dengan memasangkan gambar alat-alat olahraga yang saling berhubungan dengan menarik garis. Misalnya, gambar bola dengan gambar lapangan bola dan gambar pelampung dengan kolam renang.
15.   Kemudian, siswa memilih pasangan gambar yang paling disukai untuk dijadikan tema dalam menggambar.
16.   Siswa menggambar dan mewarnai sesuai tema yang dipilih.
17.   Siswa menuliskan tema yang dipilihnya di sudut kiri gambar.
18.   Siswa diminta untuk mengerjakan worksheet.


1.      Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.      Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.      Software Pengajaran  kelas 1 SD/MI dari JGC.
4.      Software Pengajaran  Penjaskes SD/MI dari JGC.
5.      Gambar dari Google.com
6.      Video dari youtobe.com.
7.      Pensil/pensil warna/krayon/spidol



… menit X … JP X 7 minggu

… Menit X  … JP










.
Pembelajaran 2

PPKn
3.2    Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2.   Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah



Matematika
3.3 Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar-gambar/benda konkrit
4.4 Mendeskripsikan, mengembangkan, dan membuat pola yang berulang
Bahasa Indonesia
3.2    Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan     dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.2    Mempraktikan teks arahan/petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
PJOK
3.2    Mengetahui konsep gerak dasar non lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
4.2    Mempraktikkan pola gerak dasar nonlokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha,dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional





1          Mengidentifikasi perbuatan tertib di rumah
2          Membedakan perbuatan tertib dan yang tidak tertib






1          Mengidentifikasi pola bilangan menggunakan gambar sederhana
2          Membuat pola bilangan dengan menggunakan gambar




1          Membaca teks petunjuk pemeliharaan kesehatan tubuh
2          Menyebutkan cara memelihara kesehatan tubuh
3          Mempraktikkan teks arahan merawat kesehatan tubuh














1          Mengamati gerak dasar non-lokomotor
2          Memperagakan gerak dasar non lokomotor






















1.     Guru menyampaikan bahwa siswa akan melakukan diskusi tentang sikap tertib di rumah.
2.     Guru mengingatkan selama diskusi siswa boleh mengemukakan pendapat, mendengarkan ketika teman berbicara, tidak memotong pembicaraan, berbicara dengan suara yang terdengar, tidak berbisik dan berteriak.
3.     Kemudian siswa mulai berdiskusi tentang manfaat sikap tertib di rumah. Jika mungkin seorang siswa memimpin diskusi dengan bantuan guru.
4.     Pertanyaan yang mungkin muncul antara lain : Apa saja contoh sikap tertib di rumah? Arahkan diskusi tentang aturan usai berolahraga atau bermain di luar rumah. Minta siswa menceritakan kebiasannya usai berolahraga atau bermain di luar rumah.
5.     Guru mengamati sikap siswa selama bertanya jawab, apakah mengikuti dengan tertib, diam saja, mendominasi pembicaraan, dan lain-lain.
6.     Setelah bertanya jawab siswa mendengarkan guru membacakan teks.
7.     Usai mendengarkan guru membacakan teks, siswa membaca nyaring teks dengan bimbingan guru.
8.     Siswa menceritakan kembali isi teks dengan bahasanya sendiri.
9.     Siswa melakukan diskusi tentang pentingnya bersikaptertib di sekolah dengan arahan guru. Apa saja contoh sikap tertib di sekolah? Bagaimana rasanya jika dating kesekolah tepat waktu? Bagaimana jika terlambat? (guru bisa mengarahkan berdasarkan permasalahan yang ada).
10.   Upayakan semua siswa belajar mengemukakan pendapatnya dalam diskusi untuk melatih berpendapat dan memunculkan rasa percaya diri. Amati keberanian siswa untuk mengemukakan pendapat.

