Bagaimana Penerapan Saintifik Pada Bahasa Arab?
|
Perancangan Penerapan Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran
Pada Pembelajaran Bahasa Arab
Tujuan Kegiatan: Melalui diskusi kelompok peserta
mampu merancang penerapan pendekatan saintifik dan model pembelajaran pada
pembelajaran bahasa
Arab.
Langkah Kegiatan:
- Pelajari
contoh
penerapan pendekatan
saintifik dan model pembelajaran pada pembelajaran bahasa
Arab yang ada pada modul pelatihan!
- Siapkan dokumen kurikulum
dan hasil kegiatan analisis kurikulum (LK No 1.4 yang sudah dikerjakan
pada kegiatan 1.4)!
- Isilah
Lembar Kerja perancangan penerapan
pendekatan saintifik dan model pembelajaran yang tersedia melalui
diskusi kelompok!
- Setelah
selesai, presentasikan hasil diskusi kelompok Anda!
- Perbaiki hasil kerja kelompok Anda jika ada masukan
dari kelompok lain!
1.
Format Perancangan Penerapan
Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Bahasa Arab
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.1 Memahami cara mengungkapkan persetujuan/ketidaksetujuan, harapan,
dan doa serta cara meresponnya terkait topik kegiatan pada waktu senggang/hobi
(al hiwayah) dan wisata (al rihlah) dengan memperhatikan unsur
kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.1 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan
persetujuan/ketidaksetujuan, harapan, dan doa serta cara meresponnya terkait
topik kegiatan pada waktu senggang/hobi (al hiwayah) dan wisata (al
rihlah) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur
budaya secara benar dan sesuai konteks.
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
:
|
3.1.1 Mendemonstrasikan ungkapkan kesetujuan/ketidak setujuan
serta cara merespon terkait topic kegiatan pada waktu senggang dan hobi
al-hiwayah
3.1.2Melaksanakan teks lisan dan tulisan sederhana tentang
bagaimana cara mengungkapkan harapan dan do’a serta cara meresponnya terkai
topik.
4.1.1Menunjukkan teks lisan dan tulis sederhana tentang topic
kegiatan pada waktu senggang
4.1.2menjelaskan
ungkapan sederhana terkait topik
|
Topik /Tema
|
:
|
Kegiatan pada waktu senggang HOBI ( al hiwayah)
|
Sub Topik/Tema
|
:
|
Kegiatan pada waktu senggang / hobi
|
Tahapan Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Mengamati
|
peserta didik diajak
untuk melihat, menyimak,
mendengar, dan
membaca informasi
terkait topic kegiatan pada waktu senggang hobi ( al – hiwayah ) dan wisata (
ar-rihlah) Dengan demikian, peserta didik tidak hanya mengamati secara
auditif, namun juga secara visual.
|
Menanya
|
Peserta didik melakukan Tanya jawab tentang kegiatn pada
waktu senggang hobi ( al – hiwayah ) dan wisata ( ar-rihlah)
|
Mengumpulkan informasi
|
Peserta didik mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber,kemudian guru memberikan latihan tentang kegiatn pada waktu senggang hobi ( al –
hiwayah ) dan wisata ( ar-rihlah)
|
Mengasosiasikan
|
Setelah berlatih dengan teks tulis
(membaca) dan berbicara, peserta didik dapat diajak untuk mulai belajar
kosakata dan tatabahasa
Arab dalam lingkup
tema kegiatan pada
waktu senggang.
Pada pembelajaran kosakata
dan tatabahasa peserta
didik diberi latihan-latihan yang membuat
mereka belajar mandiri
dan berdiskusi dengan
teman-temannya. Sehingga
pada akhirnya peserta didik dapat menyimpulkan sendiri
|
Mengomunikasikan
|
Peserta didik menceritakan kegiatn pada waktu senggang
hobi ( al – hiwayah ) dan wisata ( ar-rihlah)
|
2.
Format Perancangan Penerapan
Model Discovery Learning pada Pembelajaran Bahasa Arab
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.1 Memahami cara mengungkapkan persetujuan/ketidaksetujuan, harapan,
dan doa serta cara meresponnya terkait topik kegiatan pada waktu
senggang/hobi (al hiwayah) dan wisata (al rihlah) dengan
memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai
dengan konteks penggunaannya.
