RPP SD KURIKULUM 2013 Aku dan Teman Baru (Aku dan Teman Baruku)
MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN No
5 Banyuasin III
Kelas / Semester : 1 /1
Tema 1 : Diriku (Diri Sendiri)
Sub Tema 1 : Aku dan Teman Baru (Aku dan Teman Baruku)
Pembelajaran ke :
1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar,
melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis
dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
PPKn
3.2 Mengenal tata tertib dan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
4.2. Melaksanakan tata
tertib dan aturna yang berlaku dalam kehidupan di rumah dan di sekolah.
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal teks cerita
diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.4 Menyampaikan teks cerita
diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
PJOK
3.3
Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh
yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan
dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha,
dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
SBdP
3.1 Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi.
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk
berdasarkan hasil pengamatan di
lingkungan sekitar.
C. INDIKATOR
PPKn
·
Mengidentifikasi aturan permainan di sekolah.
·
Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah.
Bahasa Indonesia
·
Mengidentifikasi cara-cara memperkenalkan diri.
·
Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap.
·
Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan.
· Menyebutkan nama temannya.
PJOK
·
Mengidentifikasi gerakan melempar bola sebagai gerak manipulatif.
·
Melakukan gerakan melempar bola.
·
Melakukan gerakan menangkap bola.
SBdP
· Mengidentifikasi cara
menghias kartu nama.
· Memberi hiasan pada kartu
nama.
D. TUJUAN
1. Setelah mengikuti permainan lembar bola, siswa dapat
memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan secara benar.
2. Dengan melakukan permainan siswa dapat menyebutkan nama lengkap
dengan benar.
3. Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat menghias kartu
nama dengan rapi.
E. MATERI
·
Buku siswa hal. 1 dan teks dan nama-nama teman Udin, Permainan
memperkenalkan diri, Lirik lagu “Siapa
Namamu”
F.
PENDEKATAN & METODE
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Strategi : Cooperative
Learning
3.
Teknik : Example
Non Example
4.
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
2. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3. Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa.
4. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang
relevan.
5. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan
pembelajaran serta menyapa anak.
6. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Teman
Baru
1.
Pada awal pelajaran, guru
memperkenalkan diri kepada siswa.
2.
Guru meminta siswa membuka buku siswa
hal. 1 dan membacakan teks dan nama-nama teman Udin.
3.
Guru menunjukkan cara berkenalan,
seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku siswa hal. 2.
4.
Siswa diajak untuk saling berkenalan
melalui sebuah permainan lempar bola dan menjelaskan aturan bermainnya yaitu
siswa diminta melingkar (boleh duduk atau berdiri).
5.
Permainan dimulai dari guru dengan
memperkenalkan diri,
”Selamat pagi, nama saya Ibu/Bapak.... nama
panjang.... biasa dipanggil Ibu/Bapak....
kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (hindari pelemparan bola
dengan keras)
6.
Siswa yang berhasil menangkap bola
harus menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan.
Kemudian, dia melempar kepada teman
lain. Teman yang menangkap lemparan bola, menyebutkan nama lengkap dan nama
panggilan.
7.
Demikian seterusnya hingga seluruh
siswa memperkenalkan diri.
8.
Setelah semua memperkenalkan diri,
guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil mengingat kembali nama-nama teman
di kelas. Guru menggunakan lagu yang ada di buku siswa.
Lirik
lagu “Siapa Namamu”
Ciptaan
A.T. Mahmud
1
2 / 3 . / 3 4 / 5 ./
Siapakah
nama mu
5
4 / 3 . / 3 3 /1 . //
Na
ma ku ............. (sebutkan nama anak)
9. Siswa berada pada posisi lingkaran. Guru
menyanyi sambil menepuk salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya.
Lalu siswa tersebut sambil menyanyi “Siapakah Namamu” menepuk teman di
sebelahnya dan teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama
lagunya dan seterusnya.
10.