11.   Selesai berdiskusi siswa mengidentifikasi sikap tertib melalui gambar yang tertera di buku siswa.
12.   Usai mengidentifikasi perilaku tertib, siswa membaca nyaring teks petunjuk merawat tubuh.
13.   Usai berlatih membaca, siswa menyebutkan kembali informasi yang didapat dari teks.
14.   Kemudian siswa berlatih menerapkan gerakan-gerakan senam yang dapat menyehatkan tubuh melalui kegiatan olahraga. Kegiatan dapat dilakukan di halaman sekolah.
15.   Usai berolahraga siswa mengamati pola bilangan bergambar yang tertera di buku siswa.
16.   Siswa berbagi pendapat tentang hasil pengamatannya.
17.   Siswa belajar melengkapi pola bilangan melalui gambar.
18.   Guru mengulas pola bilangan dengan membuat contoh di papan tulis dengan melibatkan siswa untuk mengisi tempat-tempat kosong.
19.   Kemudian siswa berlatih membuat pola bilangan melalui pola bilangan melalui gambar berdasarkan keinginannya sendiri.
20.   Kegiatan ditutup dengan mengucapakan syukur atas kesehatan yang diberi.


1.      Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.      Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).

3.      Software Pengajaran  kelas 1 SD/MI dari JGC.
4.      Software Pengajaran  Penjaskes SD/MI dari JGC.
5.      Gambar dari Google.com
6.      Video dari youtobe.com.
7.      Kartu kata alat olahraga.
8.      Kartu gambar alat olahraga.


Pembelajaran 3
Bahasa Indonesia
3.1    Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1.   Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian penyajian




Matematika
3.1  Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar  rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.10 Membaca dan mendeskripsikan data pokok yang ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf

PPKn
3.2   Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan     sekolah
     4.2    Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah

PJOK
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional



1          Mengamati teks deskriptif tentang anggota tubuh
2          Mempraktikkan teks deskriptif tentang anggota tubuh


























1.        Menghitung benda hingga 20
2.        Menyebutkan bilangan sampai 1 sampai dengan 20
3.        Mengidentifikasi banyak benda berdasarkan gambar















1.        Mengidentifikasi aturan sederhana di sekolah
2.        Menunjukkan sikap tertib saat mengikuti kegiatan permainan


























1.     Siswa menyimak guru membacakan teks pendek tentang bagian tubuh yang digunakan saat berolahraga.
2.     Siswa bertanya jawab seputar teks yang baru dibacakan.
3.     Guru menjelaskan cara bermain bulutangkis secara sederhana.
4.     Siswa membaca nyaring teks dengan bantuan guru lalu menjawab pertanyaan.
5.     Kemudian siswa menyebutkan kalimat tentang bagianbagian tubuh yang terdapat dalam teks.
6.     Siswa mendengarkan aturan permainan “Kuda Bisik”.
7.     Siswa dibagi dalam beberapa kelompok.
•       Siswa berbaris berbanjar ke belakang dalam kelompok masing-masing.
•       Satu perwakilan siswa dari kelompok masingmasing berkumpul dan mendengarkan kalimat yang dibacakan guru. Misalnya, “bulutangkis menggerakkan tubuh”.
•       Setelah mendengar aba-aba dari guru, setiap perwakilan siswa membisikkan kata-kata yang didengarnya dari guru kepada teman di barisan paling depan.
•       Kemudian siswa di barisan paling depan membisikkan kalimat tersebut kepada teman di belakangnya dan seterusnya sampai kepada siswa yang berada di barisan paling belakang.
•       Setelah selesai guru meminta siswa di bagian paling belakang menyampaikan kalimat yang didengarnya kepada guru.
•       Guru mencatat dan mengecek kebenaran jawaban dan meneliti kesalahan penyampaian dengan meminta siswa mengulang apa yang telah dibisikkan pada teman.
8.     Guru memberikan apresiasi hasil kerja dan ketertiban masing-masing kelompok.
9.     Permainan diulang dengan guru membisikkan kalimatkalimat lain yang berhubungan dengan teks.
10.   Perwakilan kelompok harus dipilih secara bergilir.
11.   Setelah waktu permainan habis siswa diminta menyampaikan perasaan dan pendapatnya mengenai kegiatan tersebut.
12.   Siswa melakukkan praktik permainan bulutangkis.
13.   Siswa membaca nyaring teks dengan bantuan guru.
14.   Siswa bertanya jawab tentang isi teks.
15.   Siswa mengidentifikasi aturan sederhana permainan bola melalui diskusi, misalnya satu tim sepak bola terdiri dari 11 pemainan.
16.   Usai bermain bola siswa mendengarkan penjelasan guru tentang belajar menghitung bilangan 1-20.
•       Guru memilih tiga siswa berdasarkan olahraga kegemarannya.
•       Misalnya, siswa pertama gemar sepak bola, siswa kedua gemar bulu tangkis, dan siswa ketiga gemar pencak silat.
•       Siswa lainnya diminta untuk bergabung dengan salah satu dari ketiga siswa tersebut.
•       Siswa diminta menghitung jumlah anggota pada kelompoknya dengan bersuara.
•       Guru menuliskannya di papan tulis, misalnya sepak bola = 11 siswa, bulu tangkis = 13 siswa, dan pencak silat = 16 siswa.
17.   Permainan dapat diulang dengan kriteria yang berbeda, misalnya alat olahraga yang paling disukai atau warna baju sepak bola yang paling disukai, dan seterusnya.
18.   Hal yang perlu diperhatikan adalah pembagian kelompok maksimal sebanyak tiga kelompok.
19.   Lakukan permainan ini berulang kali sehingga siswa punya banyak pengalaman dalam menghitung bilangan lebih dari 10.