4.1 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan
persetujuan/ketidaksetujuan, harapan, dan doa serta cara meresponnya terkait
topik kegiatan pada waktu senggang/hobi (al hiwayah) dan wisata (al
rihlah) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur
budaya secara benar dan sesuai konteks.
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
:
|
3.1.1 Mendemonstrasikan ungkapkan kesetujuan/ketidak setujuan
serta cara merespon terkait topic kegiatan pada waktu senggang dan hobi
al-hiwayah
3.1.2Melaksanakan teks lisan dan tulisan sederhana tentang
bagaimana cara mengungkapkan harapan dan do’a serta cara meresponnya terkai
topik.
4.1.1Menunjukkan teks lisan dan tulis sederhana tentang topic
kegiatan pada waktu senggang
4.1.2menjelaskan
ungkapan sederhana terkait topik
|
Topik /Tema
|
:
|
Kegiatan pada waktu senggang HOBI ( al hiwayah)
|
Sub Topik/Tema
|
:
|
Kegiatan pada waktu senggang / hobi
|
Tahapan Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Stimulation( pemberian ransangan)
|
|
Problem Statement
( identifikasi masalah )
|
|
Data Collection
( mengumpulkan data hipotesis )
|
·
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk
menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi melalui diskusikelompok.
·
Peserta didik memilih kalimat – kalimat yang tepat dalam
teks berdasarkan kaidah tata bahasa yang ditemukan dari teks bacaan
|
Data Processing
( pengelolaan data )
|
·
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi untuk mengolah
data hasil pengamatan misalnyta mengelolah data tentang unsur kebahasaan,
struktur pola kalimat, dan unsur
budaya yang terdapat pada teks bacaan
|
Verification
( pembuktian )
|
·
Peserta didik mendiskusikandan melakukan pemeriksaan secara cermat hasil
pengolahan data untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis yang telah
ditetapkan terekait unsur kebahasaan, struktur pola kalimat, dan unsur budaya
yang terdapat pada teks bacaan
·
Peserta didik merekonstruksi kalimat-kalimat sesuai dengan
kaidah tata bahasa yang ditemukan dalam teks bacaan
|
Generalization
( menarik simpulan )
|
·
Peserta didik merevisi teks karangan yang telah disusun
secara berkelompok
·
Peserta didik menarik simpulan tentang teks karangan yang
baik
·
Peserta didik melakukan refleksi misalnya mengungkapkan
kesulitan yang dialami dalam proses pembelajaran
·
Peserta didik diminta mengemukakan tanggapan tentang
kemampuannya dalam menulis teks karangan sederhana.
|
3.
Format Perancangan Penerapan
Model Problem Based Leraning pada Pembelajaran Bahasa Arab
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.1 Memahami cara mengungkapkan persetujuan/ketidaksetujuan, harapan,
dan doa serta cara meresponnya terkait topik kegiatan pada waktu
senggang/hobi (al hiwayah) dan wisata (al rihlah) dengan
memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai
dengan konteks penggunaannya.
4.1 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan
persetujuan/ketidaksetujuan, harapan, dan doa serta cara meresponnya terkait
topik kegiatan pada waktu senggang/hobi (al hiwayah) dan wisata (al
rihlah) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur
budaya secara benar dan sesuai konteks.
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
:
|
3.1.1 Mendemonstrasikan ungkapkan kesetujuan/ketidak setujuan
serta cara merespon terkait topic kegiatan pada waktu senggang dan hobi
al-hiwayah
3.1.2Melaksanakan teks lisan dan tulisan sederhana tentang
bagaimana cara mengungkapkan harapan dan do’a serta cara meresponnya terkai
topik.
4.1.1Menunjukkan teks lisan dan tulis sederhana tentang topic
kegiatan pada waktu senggang
4.1.2menjelaskan
ungkapan sederhana terkait topik
|
Topik /Tema
|
:
|
Kegiatan pada waktu senggang HOBI ( al hiwayah)
|
Sub Topik/Tema
|
:
|
Kegiatan pada waktu senggang / hobi
|
Tahapan Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Orientasi Peserta Didik kepada Masalah
|
· Guru mengucapkan salam dan menyapa para siswa
· Guru mereview materi/kegiatan pembelajaran yang lalu
· Guru menanyakan kegiatan yang dilakukan para siswa pada waktu senggang.