Kegiatan ditutup dengan diskusi
pentingnya saling mengenal, dimulai dari mengenal nama.
Menghias
Kartu Nama
1.
Guru menjelaskan bahwa untuk dapat
mengenal nama teman, kita bisa juga menggunakan kartu nama.
2.
Guru menyampaikan bahwa siswa akan
membuat kartu nama mereka masingmasing.
3.
Guru membagikan potongan-potongan
karton dengan nama masing-masing siswa.
4.
Guru menunjukkan kartu namanya
sendiri yang sudah dibuat sebelumnya sebagai contoh.
5.
Siswa diminta untuk menghias dan atau
mewarnai kartu nama mereka masingmasing.
6.
Siswa diminta menggunakan kartu
namanya selama berada di sekolah atau menempelkan semua kartu nama di kelas.
|
150
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
7.
Siswa melakukan perenungan tentang
kegiatan pembelajaran hari ini.
8. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka
pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari
lebih lanjut.
9. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan
perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
10.
Siswa
diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari
siswa lainnya.
11. Guru menyampaikan pesan moral hari ini
dengan bijak dan memberikan pekerjaan rumah untuk mengerjakan worksheet.
Salam dan do’a penutup.
|
15
menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
- Diri anak,
Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
- Buku Pedoman Guru
Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
- Software
Pengajaran kelas 1 SDN Betet 3 dari JGC.
- Gambar dari
Google.com
- Video dari
youtobe.com.
- Bola plastik atau
bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola.
- Karton/kertas/kardus
bekas yang sudah dipotong- potong dan diberi nama masing- masing siswa.
- Pensil
warna/spidol yang bisa digunakan untuk menghias kartu yang sudah
disediakan.
- Tali/peniti/alat
lain untuk memasangkan kartu nama.
I.
PENILAIAN
1.
Prosedur Penilaian
2.
Penilain Proses
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan
awal sampai dengan kegiatan akhir.
3.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.
Instrumen Penilaian
5.
Penilaian Proses
6. Penilaian Kinerja.
7. Penilaian Produk.
8.
Penilaian Hasil Belajar
9. Pilihan ganda.
10. Isian singkat.
11. Esai atau uraian.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
SARIMIN
SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
|
Pangkalan Balai,
Juni 2016
Guru Kelas 1
,
NURSIDAH, S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005
|
MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN No.
5 Banyuasin III
Kelas / Semester : 1 /1
Tema 1
: Diriku (Diri Sendiri)
Sub Tema 1 : Aku dan Teman Baru (Aku dan Teman Baruku)
Pembelajaran ke :
2
Alokasi waktu
: 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis
dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
Matematika
3.1. Mengenal lambang bilangan dan mendiskripsikan kemunculan
bilangan dengan bahasa yang sederhana
4.1 Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil
penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan aslinya dengan berbagai
kemungkinan jawaban
PPKn
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
Bahasa Indonesia
3.3 Mengenal teks terima
kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman
3.4. Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan
keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman
4.3 Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan da tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4. Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga
secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian
C.
INDIKATOR
Matematika
·
Menghitung banyak benda 1-5
·
Menunjukkan benda sesuai dengan bilangan yang ditentukan.
PPKn
·
Mengidentifikasi aturan dalam suatu permainan
·
Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah
Bahasa Indonesia
·
Mengidentifikasi ucapan terima kasih
·
Mempraktikkan cara menyampaikan terima kasih
·
Mengidentifikasi nama teman
·
Menyebutkan identitas teman
D.TUJUAN
Mengenal Bilangan bersama Teman
1.
Setelah mengikuti permainan, siswa dapat mengenal konsep bilangan 1-5
dengan tepat.
2.
Dengan melakukan permainan siswa dapat mengenal lambang bilangan
dengan benar.
3.
Dengan melakukan permainan, siswa dapat mengidentifikasi nama
teman baru dengan tepat.
4.
Setelah mengidentifikasi, siswa dapat menyebutkan kembali nama
temannya dengan benar.