20.   Untuk membantu siswa menghubungkan konsep bilangan dengan lambing bilangan, sebaiknya guru menuliskan lambang bilangan dari setiap jumlah anggota kelompok.
21.   Kegiatan ini diakhiri dengan meminta siswa untuk mengerjakan worksheet pada buku latihan
1.      Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.      Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.      Software Pengajaran  kelas 1 SD/MI dari JGC.
4.      Gambar dari Google.com
5.      Video dari youtobe.com.
6.      Lembar kerja di buku siswa.
7.      Alat yang bisa dipakai untuk praktik bulutangkis.


Pembelajaran 4
Bahasa Indonesia
3.1. Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.3  Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman  dalam bahasa Indonesia lisan dan tertulis yang dapat diisi degan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1. Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud  dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.3 Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau  teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tertulis yang dapat diisi degan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

PJOK
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

PPKn
3.2    Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
 4.2   Melaksanakan tata tertib dan aturan  di rumah dan di sekolah.

SBdP
3.1    Mengenal cara dan hasil hasil karya seni ekspresi
4.7    Menyajikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu.






1.        Mengidentifikasi teks deskriptif tentang anggota tubuh
2.        Mempraktikkan teks deskriptif tentang anggota tubuh
3.        Mengidentifikasi teks terima kasih
4.        Mempraktikkan kegiatan terima kasih sesuai teks






































1.        Mengidentifikasi gerak lari sebagai gerak lokomotor
2.        Melakukan gerak lokomotor (berlari)













1.        Menyebutkan sikap-sikap baik dalam permainan olahraga
2.        Menunjukkan sikap tertib dalam mengikuti kegiatan olahraga




1.        Mengidentifikasi syair sebuah lagu
2.        Menyanyikan lagu “Terima Kasih Guruku”



1.     Siswa bertanya jawab dengan bantuan guru tentang kesukaan berolahraga, manfaat berolahraga dan yang dirasakan siswa setelah berolahraga.
2.     Siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan pengalamannya.
3.     Siswa mendiskusikan jawaban-jawaban yang diungkapkan dengan bimbingan guru.
4.     Guru membacakan teks di buku siswa.
5.     Siswa membaca nyaring teks.
6.     Siswa menyebutkan manfaat berolahraga terhadap anggota tubuh berdasarkan teks yang dibaca.
7.     Siswa menyimak penjelasan guru bagaimana olahraga membuat tubuh kita sehat. Dengan berolahraga, jantung dan paru-paru kita bertambah kuat.
8.     Untuk mengaitkan penjelasan ini dengan hal yang konkret, siswa diminta untuk melakukan percobaan sederhana dengan berlari.
9.     Guru menjelaskan aturan berlari mengelilingi lapangan. Berlari dengan tertib dan tidak perlu tergesa-gesa. Siswa diminta mengenakan sepatu dan baju olahraga.
10.   Siswa diminta untuk mengamati nafasnya masing-masing dengan cara memegang dada sebelah kiri.
11.   Lalu, siswa diminta untuk memegang dada di sebelah kiri tempat jantung berada.
12.   Siswa diminta menceritakan yang mereka rasakan.
13.   Guru membawa siswa ke luar kelas.
14.   Siswa berlari keliling lapangan sebanyak dua putaran (bisa lebih bergantung dari luasnya lapangan sekolah).
15.   Setelah selesai, siswa diminta untuk memegang dadanya kembali dan mengamati perbedaannya dengan sebelum melakukan kegiatan berlari.
16.   Siswa juga mengamati embusan napasnya sendiri.
17.   Siswa diminta untuk menceritakan perbandingan hasil pengamatan sebelum dan setelah melakukan kegiatan berlari secara bergantian.
18.   Siswa mendiskusikan hasil pengamatannya dengan  bimbingan guru.