· Guru menghubungkan kegiatan mereka dengan hobi/kegemaran yang akan
dibahas pada pertemuan hari ini.
· Guru menempel beberapa gambar tentang hobi yang telah diketahui siswa
(seperti bermain bola, menggambar/melukis,
· Guru memberikan sebuah situasi kepada siswa, misalnya hari libur.
Kemudian guru menanyakan kepada siswa hobi apa yang akan mereka lakukan saat
itu.
· Guru menjelaskan bahwasanya perbedaan pendapat adalah hal yang wajar.
Oleh karenanya, pada sesi ini mereka akan berlatih bermusyawarah/berdiskusi
untuk menentukan jenis kegiatan yang akan dipilih bersama-sama.
· Guru menginformasikan tujuan dan
agenda pembelajaran
|
Mengorganisasikan Peserta Didik
|
· Guru meminta siswa untuk membentuk kelompok sesuai dengan jenis kegiatan
yang mereka pilih di awal sesi pelajaran.
Contohnya:
- siswa yang memilih كرة القدم
bergabung dengan kelompok A
- siswa yang memilih الرسم bergabung dengan kelompok B
- siswa yang memilih شهادة التلفاز
bergabung dengan kelompok C
- dst.
· Siswa duduk berdasarkan kelompok yang telah dibentuk
· Siswa menyimak dialog yang dibacakan oleh guru (buku dalam keadaan
tertutup)
· Siswa mencatat kata-kata yang baru didengarnya (pada bacaan kedua)
· Siswa membuka buku dan mendiskusikan kosakata yang baru mereka catat.
· Guru membimbing siswa ketika
berdiskusi.
|
Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok
|
· Dengan arahan guru, siswa berlatih bertanya variasi kalimat harapan dan
persetujuan/ketidaksetujuan kepada teman sebangkunya.
· Siswa bertanya ke siswa yang berada di kelompok lain tentang kegiatan
yang akan mereka lakukan.
· Guru meminta beberapa perwakilan siswa kelompok A, B dan C untuk
mempraktekkan dialog yang telah mereka buat.
· Guru memfasilitasi dan membimbing
siswa ketika melakukan dialog.
|
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
|
· Dengan bimbingan guru, masing-masing kelompok menuliskan dialog yang
telah dipraktekkan di dalam karton.
· Siswa menempel hasil tulisannya di dinding
· Guru dan siswa mendiskusikan bentuk المصدر الصريح
yang terdapat dalam dialog.
|
Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
|
· Dengan bimbingan guru, siswa mengerjakan latihan yang ada di dalam buku
(yang diberikan guru).
· Guru bersama siswa menganalisis dan mengevaluasi seluruh aktifitas yang
telah dilakukan.
· Guru memberikan penguatan terkait
dengan ungkapan harapan dan persetujuan/ketidaksetujuan.
|
4.
Format Perancangan Penerapan
Model Project Based Leraning pada Pembelajaran Bahasa Arab
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.1 Memahami cara mengungkapkan persetujuan/ketidaksetujuan, harapan,
dan doa serta cara meresponnya terkait topik kegiatan pada waktu
senggang/hobi (al hiwayah) dan wisata (al rihlah) dengan
memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai
dengan konteks penggunaannya.
4.1 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan
persetujuan/ketidaksetujuan, harapan, dan doa serta cara meresponnya terkait
topik kegiatan pada waktu senggang/hobi (al hiwayah) dan wisata (al
rihlah) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur
budaya secara benar dan sesuai konteks.
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
:
|
3.1.1 Mendemonstrasikan ungkapkan kesetujuan/ketidak setujuan
serta cara merespon terkait topic kegiatan pada waktu senggang dan hobi
al-hiwayah
3.1.2Melaksanakan teks lisan dan tulisan sederhana tentang
bagaimana cara mengungkapkan harapan dan do’a serta cara meresponnya terkai
topik.
