Perlunya Perancangan Penilaian Dalam Pembelajaran Bahasa Arab
|
Perancangan
Penilaian Dalam Pembelajaran Bahasa Arab
Tujuan Kegiatan: Melalui kegiatan ini diharapkan peserta
mampu merancang instrumen penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan dalam
pembelajaran bahasa
Arab.
Langkah Kegiatan :
1.
Cermati contoh-contoh pengembangan instrumen
penilaian kompetensi
sikap,
pengetahuan dan keterampilan serta lembar kerja perancangan instrumen penilaian, diskusikan dalam kelompok!
2.
Pilihlah satu
subtopik/submateri/subtema untuk dari satu KD, sebaiknya dipilih sesuai dengan subtopik/submateri/subtema
yang telah dibahas oleh kelompok Anda sebelumnya
3.
Rancanglah contoh intrumen penilaian sikap,
pengetahuan dan keterampilan pada format untuk masing-masing bentuk penilaian.
4.
Presentasikan hasil kerja kelompok
Anda
5.
Perbaiki rancangan instrumen
penilaian jika ada
saran atau usulan perbaikan
1. Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap
a. Penilaian Kompetensi Sikap Melalui
Observasi
Penilaian Sikap Kegiatan Praktikum/Diskusi
Mata Pelajaran
|
:
|
_______________________________________
|
Kelas/Semester
|
:
|
_______________________________________
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
_______________________________________
|
Topik/Subtopik
|
:
|
_______________________________________
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
_______________________________________
|
Instrumen:
|
b.
Penilaian
Sikap melalui Penilaian Diri
Mata Pelajaran
|
:
|
_______________________________________
|
Kelas/Semester
|
:
|
_______________________________________
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
_______________________________________
|
Topik/Subtopik
|
:
|
_______________________________________
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
_______________________________________
|
Instrumen:
|
c.
Penilaian
Antar Peserta Didik
Mata Pelajaran
|
:
|
_______________________________________
|
Kelas/Semester
|
:
|
_______________________________________
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
_______________________________________
|
Topik/Subtopik
|
:
|
_______________________________________
|
Instrumen:
|
d. Penilaian Sikap melalui Jurnal
Mata Pelajaran
|
:
|
_______________________________________
|
Kelas/Semester
|
:
|
_______________________________________
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
_______________________________________
|
Topik/Subtopik
|
:
|
_______________________________________
|
Instrumen:
|
2. Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan
a.
Tes Tulis
1)
Soal Pilihan Ganda
Mata Pelajaran
|
:
|
_______________________________________
|
Kelas/Semester
|
:
|
_______________________________________
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
_______________________________________
|
Topik/Subtopik
|
:
|
_______________________________________
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
_______________________________________
|
Instrumen
|
2)
Soal Uraian
Mata Pelajaran
|
:
|
_______________________________________
|
Kelas/Semester
|
:
|
_______________________________________
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
_______________________________________
|
Topik/Subtopik
|
:
|
_______________________________________
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
_______________________________________
|
Instrumen
|
b.
Observasi Terhadap Diskusi/Tanya
Jawab
Mata Pelajaran
|
:
|
_______________________________________
|
Kelas/Semester
|
:
|
_______________________________________
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
_______________________________________
|
Topik/Subtopik
|
:
|
_______________________________________
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
_______________________________________
|
|
|
|
Instrumen
|
c. Penugasan
Mata Pelajaran
|
:
|
_______________________________________
|
Kelas/Semester
|
:
|
_______________________________________
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
_______________________________________
|
Topik/Subtopik
|
:
|
_______________________________________
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
_______________________________________
|
|
|
|
Instrumen
|
3.
Instrumen
Penilaian Kompetensi Keterampilan
a. Penilaian Praktik
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa
arab
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII /
II
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.1 Memahami cara mengungkapkan persetujuan/ketidaksetujuan, harapan,
dan doa serta cara meresponnya terkait topik kegiatan pada waktu
senggang/hobi (al hiwayah) dan wisata (al rihlah) dengan
memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai
dengan konteks penggunaannya.