Berdiskusi untuk Mengenal Teman Baru
1.
Dengan melakukan permainan, siswa dapat mengidentifikasi nama
teman baru dengan tepat.
2.
Setelah melakukan permainan siswa dapat menyebutkan nama temannya
dengan benar.
E.
MATERI
- Mengenal Bilangan
bersama Teman.
- Berdiskusi untuk
Mengenal Teman Baru.
F.
PENDEKATAN & METODE
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Strategi :
Cooperative Learning
3.
Teknik : Example
Non Example
4.
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
2. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3. Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa.
4. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang
relevan.
5. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan
pembelajaran serta menyapa anak.
6. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengenal
Bilangan bersama Teman
1.
Guru menyampaikan bahwa mereka akan
bermain sambil mengenal bilangan dan mengajak siswa untuk berhitung bersama
dari 1-5.
2.
Guru mengenalkan konsep dan lambang
bilangan 1-5.
3.
Guru menempelkan kertas bertuliskan
angka 1-5 di beberapa bagian kelas. Misalnya, angka 1 ditempel di satu sudut
kelas. Angka 2 ditempel di papan tulis.
4.
Satu siswa diminta untuk berdiri di
dekat angka 1, dua siswa diminta berdiri di dekat angka 2 demikian seterusnya
sampai di angka 5 dengan lima orang siswa.
5.
Siswa diminta kembali ke tempat
semula.
6.
Guru menghitung sampai angka 5 dan
meminta siswa untuk menuju ke sudut-sudut angka tersebut.
7.
Jumlah siswa di setiap sudut harus
sesuai dengan angka yang tertera. Misalnya, pada sudut dengan angka 1, hanya
ada satu siswa di sana. Begitu juga dengan angka yang lainnya.
8.
Guru mengulang kegiatan sampai siswa
paham mengenai banyak benda dan lambang bilangan 1-5.
9.
Guru melakukan refleksi kegiatan
dengan cara meminta siswa mengungkapkan perasaan dan pendapatnya.
10.
Siswa diminta mengerjakan worksheet.
11.
Siswa berlatih memasangkan lambang bilangan 1-5 dengan jumlah bilangan di
buku siswa.
Berdiskusi
untuk Mengenal Teman Baru
1.
Guru mengajak siswa untuk mengenal
temannya dengan bermain mengenal teman baru.
2.
Minta siswa untuk berkumpul membuat
kelompok masing-masing 5 orang.
3.
Siswa akan berbagi informasi mengenai
nama panggilan dan nama lengkap.
4.
Setiap siswa akan menyebutkan
identitas teman yang duduk di sebelahnya.
5.
Lalu, setiap kelompok membentuk
lingkaran.
6.
Masing-masing kelompok mengundi siapa
yang mendapat giliran pertama mengenalkan nama lengkap teman di sebelahnya.
7.
Siswa yang mendapat giliran pertama
bertugas menyebutkan identitas teman yang duduk di sebelah kanannya.
8. Siswa kedua bertugas menyebutkan identitas
teman berikutnya.
9.
Teman lain mengamati dan membantu
mengoreksi jika ada informasi yang tidak sesuai.
10.
Kegiatan diulang sampai semua mendapat giliran.
11.
Guru membuat tabel yang berisi nama lengkap dan nama panggilan.
12.
Siswa diminta menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan teman jika ada.
13.
Guru menuliskan nama-nama siswa yang memiliki nama lengkap dan nama panggilan
yang sama dalam satu kelompok.
14.
Setelah semua terdata, guru mengajak siswa memperhatikan nama-nama siswa
dalam setiap kelompoknya.
15.
Setelah selesai, guru bersama siswa menyimpulkan bahwa hampir semua anak
mempunyai nama lengkap dan nama panggilan dan semua nama bagus.
|
150
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
16.
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
17.
Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka
alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
18.
Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa
membacakan jawaban mereka.
19.