19.   Siswa menyimpulkan kaitan antara berolahraga dengan melatih jantung dan paru-paru kita supaya kuat. Jantung memiliki fungsi yang penting, yaitu memompa darah.
20.   Siswa mengidentifikasi ciri-ciri usai berolahraga melalui gambar.
21.   Usai memperagakan latihan, siswa menyimak guru yang membacakan teks pendek yang ada di buku siswa.
22.   Siswa bertanya jawab sikap-sikap apa yang diperlukan saat bermain bulu tangkis bersama (antara lain sportif, menghargai lawan, santun, mengikuti aturan).
23.   Siswa mendiskusikan jawaban-jawabannya dengan didampingi guru.
24.   Siswa mendengarkan penjelasan lanjutan tentang pentingnya menaati peraturan, menjaga sopan santun, dan menghormati orang lain dalam kehidupan seharihari.
25.   Siswa menyimak bahwa salah satu bentuk menghargai orang lain dan bersikap sopan adalah dengan cara berterima kasih. Terima kasih bisa diungkapkan kepada manusia dan Tuhan. Terima kasih kepada Tuhan untuk mengungkapkan rasa syukur atas anugerah yang diberikannya kepada kita. Terima kasih kepada manusia disampaikan karena mereka sudah memberi kebaikan untuk kita.
26.   Guru menjelaskan saat yang tepat untuk mengucapkan terima kasih di antaranya:
27.   Saat orang lain telah membantu.
28.   Saat orang lain mengucapkan selamat atas prestasi yang telah kita capai.
29.   Saat orang lain memuji kita (intinya saat orang lain berbuat baik pada kita).
30.   Guru memberikan contoh situasi kepada siswa, misalnya salah satu siswa membantu saat siswa lain jatuh dari sepeda.
31.   Siswa mendengarkan penjelasan cara mempraktikkan berterima kasih.
32.   Siswa berpasangan untuk bermain peran.
33.   Siswa pertama membantu sesuatu/memberikan pujian/ kebaikan lainnya. Siswa kedua mengucapkan terima kasih.
34.   Kegiatan selanjutnya bertukar peran, siswa kedua melakukan sesuatu untuk siswa pertama, siswa pertama mengucapkan terima kasih.
35.   Kegiatan dilakukan beberapa kali dengan pasangan yang berbeda-beda.
36.   Siswa diajak menyanyikan lagu Terima Kasih Guruku mengikuti guru.
37.   Selanjutnya siswa diminta mengamati gambar yang ada pada buku siswa dan diminta untuk memilih gambar yang menunjukkan sikap baik.

1.      Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.      Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.      Software Pengajaran  kelas 1 SD/MI dari JGC.
4.      Software Pengajaran  Penjaskes SD/MI dari JGC.
5.      Gambar dari Google.com
6.      Video dari youtobe.com.
7.      Sepatu dan baju olahraga.


Pembelajaran 5
PJOK
3.1    Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.1    Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

Matematika
3.11 Membandingkan dengan memperkirakan panjang suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih panjang, lebih pendek)
4.9 Mengumpulkan dan mengelola data pokok kategorikal dan menyajikannya dalam grafik konkrit dan piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu horizontal

SBdP
     3.2 Mengenal pola irama lagu bervariasi menggunakan alat masuk ritmis
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan  berlatih memahami isi lagu



1.        Mengidentifikasi macam-macam gerak dasar lokomotor
2.        Melakukan gerak lompat jauh
3.        Mempraktikkan gerak lokomotor



















1.        Mengidentifikasi benda berdasarkan panjang pendeknya
2.        Mengukur jarak lompatan dengan menggunakan alat ukur tidak baku
3.        Mengumpulkan informasi dalam bentuk tabel