4.1 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan
persetujuan/ketidaksetujuan, harapan, dan doa serta cara meresponnya terkait
topik kegiatan pada waktu senggang/hobi (al hiwayah) dan wisata (al
rihlah) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur
budaya secara benar dan sesuai konteks.
|
Topik/Subtopik
|
:
|
Kegiatan pada waktu senggang / hobi
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
3.1.1 Mendemonstrasikan ungkapkan kesetujuan/ketidak setujuan
serta cara merespon terkait topic kegiatan pada waktu senggang dan hobi
al-hiwayah
3.1.2Melaksanakan teks lisan dan tulisan sederhana tentang
bagaimana cara mengungkapkan harapan dan do’a serta cara meresponnya terkai
topik.
4.1.1Menunjukkan teks lisan dan tulis sederhana tentang topic
kegiatan pada waktu senggang
4.1.2menjelaskan
ungkapan sederhana terkait topik
|
Instrumen
Siswa membaca teks wacana tentang kegiatan pada waktu
sengang / hobi
|
b. Penilaian Proyek
Mata Pelajaran
|
:
|
_______________________________________
|
Kelas/Semester
|
:
|
_______________________________________
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.1 Memahami cara mengungkapkan persetujuan/ketidaksetujuan, harapan,
dan doa serta cara meresponnya terkait topik kegiatan pada waktu
senggang/hobi (al hiwayah) dan wisata (al rihlah) dengan
memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai
dengan konteks penggunaannya.
4.1 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan
persetujuan/ketidaksetujuan, harapan, dan doa serta cara meresponnya terkait
topik kegiatan pada waktu senggang/hobi (al hiwayah) dan wisata (al
rihlah) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur
budaya secara benar dan sesuai konteks.
|
Topik/Subtopik
|
:
|
Kegiatan pada waktu senggang / hobi
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
3.1.1 Mendemonstrasikan ungkapkan kesetujuan/ketidak setujuan
serta cara merespon terkait topic kegiatan pada waktu senggang dan hobi
al-hiwayah
3.1.2Melaksanakan teks lisan dan tulisan sederhana tentang
bagaimana cara mengungkapkan harapan dan do’a serta cara meresponnya terkai
topik.
4.1.1Menunjukkan teks lisan dan tulis sederhana tentang topic
kegiatan pada waktu senggang
4.1.2menjelaskan
ungkapan sederhana terkait topik
|
Instrumen
|
- Penilaian Produk
Mata Pelajaran
|
:
|
_______________________________________
|
Kelas/Semester
|
:
|
_______________________________________
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.1 Memahami cara mengungkapkan persetujuan/ketidaksetujuan, harapan,
dan doa serta cara meresponnya terkait topik kegiatan pada waktu
senggang/hobi (al hiwayah) dan wisata (al rihlah) dengan memperhatikan
unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.1 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan
persetujuan/ketidaksetujuan, harapan, dan doa serta cara meresponnya terkait
topik kegiatan pada waktu senggang/hobi (al hiwayah) dan wisata (al
rihlah) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur
budaya secara benar dan sesuai konteks.
|
Topik/Subtopik
|
:
|
_______________________________________
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
3.1 Memahami cara mengungkapkan persetujuan/ketidaksetujuan, harapan,
dan doa serta cara meresponnya terkait topik kegiatan pada waktu
senggang/hobi (al hiwayah) dan wisata (al rihlah) dengan
memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai
dengan konteks penggunaannya.
4.1 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan
persetujuan/ketidaksetujuan, harapan, dan doa serta cara meresponnya terkait
topik kegiatan pada waktu senggang/hobi (al hiwayah) dan wisata (al
rihlah) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur
budaya secara benar dan sesuai konteks.
|
Instrumen:
|
d. Penilaian Portofolio
Mata Pelajaran
|
:
|
_______________________________________
|
Kelas/Semester
|
:
|
_______________________________________
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
_______________________________________
|
Topik/Subtopik
|
:
|
_______________________________________
|
Instrumen
|
|
Rubrik Perancangan Penilaian dalam
Pembelajaran Bahasa Arab
Rubrik
penilaian ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil rancangan instrumen penilaian kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan
dan kompetensi
keterampilan.
