RPP K13 Revisi Keluargaku Kelas 1 SD
MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN
No.5 Banyuasin III
Kelas / Semester : 1 /1
Tema 4 :
Keluargaku
Sub Tema 1 : Anggota
Keluargaku (Keluarga yang Bahagia)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1
Hari
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI
DASAR
Bahasa
Indonesia
3.4.
Mengenal teks cerita
diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman
4.4.
Menyampaikan teks cerita diri
atau personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
SBDP
3.2 Mengenal
pola irama lagu bervariasi menggunakan alat musik ritmis.
3.4 Mengamati
berbagai bahan, alat serta fungsinya dalam membuat prakarya.
4.7. Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih
memahami isi lagu
4.13.
Membuat karya kreatif dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat, menggunting dan
menempel
C.
INDIKATOR
Bahasa
Indonesia
·
Mengidentifikasi
anggota keluarga berdasarkan teks deskriptif yang dibaca.
·
Menyebutkan
anggota keluarga sesuai dengan teks deskriptif yang dibaca.
·
Membaca
teks deskriptif tentang anggota keluarga
·
Menceritakan
identitas anggota keluarga.
SBDP
·
Bertepuk
tangan sesuai irama lagu Satu-Satu Aku Sayang Ibu
·
Menyebutkan
alat dan bahan yang digunakan untuk menghias foto keluarga.
·
Menyanyikan
lagu Satu-Satu Aku Sayang Ibu.
·
Membingkai
foto keluarga dengan kegiatan menempel.
D. TUJUAN
Tujuan
pembelajaran:
1. Dengan mendengarkan
contoh yang diberikan guru, siswa dapat membaca teks deskriptif tentang anggota
keluarga dengan lancar.
2. Dengan mengamati
teks, siswa dapat menyebutkan anggota keluarga sesuai teks deskriptif yang
dibaca.
3. Dengan menjawab
pertanyaan dari teks deskriptif, siswa dapat mengidentifikasi anggota keluarga
dengan benar.
4. Dengan mengamati
contoh, siswa dapat menceritakan identitas minimal dua orang anggota keluarga
dengan benar.
5. Dengan membaca teks
lagu, siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai lirik lagu.
6. Dengan membaca teks,
siswa dapat menghafal lirik lagu dengan benar.
7. Dengan mengamati
contoh, siswa dapat menyanyikan lagu Satu Satu Aku Sayang Ibu dengan lancar.
8. Dengan mendengar
penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan alat dan bahan yang digunakan untuk
membuat hiasan foto keluarga dengan benar.
9. Dengan mengamati contoh, siswa dapat membuat
hiasan foto keluarga dengan benar.
MATERI
1. Bernyanyi dan Mendengarkan Cerita tentang
Keluargaku
2. Berkreasi Menghias Bingkai Foto Keluargaku
E.
PENDEKATAN
& METODE
- Pendekatan : Scientific
- Strategi : Cooperative Learning
- Teknik : Example Non Example
- Metode : Penugasan, Tanya Jawab,
Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
Pembacaan Teks Pancasila.
2.
Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
4.
Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5.
Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta
menyapa anak.
6.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
1. Guru membuka
pelajaran dan mengingatkan siswa mengenai
anggota keluarga.
2. Siswa diminta
membaca teks yang ada pada buku tentang
Keluarga Udin.
3. Siswa
memperhatikan informasi guru, bahwa kasih sayang
antarkeluarga sangatlah indah dan Tuhan selalu
sayang kepada hambanya.
4. Siswa
mendengarkan guru membaca dan menyanyikan
“Satu Satu Aku Sayang Ibu”.
5. Siswa diminta
menyanyikan lagu “Satu Satu Aku Sayang
Ibu” (teks lagu terlampir).
6. Siswa diminta menjawab
pertanyaan, siapakah yang dimaksud
dengan ibu, ayah, adik, dan kakak?
7. Siswa
memperhatikan cerita dari buku dengan tema “Sayang
Keluarga”.
8. Siswa diminta
menjawab, apakah mereka tahu siapa saja
anggota keluarga mereka?
9. Siswa diminta
menyebutkan anggota keluarga dengan cara
menjawab pertanyaan yang ada pada buku.
10. Minta beberapa
siswa untuk menceritakan mengenai
anggota keluarga mereka, yaitu nama dan pekerjaannya/sekolahnya.
11. Sambil
bercerita siswa dapat menggunakan foto keluarga
yang telah dibawa dari rumah (hari sebelumnya
siswa diminta untuk membawa foto keluarga).
12. Ajak siswa
untuk menyebutkan banyak anggota keluarga
mereka.
13. Minta siswa
untuk bertukar cerita dengan teman sebangku
mengenai siapa saja anggota keluarga mereka.
14. Selesai
bertukar cerita dengan teman, minta siswa untuk menempelkan foto keluarga mereka di buku siswa.
15. Siswa
mendengarkan penjelasan guru mengenai alat, bahan, dan cara menghias foto keluarga menggunakan media yang
telah disediakan guru.
16. Siswa menghias
foto keluarga sesuai instruksi guru.