1.        Mengidentifikasi syair sebuah lagu bertema
2.        Menyanyikan lagu bertema olahraga







1.     Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kegiatan yang akan dilakukan dan mempersiapkan diri.
2.     Siswa diminta mengenakan pakaian olahraga, membawa buku siswa, dan alat tulis.
3.     Setelah siswa siap, guru mengajak siswa ke halaman/lapangan sekolah.
4.     Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok.
5.     Siswa menyimak teks yang dibacakan guru dan penjelasan kegiatan.
6.     Siswa mendengarkan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan, yaitu sebagai berikut:
•       Siswa melompat mulai dari garis awal yang telah ditentukan.
•       Semua siswa mengamati lompatan temantemannya.
•       Tempat siswa mendarat diberi tanda dengan kapur tulis atau kayu (jika dilakukan di lapangan tanah), lalu diukur dengan menggunakan tali rafia.
•       Semua anggota kelompok mendapat kesempatan melakukan hal yang sama masing-masing satu kali lompatan.
•       Semua anggota kelompok membandingkan jarak lompatan dengan bantuan tali rafia.
7.     Dengan bimbingan guru, siswa mengisi tabel hasil pengamatan yang ada pada buku siswa.
8.     Siswa melakukan satu kali lagi lompatan dan menuliskan hasil pengamatannya.
9.     Guru dan siswa mendiskusikan hasil pengamatan kegiatan lompat jauh.
10.   Siswa menyimpulkan bahwa alat ukur tidak baku dapat membantu pengukuran yang hasilnya berbedabeda.
11.   Guru membacakan pertanyaan pada buku siswa dan siswa menuliskan jawabannya dengan bahasa sederhana.
12.   Siswa menuliskan jawaban dari pertanyaan bacaan di buku siswa.
13.   Usai mempergakan latihan, siswa mengamati teks lagu Basri Jago Kasti dengan bantuan guru.
14.   Siswa mengidentifikasi apa saja yang dilakukan dalam permainan kasti berdasarkan teks lagu.
15.   Guru menyanyikanlagu Basri Jago Kasti.
16.   Siswa menyanyikan lagu bersama-sama dengan bantuan guru.
17.   Siswa dibagi menjadi empat kelompok.
18.   Siswa mendengarkan penjelasan tentang kegiatan menyambungkan lagu. Berikut ini adalah aturannya.
•       Setiap kelompok secara bergiliran menyanyikan sebaris lagu.

•       Guru menunjuk kelompok yang pertama kali menyanyikan baris pertama lagu.
•       Guru akan menunjuk kelompok menyanyikan lagu secara acak.
•       Setiap kelompok diharapkan selalu dalam keadaan siap.
19.   Pada akhir kegiatan setiap kelompok maju ke depan kelas untuk menyanyikan lagu.
20.   Kegiatan ditutup dengan mengucap janji bersama untuk giat berolahraga agar badan sehat.
1.      Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.      Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.      Software Pengajaran  kelas 1 SD/MI dari JGC.
4.      Software Pengajaran  Penjaskes SD/MI dari JGC.
5.      Gambar dari Google.com
6.      Video dari youtobe.com.
7.      Kapur tulis/kayu, Teks lagu Basri Jago Kasti


Pembelajaran 6
Bahasa Indonesia
3.2    Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan  dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.2    Mempraktikkan teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

Matematika
3.1    Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar  rumah, sekolah, atau tempat bermain.
4.1    Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya






PJOK
3.1    Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
3.3    Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah,ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
4.1    Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional


4.3    Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional


























PPKn
3.2    Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2    Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah



1.        Mengidentifikas teks arahan an kebugaran tubuh
2.        Menerapkan teks arahan tentang pemeliharaan kebugaran tubuh




















1.        Menghitung benda-benda dari 1 – 20
2.        Menyelesaikan operasi penjumlahan
3.        Membuat kalimat matematika dari suatu masalah yang dihadapi seharihari

















1.        Mengidentifikasi gerak lokomotor
2.        Mengidentifikasi gerak manipulatif
3.        Mempraktikkan gerak lokomotor
4.        Mempraktikkan gerak manipulatif


























































1.        Menjelaskan tata tertib permainan
2.        Mengikuti aturan dalam permainan kasti

1.     Siswa menyimak wacana yang dibacakan guru.
2.     Siswa menjawab pertanyaan guru tentang isi teks.
3.     Siswa membaca nyaring teks deskriptif tentang permainan kasti.
4.     Siswa menjelaskan aturan bermain kasti.
5.     Berikut ini adalah prosedur permainan kasti.
•       Siswa dibagi menjadi dua kelompok atau empat kelompok (sesuai dengan jumlah siswa dalam satu kelas).
•       Guru mengundi untuk menentukan kelompok mana yang mendapat giliran pertama melakukan pemukulan bola.