Siswa diberikan kesempatan
berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
20.
Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
|
15
menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
1.
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
3.
Software Pengajaran kelas
1 SDN Betet 3 dari JGC.
4.
Gambar dari Google.com
5.
Video dari youtobe.com.
6.
Potongan kertas bertuliskan angka 1-5 sebanyak 3 set atau lebih
I.
PENILAIAN
1.
Prosedur Penilaian
2.
Penilain Proses
o
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran
sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
3.
Penilaian Hasil Belajar
o
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan
lisan (terlampir).
4.
Instrumen Penilaian
5.
Penilaian Proses
o
Penilaian Kinerja.
o
Penilaian Produk.
6.
Penilaian Hasil Belajar
o
Pilihan ganda.
o
Isian singkat.
o
Esai atau uraian.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
SARIMIN
SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
|
Pangkalan Balai,
Juni 2016
Guru Kelas 1
,
NURSIDAH, S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005
|
MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN No.
5 Banyuasin III
Kelas / Semester : 1 /1
Tema 1
: Diriku (Diri Sendiri)
Sub Tema 1 : Aku dan Teman Baru (Aku dan Teman Baruku)
Pembelajaran ke
: 3
Alokasi waktu
: 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis
dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
Matematika
3.2. Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan
menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
3.5. Mengenal bangun datar dan bangun ruang
menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
3.12. Menentukan urutan berdasarkan panjang
pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkan
jumlah anggotanya
4.1. Mengurai sebuah
bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua
buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
4.7. Membentuk dan menggambar bangun baru dari
bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada
4.8. Mengelompokkan
teman sekelas berdasarkan tinggi badannya
Bahasa
Indonesia
3.1 Mengenal teks
deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta
peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman
4.1. Mengamati dan
menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat
benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian penyajian
SBdP
3.1. Mengenal cara dan
hasil karya seni ekspresi
4.1. Menggambar ekspresi
dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di
lingkungan sekitar
C.
INDIKATOR
Matematika
·
Menghitung banyak benda 1-5
·
Mengidentifikasi banyak benda
·
Menentukan benda yang lebih banyak
·
Menentukan benda yang lebih sedikit
·
Mengidentifikasi bangun segi empat
·
Menggambar dari bentuk segi empat
Bahasa Indonesia
·
Mengidentifikasi benda-benda di sekitar
·
Mendikripsikan benda-benda secara lisan
SBdP
·
Mengidentifikasi gambar sebagai salah satu karya seni ekspresi
·
Menggambar bentuk baru dari bangun segi empat
D.
TUJUAN
Menghitung Banyak Teman:
1.
Dengan mengamati gambar, siswa dapat menghitung banyak benda 1-5
dengan benar.
2.
Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan yang lebih banyak
dengan tepat.
3.
Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan lebih banyak dan
lebih sedikit dengan tepat.
4.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengidentifikasi bentuk
persegi dengan tepat.
5.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengidentifikasi bentuk
persegi panjang dengan tepat.
6.
Setelah mengidentifikasi, siswa dapat membuat gambar baru dari
bentuk persegi dan persegi panjang.
7.
Dengan kegiatan menggambar siswa dapat menceritakan gambar yang
dibuatnya dengan menggunakan bahasa sendiri.
Mengenal Bentuk Segi
Empat:
1.
Setelah mengamati contoh segi empat, siswa dapat mengidetifikasi
bentuk segi empat dengan tepat.
2.
Setelah mengidentifikasi bentuk segi empat, siswa dapat membuat
gambar baru dari bentuk tersebut dengan kreatif.
3.
Dengan kegiatan menggambar siswa dapat menceritakan gambar yang
dibuatnya dengan menggunakan bahasa sendiri.
E.
MATERI
·
Menghitung Banyak Teman
·
Mengenal Bentuk Segi Empat
F.
PENDEKATAN & METODE
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Strategi : Cooperative
Learning
3.
Teknik : Example
Non Example
4.