17. Setelah
selesai siswa diminta untuk mengerjakan worksheet.
|
150
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
1.
Siswa
melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.
Siswa
menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami,
serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.
Guru mengajak
siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban
mereka.
4.
Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan
menambahkan informasi dari siswa lainnya.
5.
Guru
menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a
penutup.
|
15
menit
|
G.
SUMBER
DAN MEDIA
1.
Diri
anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.
Buku
Pedoman Guru Tema 4 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.
Buku
Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.
4.
Software
Pengajaran Kelas 1 SDN BETET 3 dari JGC
5.
Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang
Anggota Keluargaku.
6.
Buku
cerita bertema Sayang Keluarga
7.
Foto
keluarga (minta pada siswa untuk membawa foto keluarga sehari sebelum pelaksanaan kegiatan pembelajaran).
8.
Media
untuk menghias seperti biji-bijian kering (kacang hijau, kacang kedelai, kacang
tanah, biji jagung, pensil warna, dan sebagainya).
H.
PENILAIAN
1.
Prosedur
Penilaian
2.
Penilain
Proses
·
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan
awal sampai dengan kegiatan akhir.
3.
Penilaian
Hasil Belajar
·
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.
Instrumen
Penilaian
5.
Penilaian
Proses
·
Penilaian
Kinerja.
·
Penilaian
Produk.
6.
Penilaian
Hasil Belajar
·
Pilihan
ganda.
·
Isian
singkat.
·
Esai
atau uraian.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
SARIMIN
SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
|
Pangkalan Balai,
Juni 2016
Guru Kelas 1
,
NURSIDAH, S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005
|
MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN No.5
Banyuasin III
Kelas / Semester : 1 /1
Tema 4
: Keluargaku
Sub Tema 1 : Anggota Keluargaku (Keluarga yang Bahagia)
Pembelajaran ke
: 2
Alokasi waktu
: 1 Hari
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI
DASAR
Bahasa
Indonesia
3.3. Mengenal teks terima kasih tentang kasih sayang
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman
4.3 Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap
kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
PPKn
3.4 Mengenal
arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
4.3.
Mengamati dan menceritakan kebersamaan
dalam keberagaman di rumah dan sekolah
SBDP
3.2 Mengenal
pola irama lagu bervariasi menggunakan alat musik ritmis.
3.1 Mengenal
cara dan hasil karya seni ekspresi.
4.1.
Menggambar ekspresi dengan mengolah
garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil
pengamatan di lingkungan sekitar
4.5.Menyanyikan lagu anak-anak dan
memperagakan tepuk birama dengan gerak
C. INDIKATOR
Bahasa
Indonesia
•
Menemukan
kalimat yang menjelaskan sikap kasih sayang dalam keluarga.
•
Membaca
teks terima kasih mengenai kasih sayang dalam keluarga.
•
Bermain
peran mengenai cara mengucapkan terima kasih atas sikap kasih sayang dalam
keluarga.
PPKn
·
Menyebutkan
contoh kegiatan saling membantu dalam keluarga
·
Menceritakan
kebersamaan dalam keluarga dengan sikap saling membantu antar anggota keluarga
melalui kegiatan bermain peran.
SBDP
·
Mengidentifikasi
jenis tepuk tangan yang sesuai dengan irama lagu Ruri Abangku.
·
Menyebutkan
jenis garis.
·
Menjelaskan
cara menggambar lurus dan garis lengkung.
·
Menggambar
garis lurus.
·
menggambar
garis lengkung.
·
Menyanyikan
lagu Ruri Abangku diiringi tepuk tangan sesuai dengan irama lagu.
D.
TUJUAN
Tujuan
pembelajaran:
1. Dengan membaca teks terima kasih tentang sikap
kasih sayang, siswa dapat menemukan kalimat yang menjelaskan sikap kasih sayang
sesuai teks dengan benar.
2. Dengan memperhatikan contoh, siswa dapat
membaca teks terima kasih dengan lancar.
3. Dengan mengamati contoh, siswa dapat bermain
peran tentang sikap kasih sayang dalam keluarga dengan baik.
4. Dengan membaca teks, siswa dapat menyebutkan
minimal dua kegiatan saling membantu dalam keluarga dengan benar.
5. Dengan memperhatikan contoh, siswa dapat
menceritakan sikap saling bantu dalam keluarga melalui kegiatan bermain peran
dengan baik.
6. Dengan mengamati contoh yang disampaikan guru,
siswa dapat bertepuk tangan sesuai dengan irama lagu Ruri Abangku.
7. Dengan mengamati penjelasan guru, siswa dapat
membedakan garis lengkung dan garis lurus dengan benar.
8. Dengan mendengar penjelasan guru, siswa dapat
menjelaskan cara menggambar garis lurus dan garis lengkung dengan benar.
9. Dengan mengamati contoh, siswa dapat
menggambar garis lurus dengan benar.
10. Dengan mengamati contoh, siswa dapat menggambar
garis lengkung dengan benar.
11. Dengan mengamati contoh, siswa dapat
menyanyikan lagu dengan baik.
12. Dengan mengamati contoh, siswa dapat
memperagakan tepuk birama dengan baik.