•       Jika empat kelompok, dibuat dua grup. Ada dua kelompok yang melakukan permainan pertama dandua kelompok mendapat giliran kedua.
•       Misalnya, ada dua kelompok masing-masing terdiri atas sepuluh orang.
•       Kelompok yang mendapat giliran memukul pertama kali bersiap di lapangan pada posisi masing-masing.
•       Tempat-tempat yang menjadi tempat pemberhentian sudah ditentukan. Jumlahnya tergantung banyaknya pemain dalam satu kelompok.
•       Jika satu kelompok ada sepuluh orang, kelompok yang tidak memukul bola harus berada pada posisi pemukul bola, penangkap bola, siswanya delapan orang menjaga tempat pemberhentian sebanyak delapan tempat.
•       Kelompok yang memukul bola secara bergiliran akan memukul bola.
•       Pemain pertama memukul bola. Ia harus lari ke tempat pemberhentian pertama. Jika penangkap bola belum berhasil menangkap bola ia bisa berlari ketempat pemberhentian selanjutnya. Berikutnya pemukul kedua melakukan hal yang sama dengan pemukul pertama.
•       Jika penangkap bola berhasil menangkap bola lalu melemparkan bola itu mengenai pemain pertama/ kedua, kelompok yang memukul bola beralih posisi menjadi kelompok pelempar bola.
•       Jika anggota kelompok berhasil ke tempat memukul bola tanpa kena bola yang dilempar tim lawan, kelompok itu mendapatkan skor.
•       Permainan berakhir berdasarkan waktu yang telah ditentukan
6.     Pada akhir permainan, guru menjelaskan pentingnya bekerja sama dalam sebuah tim. Ketua tim memegang peranan untuk mengatur posisi anggotanya sesuai dengan kelebihan dan kelemahan yang dimiliki anggotanya. Seluruh anggota tim harus percaya pada ketua tim sehingga tim dapat bermain secara efektif dan memenangkan pertandingan.
7.     Siswa mendengarkan pentingnya sportivitas. Berani mengakui kekalahan dan mengapresiasi kemenangan lawan.
8.     Guru berperan untuk mengingatkan tim yang kalah dan tim yang menang bahwa ini hanya permainan olahraga untuk kesehatan tubuh dan kebersamaan.

9.     Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang tertera di buku siswa.
10.   Usai praktek bermain kasti, siswa mengamati kembali gambar lapangan kasti yang tertera di buku.
11.   Siswa mengobservasi jumlah pemain kasti yang berada di dalam lapangan.
12.   Siswa mengobservasi jumlah pemain kasti yang mengenakan kaos merah.
13.   Siswa menjumlahkan total pemain kasti yang ada di dalam dan di luar lapangan.
14.   Setelah melakukan observasi, siswa mengingat kembali nama-nama alat olahraga sambil belajar penjumlahan.
15.   Siswa mengamati gambar alat-alat olahraga, menyebutkannya lagi dan menghitung jumlahnya dengan menggunakan bilangan 6-10.
16.   Siswa kembalimengamati gambar alat-alat olahraga dan berlatih melakukan operasi penjumlahan.
17.   Usai mengerjakan penjumlahan, siswa mengamati gambar dan membuat kalimat matematika.









18.   Siswa diminta untuk mengerjakan worksheet pada buku layihan.
19.   Kegiatan ditutup dengan kesepakatan untuk menjunjung sikap tertib dalam mengikuti aturan.
1.      Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.      Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.      Software Pengajaran  kelas 1 SD/MI dari JGC.
4.      Software Pengajaran  Penjaskes SD/MI dari JGC.

5.      Gambar dari Google.com
6.      Video dari youtobe.com.
7.      Pemukul kasti, Bola kasti, Kertas (potongan kertas berukuran 10 cm x 10 cm).






Mengetahui
Kepala Sekolah,


SARIMIN SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
                                    Pangkalan Balai,   Juni 2016
Guru Kelas 1  ,


NURSIDAH,  S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005




Post a Comment for "RPP K13 Terbaru Aku Berolahraga Tema 2"