Pada penilaian kompeteni
sikap
peserta ditugaskan dalam kelompoknya membuat instrumen observasi, penilaian sikap melalui penilaian diri,
penilaian antarpeserta didik dan penilaian sikap melalui jurnal. Pada penilaian pengetahuan
peserta ditugaskan membuat intrumen tes tertulis (Pilihan Ganda dan Uraian), observasi diskusi, tanya jawab
dan percakapan dan penugasan, sedangkan pada penilaian kompetensi keterampilan
peserta ditugaskan membuat instrumen penilaian praktik, proyek dan produk dan portofolio.
Langkah-langkah penilaian
- Cermati tugas yang
diberikan kepada peserta pelatihan pada LK 3.3!
2.
Berikan nilai pada hasil kerja peserta
pelatihan sesuai dengan penilaian Anda terhadap produk tersebut menggunakan kriteria
penilaian nilai
sebagai berikut
Penilaian Kompetensi Sikap
PERINGKAT
|
NILAI
|
KRITERIA
|
Amat Baik
( AB)
|
90 <AB≤ 100
|
1.
Terdapat
identitas instrumen : KD, topik, sub
topik dengan lengkap
2.
Terdapat
indikator yang dirumuskan dengan benar
3.
Terdapat
empat bentuk instrumen penilaian kompetensi sikap
4.
Seluruh
instrumen penilaian dibuat sesuai kriteria pengembangannya
|
Baik (B)
|
80 <B≤ 90
|
Ada 3 aspek sesuai dengan kriteria,
1 aspek kurang sesuai
|
Cukup (C)
|
70 <C ≤ 80
|
Ada 2 aspek sesuai dengan kriteria, 2 aspek
kurang sesuai
|
Kurang (K)
|
≤70
|
Ada 1 aspek sesuai dengan kriteria, 3 aspek
kurang sesuai
|
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
PERINGKAT
|
NILAI
|
KRITERIA
|
Amat Baik
( AB)
|
90 < AB ≤ 100
|
1. Terdapat identitas instrumen : KD, topik, sub topik
dengan lengkap
2. Terdapat indikator yang dirumuskan dengan benar
3. Terdapat tiga bentuk
instrumen penilaian kompetensi pengetahuan
4. Seluruh instrumen penilaian dibuat sesuai kriteria
pengembangannya
|
Baik
(B)
|
80 < B ≤ 90
|
Ada 3 aspek sesuai dengan kriteria,
1 aspek kurang sesuai
|
Cukup (C)
|
70 < C ≤ 80
|
Ada 2 aspek sesuai dengan kriteria, 2 aspek
kurang sesuai
|
Kurang (K)
|
≤ 70
|
Ada 1 aspek sesuai dengan kriteria, 3 aspek
kurang sesuai
|
Penilaian Kompetensi Keterampilan
PERINGKAT
|
NILAI
|
KRITERIA
|
Amat Baik
( AB)
|
90 < AB ≤ 100
|
1. Terdapat identitas instrumen : KD, topik, sub topik
dengan lengkap
2. Terdapat indikator yang dirumuskan dengan benar
3. Terdapat empat bentuk instrumen penilaian kompetensi
keterampilan
4. Seluruh instrumen penilaian dibuat sesuai kriteria
pengembangannya
|
Baik
(B)
|
80 < B ≤ 90
|
Ada 3 aspek sesuai dengan kriteria,
1aspek kurang sesuai
|
Cukup (C)
|
70 < C ≤ 80
|
Ada 2 aspek sesuai dengan kriteria,
2 aspek kurang sesuai
|
Kurang (K)
|
≤ 70
|
Ada 1 aspek sesuai dengan kriteria,
3 aspek kurang sesuai
|
Post a Comment for "Perlunya Perancangan Penilaian Dalam Pembelajaran Bahasa Arab"