MATERI
1. Bernyanyi untuk Mengenal Kegiatan Anggota
Keluarga
2. Mengenal
Bentuk Garis Datar dan Lengkung melalui Gambar keluarga
E.
PENDEKATAN
& METODE
- Pendekatan : Scientific
- Strategi : Cooperative Learning
- Teknik : Example Non Example
- Metode : Penugasan, Tanya Jawab,
Diskusi dan Ceramah
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
Pembacaan Teks Pancasila.
2.
Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
4.
Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5.
Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta
menyapa anak.
6.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Siswa mendengarkan
penjelasan guru tentang kata panggilan
untuk kakak atau orang yang lebih tua.
2. Siswa
memperhatikan guru menyanyikan lagu “Ruli Abangku”
serta cara bergerak sesuai birama.
3. Siswa
menyanyikan lagu “Ruli Abangku” dan belatih bersama-sama.
4. Siswa secara
berkelompok diberi kesempatan untuk menyanyi
lagu yang telah diperkenalkan dengan diiringi
tepuk birama.
5. Siswa dan guru
membahas teks sederhana yang terdapat
pada buku siswa.
6. Siswa diminta
menceritakan kebiasaan yang dilakukan anggota
keluarga mereka di rumah.
7. Siswa diminta
mendiskusikan sikap-sikap yang harus dikembangkan
bersama keluarga di rumah, yaitu berterima
kasih melalui kegiatan bermain peran yang ada
di buku siswa.
8. Siswa mengamati guru yang sedang
memperagakan percakapan dengan salah seorang siswa.
9. Minta siswa
secara berkelompok mencoba memperagakan
percakapan.
10. Siswa diminta
menuliskan kegiatan membantu keluarga
yang pernah dilakukannya.
11. Siswa
memperhatikan penjelasan guru bahwa setiap anggota
keluarga memiliki kebiasaan dan rutinitas yang
berbeda-beda, misalkan ayah pergi bekerja/ membaca
buku, ibu menjahit baju/mendampingi Udin
yang sedang menggambar, dan kakak berangkat ke
sekolah/kakak sedang belajar.
12. Guru
menyiapkan satu karton besar bertuliskan anggota
keluarga dan kegiatannya.
13. Guru menunjukkan gambar-gambar berbagai pekerjaan
atau kegiatan anggota keluarga.
14. Guru
menunjukkan gambar keluarga pada seluruh siswa
dan bertanya, “Apakah anggota keluarga kalian di
rumah melakukan hal yang sama?”
15. Siswa diminta
tunjuk tangan jika ingin menjawab dan boleh
menjawab jika sudah dipersilakan oleh guru.
16. Tunjuk satu
orang siswa, minta siswa memasangkan kartu anggota keluarga dan kegiatannya, kemudian menempelkan
kartu di karton yang sudah disediakan.
17. Lakukan sampai
seluruh siswa memperoleh kesempatan untuk menjawab dan kartu
habis.
18. Siswa
menyimpulkan bahwa anggota keluarga memiliki kebiasaan dan kegiatan yang berbeda-beda. Pentingnya saling
memahami, membantu dan memupuk sikap
kasih sayang antarkeluarga agar terjalin keru
19. Kegiatan
dilanjutkan dengan mengajak siswa berlatih mewarnai gambar keluarga.
20. Guru memulai
dengan mengatakan bahwa Tuhan Maha Indah dengan menciptakan bermacam-macam warna.
21. Guru membahas berbagai
jenis warna yang sudah diketahui siswa dan menambahkan warna-warna sekunder.
22. Guru juga
membahas dan menjelaskan penggunaan garis lengkung dan garis datar pada sebuah gambar.
23. Minta siswa
untuk menebalkan gambar keluarga pada buku siswa dengan memperhatikan
penggunaan warna dan bentuk garis lalu menceritakannya di depan kelas.
24. Siswa
memperhatikan penjelasan guru bahwa memiliki keluarga merupakan anugerah yang harus disyukuri sebagai
bentuk rasa terima kasih kita pada Tuhan YME
yang telah menciptakan keluarga untuk kita.
|
150
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
1.
Siswa
melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.
Siswa
menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami,
serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.
Guru mengajak
siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban
mereka.
4.
Guru
memberikan pekerjaan rumah untuk mengerjakan worksheet.
5.
Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan
menambahkan informasi dari siswa lainnya.
6.
Guru
menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
Kegiatan
Bersama Orang tua:
·
Orang tua
membimbing siswa untuk mencampur warna menggunakan pewarna alami, seperti
kunyit dan daun pandan.
|
15
menit
|
G.
SUMBER
DAN MEDIA
1.
Diri
anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.
Buku
Pedoman Guru Tema 4 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.
Buku
Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.
4.
Software
Pengajaran Kelas 1 SDN BETET 3 dari JGC :
5.
Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang
Anggota Keluargaku.
6.
Kartu
bergambar dan bertuliskan anggota keluarga dan kegiatan sehari-hari.
7.
Buku
cerita anak tentang keluarga.
8.
Karton
besar ukuran 100 cm x 100 cm.
H.
PENILAIAN
1.
Prosedur
Penilaian
2.