4.1.1Menunjukkan teks lisan dan tulis sederhana tentang topic
kegiatan pada waktu senggang
4.1.2menjelaskan
ungkapan sederhana terkait topik
|
Topik /Tema
|
:
|
Kegiatan pada waktu senggang HOBI ( al hiwayah)
|
Sub Topik/Tema
|
:
|
Kegiatan pada waktu senggang / hobi
|
Tahapan Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Penentuan Pertanyaan Mendasar
|
·
Peserta didik membaca teks tulis tentang kegiatan pada waktu
senggang/hobi (al hiwayah;
·
Peserta didik berdiskusi dalam
kelompok untuk memahami isi teks tulis dengan bantuan kamus.
·
Peserta didik mengidentifikasi jenis-jenis hobi yang terdapat dalam teks
tulis tentang kegiatan kegiatan pada waktu senggang/hobi (al hiwayah)
|
Mendesain Perencanaan Proyek
|
|
Menyusun Jadwal
|
Guru bersama peserta didik secara bersama-sama membuat
jadwal kegiatan dalam menyelesaikan proyek
|
Memonitor Peserta Didik dan Kemajuan Proyek
|
Peserta didik membuat poster yang berisi kegiatan pada waktu
senggang/hobi yang merupakan hasil pengamatan, di atas kertas karton lengkap
dengan bukti autentik (foto) sebagai laporan contoh :
Guru melakukan monitor terhadap aktivitas peserta didik selama
menyelesaikan proyek dengan memfasilitasi peserta didik pada waktu
mengasosiasikan kata yang berkaitan dengan kegiatan pada waktu senggang/hobi
dan pada waktu membuat poster sebagai laporan hasil pengamatan;
|
Menguji Hasil
|
|
Mengevaluasi Pengalaman
|
|
|
Rubrik Penerapan Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran
Pada
Pembelajaran Bahasa Arab
Rubrik ini digunakan fasilitator untuk
menilai hasil rancangan peserta pelatihan dalam merancang contoh penerapan
pendekatan saintifik dan model
pembelajaran pada pembelajaran bahasa Arab.
Langkah-langkah penilaian
hasil analisis
- Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan pada LK
-3.2a
- Berikan nilai pada rancangan sesuai dengan penilaian
Anda terhadap hasil rancangan peserta
PERINGKAT
|
NILAI
|
KRITERIA
|
Amat
Baik ( AB)
|
90 <AB
≤ 100
|
1.
Identitas: topik, sub topik, KD dan indikator pencapaian
kompetensi dan alokasi waktu lengkap dan benar
2.
Kegiatan mengamati,menanya,
mengumpulkan informasi, mengasosiasikan dan mengomunikasikan sesuai dengan
topik/sub topik, KD, indikator dan alokasi waktu
3.
Kegiatan mengamati,menanya,
mengumpulkan informasi, mengasosiasikan dan mengomunikasikan lengkap,
sistematis dan logis atau benar secara konsep
|
Baik
(B)
|
80 <
B ≤ 90
|
Ada 2 aspek sesuai dengan kriteria,
1 aspek kurang sesuai
|
Cukup
(C)
|
70 <
C ≤ 80
|
Ada 1 aspek sesuai
dengan kriteria, 2 aspek kurang sesuai
|
Kurang
(K)
|
≤70
|
Ketiga aspek
kurang sesuai
|
Penilaian LK-
3.2a 1-4
PERINGKAT
|
NILAI
|
KRITERIA
|
Amat Baik ( AB)
|
90 < AB ≤ 100
|
1.
Identitas: topik, sub topik, KD dan tujuan pembelajaran dan alokasi
waktu lengkap dan benar
2.
Kegiatan pada tahapan model pembelajaran sesuai dengan topik/sub
topik, KD, tujuan dan alokasi waktu
3.
Kegiatan pada tahapan model pembelajaran lengkap, sistematis dan logis (sesuai dengan
sintak atau tahapan pembelajaran)
|
Baik (B)
|
80 < B ≤ 90
|
Ada 2 aspek sesuai dengan kriteria, 1 aspek kurang sesuai
|
Cukup (C)
|
70 < C ≤ 80
|
Ada 1 aspek sesuai dengan kriteria, 2 aspek kurang sesuai
|
Kurang (K)
|
≤ 70
|
Ketiga aspek kurang sesuai
|
Post a Comment for "Bagaimana Penerapan Saintifik Pada Bahasa Arab?"