Penilain
Proses
·
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan
awal sampai dengan kegiatan akhir.
3.
Penilaian
Hasil Belajar
·
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.
Instrumen
Penilaian
5.
Penilaian
Proses
·
Penilaian
Kinerja.
·
Penilaian
Produk.
6.
Penilaian
Hasil Belajar
·
Pilihan
ganda.
·
Isian
singkat.
·
Esai
atau uraian.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
SARIMIN
SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
|
Pangkalan Balai,
Juni 2016
Guru Kelas 1
,
NURSIDAH, S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005
|
MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN No.5
Banyasin III
Kelas / Semester : 1 /1
Tema 4
: Keluargaku
Sub Tema 1 : Anggota Keluargaku (Keluarga yang Bahagia)
Pembelajaran ke
: 3
Alokasi waktu
: 1 Hari
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Bahasa
Indonesia
3.4
Mengenal
teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.4 Menyampaikan
teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah
untuk membantu penyajian
PJOK
3.6
Mengetahui
konsep penggunaan pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan
irama (ketukan) tanpa/ dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6
Mempraktikkan
penggunaan pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama
(ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak rimtik.
Matematika
3.2
Mengenal
bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
rumah, sekolah, atau tempat bermain.
4.3
Mengemukakan
kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan
penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari serta
memeriksa kebenarannya.
C. INDIKATOR
Bahasa
Indonesia
•
Menjawab
pertanyaan tentang kegiatan keluarga sesuai teks yang dibaca.• Bercerita
tentang kesukaan anggota keluarga.
PJOK
·
Mengidentifikasi
gerak lokomotor dan non lokomotor yang ada pada gerakan senam.
·
Mempraktikkan
gerakan lokomotor dan non lokomotor pada gerakan senam.
Matematika
- Membilang dari 11 sampai dengan 20 menggunakan
benda-benda yang ada di sekitar
- Menyelesaikan soal penjumlahan yang berkaitan
dengan kehidupan sehari-hari.
D.
TUJUAN
Tujuan
pembelajaran:
1. Dengan mendengarkan
cerita yang dibacakan guru, siswa dapat menyebutkan pesan sesuai isi teks.
2. Dengan mendengarkan
cerita yang dibacakan guru, siswa dapat menceritakan kembali sesuai teks.
3. Dengan mengamati
contoh, siswa dapat mengidentifikasi gerakan lokomotor dan non lokomotor pada
gerakan senam dengan benar.
4. Dengan mengamati
contoh, siswa dapat mempraktikkan gerak lokomotor dan non lokomotor pada
gerakan senam dengan benar.
5. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menentukan
banyak bilangan 11 sampai dengan 20 dengan benar.
6. Dengan mengamati contoh, siswa dapat
menyelesaikan soal penjumlahan dengan benar.
MATERI
1. Melakukan Senam Irama dan Bercerita
2. Berlatih Penjumlahan bersama Keluarga
E.
PENDEKATAN
& METODE
- Pendekatan : Scientific
- Strategi : Cooperative Learning
- Teknik : Example Non Example
- Metode : Penugasan, Tanya Jawab,
Diskusi dan Ceramah
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
Pembacaan Teks Pancasila.
2.
Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
4.
Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5.
Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta
menyapa anak.
6.
Menyampaikan tujuan
pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
1. Siswa menyimak
informasi bahwa setiap anggota keluarga
mempunyai kesukaan bermain olahraga yang
berbeda.
2. Siswa diminta
menjawab apakah ada yang tahu olahraga
kesukaan anggota keluarganya (misal ayah, ibu,
kakak, dan adik).
3. Siswa diminta
menjawab apakah mereka pernah melakukan
kegiatan olahraga bersama keluarga?
4. Siswa diberi
pertanyaan, di manakah mereka biasa melakukan
kegiatan berolahraga?
5. Setelah tanya
jawab, guru mengajak siswa ke lapangan
untuk melakukan kegiatan senam irama dengan
diiringi lagu senam irama.
6. Selesai
berolahraga, guru mengajak siswa untuk melakukan
pendinginan lalu kembali ke kelas.
7. Siswa diminta
membuka buku siswa.
8. Siswa
memperhatikan guru membaca teks di buku siswa.
9. Selesai
membaca, siswa diminta menyebutkan pesanyang berkaitan dengan teks tersebut.
10. Siswa diminta
untuk menceritakan kembali apa yang telah dibacakan guru dengan menggunakan bahasa mereka sendiri.
11. Siswa diminta
menceritakan kesukaan dari masing-masing anggota keluarga.
12. Siswa diminta
menyatakan bilangan yang sesuai dengan banyak kelompok benda.
13. Siswa diberi
soal-soal penjumlahan yang berkaitan dengan banyak anggota keluarga.
|
150
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
1.
Siswa
melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.
Siswa
menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami,
serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.
Guru mengajak
siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban
mereka.
4.
Guru
memberikan pekerjaan rumah untuk mengerjakan worksheet.
5.
Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan
menambahkan informasi dari siswa lainnya.
6.
Guru menyampaikan
pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a
penutup.
Kegiatan
bersama orang tua:
·
Orang tua
membantu siswa berlatih penjumlahan matematika menggunakan cerita.
|
15
menit
|
G.
SUMBER
DAN MEDIA
1.
Diri
anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.
Buku
Pedoman Guru Tema 4 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.
Buku
Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.
4.
Software
Pengajaran Kelas 1 SDN BETET 3 dari JGC
5.
Software Pengajaran
Penjaskes SDN BETET 3 dari JGC.
6.
Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang
Anggota Keluargaku.
7.
Kaset/CD
senam irama, Radio/alat pemutar kaset/CD, Boneka jari atau wayang kecil untuk
alat peraga mendongeng, Gambar sebuah keluarga yang berkumpul bersama dalam
sebuah rumah
H.
PENILAIAN
1.
Prosedur
Penilaian
2.
Penilain
Proses
·
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan
awal sampai dengan kegiatan akhir.
3.
Penilaian
Hasil Belajar
·
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.
Instrumen
Penilaian
5.
Penilaian
Proses
·
Penilaian
Kinerja.
·
Penilaian
Produk.
6.
Penilaian
Hasil Belajar
·
Pilihan
ganda.
·
Isian
singkat.
·
Esai
atau uraian.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
SARIMIN
SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
|
Pangkalan Balai,
Juni 2016
Guru Kelas 1
,
NURSIDAH, S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005
|
MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN No.5
Banyuasin III
Kelas / Semester : 1 /1
Tema 4
: Keluargaku
Sub Tema 1 : Anggota Keluargaku (Keluarga yang Bahagia)
Pembelajaran ke
: 4
Alokasi waktu
: 1 Hari
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Bahasa
Indonesia
4.5
Membuat teks diagram/label tentang anggota keluarga dan kerabat secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian.
3.5.
Mengenal teks diagram/label tentang anggota keluarga dan kerabat dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman
PPKn
3.2.
Mengenal tata tertib dan aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2
Melaksanakan
tata tertib di rumah dan sekolah
Matematika
3.2 Mengenal
bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
rumah, sekolah, atau tempat bermain.
4.3 Mengemukakan
kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan
penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari serta
memeriksa kebenarannya.
C.
INDIKATOR
Bahasa
Indonesia
·
Menyebutkan
kedudukan anggota keluarga sesuai teks diagram yang dibaca
·
Membuat
teks diagram/label tentang anggota keluarga
PPKn
·
Mengidentifikasi
peraturan yang ada di rumah.
·
Mensimulasikan
kegiatan yang termasuk mentaati peraturan di rumah melalui kegiatan bermain
peran.
Matematika
·
Menunjukkan
banyak bilangan 11 sampai 20
·
Menyelesaikan
soal cerita penjumlahan dengan hasil maksimal 20
D.
TUJUAN
Tujuan
pembelajaran:
1. Dengan mengamati teks diagram, siswa dapat
menyebutkan kedudukan anggota keluarga dengan benar.
2. Dengan mengamati contoh, siswa dapat membuat
sisilah keluarga dengan benar.
3. Dengan mengamati teks percakapan, siswa dapat
menyebutkan tiga contoh peraturan yang ada di rumah dengan benar.
4. Dengan mengamati teks, siswa dapat
mensimulasikan satu kegiatan mentaati peraturan rumah melalui kegiatan bermain
peran dengan benar.
5. Dengan menggunakan benda-benda di sekitar,
siswa dapat menentukan banyaknya bilangan 11 sampai dengan 20 dengan benar.
6. Dengan mendengar penjelasan guru, siswa dapat
menyelesaikan soal cerita penjumlahan dengan benar.
E.
MATERI
1. Berkreasi Membuat Silsilah Keluarga
2. Berhitung sambil Membantu Ibu
F.
PENDEKATAN
& METODE
- Pendekatan : Scientific
- Strategi : Cooperative Learning
- Teknik : Example Non Example
- Metode : Penugasan, Tanya Jawab,
Diskusi dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
Pembacaan Teks Pancasila.
2.
Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
4.
Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5.
Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta
menyapa anak.
6.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
1. Siswa
memperhatikan sebuah gambar silsilah keluarga
dan menjelaskan maksud dari isi gambar.
2. Siswa diminta
menyusun silsilah keluarga dan menuliskannya
pada lembar buku siswa.
3. Siswa
menggambar profil keluarga di kertas kosong lalu digunting dan ditempel di
silsilah keluarga.
4. Siswa menghias
dan mewarnai menggunakan media yang disediakan.
5. Siswa berlatih
menentukan kedudukan anggota keluarga
dalam silsilah keluarga.
6. Dengan melihat
silsilah keluarga kita dapat mengetahui
siapa yang lebih muda dan tua.
7. Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang pentingnya
menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi
yang lebih muda.
8. Siswa
mendengarkan cerita mengenai peraturan yang
diterapkan di dalam keluarga.
9. Siswa diberi
pertanyaan apakah mereka memiliki peraturan yang sama seperti yang dilakukan oleh guru di rumah.
10. Siswa diminta
membaca teks di buku siswa.
11. Siswa
memerankan teks percakapan di buku siswa.
12. Siswa
menuliskan contoh peraturan yang ada di sekolah.
13. Siswa
memperhatikan informasi bahwa membantu ibu merupakan salah satu peraturan di dalam keluarga.
14. Siswa
mengerjakan latihan soal cerita di buku siswa.
|
150
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
1.
Siswa
melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.
Siswa
menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami,
serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.
Guru mengajak
siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban
mereka.
4.
Siswa diberikan
pekerjaan rumah untuk mengerjakan worksheet.
5.
Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan
menambahkan informasi dari siswa lainnya.
6.
Guru
menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a
penutup.
Kegiatan
bersama orang tua:
·
Siswa bekerja
sama dengan anggota keluarga lainnya untuk mempersiapkan makan malam di
rumah.
|
15
menit
|
H.
SUMBER
DAN MEDIA
1.
Diri
anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.
Buku
Pedoman Guru Tema 4 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.
Buku
Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.
4.
Software
Pengajaran Kelas 1 SDN BETET 3 dari JGC
5.
Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang
Anggota Keluargaku.
6.
Contoh
gambar silsilah keluarga inti.
7.
Foto
keluarga (jika memungkinkan).
I.
PENILAIAN
1.
Prosedur
Penilaian
2.
Penilain
Proses
·
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan
awal sampai dengan kegiatan akhir.
3.
Penilaian
Hasil Belajar
·
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.
Instrumen
Penilaian
5.
Penilaian
Proses
·
Penilaian
Kinerja.
·
Penilaian
Produk.
6.
Penilaian
Hasil Belajar
·
Pilihan
ganda.
·
Isian
singkat.
·
Esai
atau uraian.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
SARIMIN
SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
|
Pangkalan Balai,
Juni 2016
Guru Kelas 1
,
NURSIDAH, S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005
|
MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN No.5
Banyuasin III
Kelas / Semester : 1 /1
Tema 4
: Keluargaku
Sub Tema 1
: Anggota Keluargaku (Keluarga
yang Bahagia)
Pembelajaran ke
: 5
Alokasi
waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI
DASAR
Bahasa
Indonesia
3.4.
Mengenal teks cerita diri/personal
tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru
atau teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman
4.4
Menyampaikan teks cerita diri/personal
tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Matematika
3.11
Membandingkan dengan memperkirakan panjang suatu benda menggunakan istilah
sehari-hari (lebih panjang, lebih pendek).
4.8
Mengelompokkan
teman sekelas berdasarkan tinggi badannya.
C.
INDIKATOR
Bahasa
Indonesia
·
Mengidentifikasi
anggota keluarga sesuai teks yang dibaca
·
Menyebutkan
anggota keluarga sesuai teks cerita tentang keberadaan keluarga.
·
Membaca
teks cerita tentang keluarga.
·
Menulis
kosakata anggota keluarga.
·
Menceritakan
kesukaan anggota keluarga.
Matematika
·
Membandingkan
tinggi badan berdasarkan gambar yang diamatinya.
·
Mengurutkan
tinggi badan teman.
D. TUJUAN
Tujuan
pembelajaran:
1. Dengan
mengamati contoh guru membaca teks, siswa dapat membaca dengan lancar.
2. Dengan
membaca, siswa dapat mengidentifikasi anggota keluarga sesuai teks yang
dibacanya.
3. Dengan
memperhatikan contoh, siswa dapat menyebutkan minimal dua nama anggota
keluarga.
4. Dengan
kegiatan diskusi, siswa dapat menceritakan kesukaan anggota keluarga dengan
lancar.
5. Dengan
mengamati contoh, siswa dapat menulis kosakata anggota keluarga dengan rapi.
6. Dengan
mengamati gambar, siswa dapat membandingkan tinggi benda dengan benar.
7. Dengan
mengamati tinggi badan teman, siswa dapat mengurutkan tinggi badan temannya
dengan benar.
E.
MATERI
1. Bercerita tentang Anggota Keluarga
2. Membandingkan
Tinggi Badan Keluarga
F.
PENDEKATAN
& METODE
- Pendekatan : Scientific
- Strategi : Cooperative Learning
- Teknik : Example Non Example
- Metode : Penugasan, Tanya Jawab,
Diskusi dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
Pembacaan Teks Pancasila.
2.
Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
4.
Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5.
Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta
menyapa anak.
6.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
1. Siswa diminta
mempersiapkan foto keluarga yang telah
dibuat pada pembelajaran 1.
2. Siswa
menceritakan nama dan pekerjaan setiap anggota
keluarga.
3. Siswa dapat
juga menceritakan kesukaan setiap anggota
keluarga.
4. Siswa
diperkenalkan dengan kosakata yang berkaitan dengan
keluarga seperti ayah, ibu, kakak, dan adik menggunakan
kartu kosakata.
5. Siswa diajak
bermain “Siapa Nama-nya?”
6. Ketika guru
menunjukkan misalnya kar tu ayah, maka siswa
yang ditunjuk di minta membaca kata yang tertera
dan menyebutkan nama ayahnya.
7. Lakukan
bergantian menggunakan kartu kata yang lainnya
sampai seluruh siswa mendapatkan giliran.
8. Siswa diminta
mewarnai gambar di halaman buku siswa.
9. Siswa berlatih
menuliskan kosakata ayah, ibu, kakak, dan
adik pada buku siswa.
10. Siswa diminta
mengamati gambar keluarga Udin, dan diminta membandingkan tinggi badan anggota keluarganya.
11. Minta dua
orang siswa maju ke depan kelas dan teman lainnya diminta untuk membandingkan tinggi badan kedua teman
yang berdiri di depan kelas.
12. Siswa
dibimbing dalam penggunaan kalimat matematika dalam membandingkan tinggi badan, misalnya Dayu lebih
tinggi dari Lani dan Lani lebih pendek dari Dayu.
13. Lakukan
simulasi berikutnya dengan membandingkan tiga sampai empat orang.
14. Minta siswa
secara berkelompok berlatih membandingkan tinggi dan pendek suatu benda menggunakan benda-benda yang
telah disiapkan oleh guru.
15. Bagilah siswa
menjadi beberapa kelompok (sesuaikan dengan jumlah siswa yang berada di dalam kelas).
16. Siswa bekerja
sama dengan teman kelompoknya untuk membandingkan tinggi benda.
17. Siswa berlatih
membandingkan tinggi anggota keluarga berdasarkan gambar yang ada pada buku siswa.
18. Siswa
menuliskan anggota keluarga yang paling tinggi dan paling pendek.
19. Siswa
mengerjakan worksheet yang telah diperinntahkan oleh guru.
|
150
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
1.
Siswa
melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.
Siswa
menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami,
serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.
Guru mengajak
siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban
mereka.
4.
Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan
menambahkan informasi dari siswa lainnya.
5.
Guru
menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a
penutup.
Kegiatan
Bersama Orang Tua:
·
Mengunjungi
rumah tetangga bersama orang tua untuk melihat anggota keluarga yang terdapat
di rumah tersebut.
|
15
menit
|
H.
SUMBER
DAN MEDIA
1.
Diri
anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.
Buku
Pedoman Guru Tema 4 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.
Buku
Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.
4.
Software
Pengajaran Kelas 1 SDN BETET 3 dari JGC :Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang
Anggota Keluargaku.
5.
Benda-benda
dengan tinggi bervariasi, misalnya botol, celengan berbentuk tabung, toples,
dan vas bunga.
I.
PENILAIAN
1.
Prosedur
Penilaian
2.
Penilain
Proses
·
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan
awal sampai dengan kegiatan akhir.
3.
Penilaian
Hasil Belajar
·
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.
Instrumen
Penilaian
5.
Penilaian
Proses
·
Penilaian
Kinerja.
·
Penilaian
Produk.
6.
Penilaian
Hasil Belajar
·
Pilihan
ganda.
·
Isian
singkat.
·
Esai
atau uraian.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
SARIMIN
SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
|
Pangkalan Balai,
Juni 2016
Guru Kelas 1
,
NURSIDAH, S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005
|
MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN No.5
Banyuasin III
Kelas / Semester : 1 /1
Tema 4
: Keluargaku
Sub Tema 1 : Anggota
Keluargaku (Keluarga yang Bahagia)
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu : 1
Hari
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI
DASAR
Matematika
3.1
Mengenal
lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang
sederhana.
4.3
Mengemukakan
kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan
penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari serta
memeriksa kebenaran.
PJOK
3.1
Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh
yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1.
Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor
yang dilandasi konsep gerak (seperti
konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional
PPKn
3.2.
Mengenal tata tertib dan aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2
Melaksanakan tata tertib di rumah dan
sekolah
C.
INDIKATOR
Matematika
·
Menyebutkan
pasangan bilangan yang menunjukkan bilangan tertentu
·
Menyelesaikan
soal dengan cara mengurai sebuah bilangan sebagai hasil penjumlahan
PJOK
·
Mengidentifikasi
gerakan lokomotor yang ada pada permainan lomba memasangkan angka.
·
Mempraktikkan
lokomotor dalam permainan memasangkan angka.
PPKn
·
Menyebutkan
dua contoh peraturan dalam sebuah permainan.
·
Menyampaikan
pendapat tentang peraturan dalam permainan yang diikutinya
·
Menunjukkan
sikap patuh terhadap peraturan saat mengikuti permainan.
D.
TUJUAN
Tujuan pembelajaran:
1. Dengan mengikuti
permainan, siswa dapat menentukan pasangan bilangan dengan jumlah tertentu
dengan benar.
2. Dengan memperhatikan
contoh, siswa dapat menyelesaikan soal dengan benar.
3. Dengan mendengarkan
penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi gerakan lokomotor yang ada pada
permainan dengan benar.
4. Dengan mengamati contoh, siswa dapat
mempraktikkan gerak lari sebagai gerak lokomotor pada permainan memasangkan
angka dengan benar.
5. Dengan mengamati contoh, siswa dapat
mempraktikkan gerak melompat sebagai gerak lokomotor pada permainan memasangkan
angka dengan benar.
6. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa
dapat menyebutkan kembali peraturan dalam permainan dengan benar.
7. Dengan mengikuti permainan, siswa dapat
menyampaikan pendapat mengenai peraturan dalam permainan yang diikiutinya
dengan percaya diri.
8. Dengan mendengar penjelasan guru, siswa dapat
menunjukkan perilaku patuh pada peraturan yang sudah ditetapkan pada permainan
yang diikutinya dengan baik.
E.
MATERI
1.
Bermain
Mencari Pasangan Angka
2.
Berdiskusi
Mengenai Patuh dan Tertib agar Dapat Meraih Cita-Cita
F.
PENDEKATAN
& METODE
- Pendekatan : Scientific
- Strategi : Cooperative Learning
- Teknik : Example Non Example
- Metode : Penugasan, Tanya Jawab,
Diskusi dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
Pembacaan Teks Pancasila.
2.
Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
4.
Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5.
Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta
menyapa anak.
6.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
1. Siswa
dikelompokkan ke dalam dua kelompok besar dengan nama “Sahabat” dan “Karib”.
2. Setiap
kelompok dibagi lagi menjadi beberapa kelompok kecil, dimana setiap kelompok paling banyak berisi 10
orang.
3. Setiap siswa
dalam kelompok kecil diberi nomor dada 1
sampai 10.
4. Kelompok “Sahabat”
diminta berdiri di sebelah kiri dan
kelompok “Karib” berdiri di sebelah kanan.
5. Buat jarak
antar kelompok sepanjang 4 meter (sesuaikan
dengan lapangan yang akan digunakan) dan
guru berdiri di antara kedua kelompok.
6. Guru
mengangkat sebuah kartu bilangan (misalnya 14).
7. Setiap anggota
kelompok “Sahabat” dan “Karib” berlari
untuk saling mencari dengan menjumlahkan nomor
dadanya hingga berjumlah 14. (Misalnya siswa bernomor
7 dapat berpasangan dengan nomor 7).
8. Siswa yang
sudah menemukan pasangannya, dapat menemui
guru untuk mendapatkan poin (poin dapat berupa
bintang yang ditempel atau stempel bintang).
9. Setelah
mendapatkan poin, siswa dapat kembali ke tempat
semula dengan cara melompat.
10. Jika siswa
tidak berlari saat mencari pasangan dan tidak
melompat saat kembali ke tempat semula, maka tidak
mendapat poin.
11. Lakukan
permainan secara berulang dengan menunjukkan
kartu bilangan yang berbeda.
12. Poin dihitung
pada akhir permainan dan siswa yang mendapatkan
poin tertinggi mendapatkan apresiasi dari
seluruh siswa lainnya.
13. Siswa diminta
saling memberi pertanyaan tentang pasangan
angka.
14. Siswa diminta
mengerjakan latihan soal di buku siswa.
15. Siswa diminta
menjawab, bagaimana perasaan siswa saat harus mengikuti sebuah peraturan?
16. Siswa berlatih
menyampaikan pendapat tentang peraturan dalam permainan tersebut.
17. Sampaikan pada
siswa mengenai pentingnya mematuhi sebuah peraturan dalam menjalankan
kehidupan sehari-hari.
18. Siswa diminta
untuk mengerjakan worksheet pada buku latihan.
|
150
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
1.
Siswa
melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.
Siswa
menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami,
serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.
Guru mengajak
siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban
mereka.
4.
Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan
menambahkan informasi dari siswa lainnya.
5.
Guru
menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a
penutup.
Kegiatan
bersama orang tua:
·
Orang tua
membantu siswa berlatih menemukan bilangan sebagai jumlah dari dua buah
bilangan.
Remedial:
1. Semua siswa peserta remedial dikumpulkan
berdasarkan materi yang akan diremedialkan.
2. Untuk remedial soal cerita penjumlahan dan
pengurangan, siswa diberi soal latihan dan diberi penjelasan terlebih dahulu.
3. Untuk remedial latihan menulis, siswa
dibantu berlatih menulis menggunakan buku bergaris enam dan mengulang cara
penulisan alfabet.
|
15
menit
|
H.
SUMBER
DAN MEDIA
1.
Diri
anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.
Buku
Pedoman Guru Tema 4 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.
Buku
Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.
4.
Software
Pengajaran Kelas 1 SDN BETET 3 dari JGC
5.
Software Pengajaran
Penjaskes SDN BETET 3 dari JGC.
6.
Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang
Anggota Keluargaku.
7.
Kartu
angka 1–10 sebanyak empat set.
8.
Buku
pegangan siswa.
I.
PENILAIAN
1.
Prosedur
Penilaian
2.
Penilain
Proses
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan
awal sampai dengan kegiatan akhir.
3.
Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.
Instrumen
Penilaian
5.
Penilaian
Proses
·
Penilaian
Kinerja.
·
Penilaian
Produk.
6.
Penilaian
Hasil Belajar
·
Pilihan
ganda.
·
Isian
singkat.
·
Esai
atau uraian.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
SARIMIN
SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
|
Pangkalan Balai,
Juni 2016
Guru Kelas 1
,
NURSIDAH, S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005
|
Post a Comment for "RPP K13 Revisi Keluargaku Kelas 1 SD"