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
2. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3. Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa.
4. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang
relevan.
5. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan
pembelajaran serta menyapa anak.
6. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Menghitung
Banyak Teman
1.
Guru menyampaikan bahwa hari ini akan
belajar berhitung bersama teman.
2.
Siswa mengamati gambar pada buku
siswa.
3.
Siswa menghitung jumlah siswa pada
gambar.
4.
Guru menanyakan berapa banyak anak
laki-laki dan anak perempuan.
5.
Siswa berlatih pada halaman
berikutnya.
6. Siswa menghitung jumlah siswa di setiap
kelompoknya dan mewarnai kotak yang jumlah anaknya lebih banyak.
7. Lalu siswa mengamati benda di sekitar
kelas dan mencari benda yang banyaknya sama dengan gambar siswa yang ada di
buku siswa.
8. Siswa menyampaikan hasil pengamatan kepada
temannya.
9. Siswa diminta membandingkan dengan hasil
pengamatan temannya. Adakah kelompok lain yang mengamati benda yang sama?
10. Adakah kelompok yang mengamati benda yang
sama, tapi jumlahnya berbeda? Sebutkan pengamatan siapa yang lebih banyak?
Mengenal
Bentuk Segi Empat
1.
Siswa diarahkan untuk melihat
bentuk-bentuk yang ada di sekitar kelas (pintu, jendela, papan tulis, dan
lain-lain).
2.
Siswa diminta menjelaskan bentuk
masing-masing benda tersebut sesuai dengan pemahamannya.
3.
Guru menunjukkan beberapa kotak bekas
kemasan.
4.
Siswa diminta membongkar kotak untuk dapat menemukan bahwa bentuk dasar
penyusun kotak adalah bangun datar.
5.
Guru memperkenalkan bangun segi
empat.
6.
Siswa diminta untuk membuat gambar
dari bentuk segiempat sesuai imajinasi mereka kemudian mewarnai gambar
tersebut.
7.
Siswa bergantian menceritakan gambar
kepada temannya.
|
150
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
1. Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari
ini.
2. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan
yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih
lanjut.
3. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan
mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
4. Siswa diberikan
kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
5. Guru memberikan pekerjaan rumah untuk mengerjakan worksheet
6. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
7. Salam dan do’a penutup.
|
15
menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
1.
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
3.
Software Pengajaran kelas
1 SDN Betet 3 dari JGC.
4.
Gambar dari Google.com
5.
Video dari youtobe.com.
6.
Kotak bekas pasta gigi, sabun, dan lainnya yang mempunyai bentuk
dasar segi empat
7.
Alat mewarnai atau benda lain yang bisa digunakan untuk menghias.
I.
PENILAIAN
1.
Prosedur Penilaian
2.
Penilain Proses
o
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan
pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
3.
Penilaian Hasil Belajar
o
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan
lisan (terlampir).
4.
Instrumen Penilaian
5.
Penilaian Proses
o
Penilaian Kinerja.
o
Penilaian Produk.
6.
Penilaian Hasil Belajar
o
Pilihan ganda.
o
Isian singkat.
o
Esai atau uraian.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
SARIMIN
SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
|
Pangkalan Balai,
Juni 2016
Guru Kelas 1
,
NURSIDAH, S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005
|
MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan : SDN No. 5 Banyuasin III
Kelas
/ Semester : 1 /1
Tema
1 : Diriku (Diri Sendiri)
Sub
Tema 1 : Aku dan Teman Baru (Aku dan Teman Baruku)
Pembelajaran
ke : 4
Alokasi
waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI
DASAR
SBdP
3.1. Mengenal
cara dan hasil karya seni ekspresi
4.7. Menyanyikan
lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
Bahasa Indonesia
3.1
Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat
benda, serta peristiwa siang dan malam
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.4.
Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan
guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif
tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa
siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.1
Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti
konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan/atau Tradisional
4.4. Menyampaikan teks cerita diri/personal
tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
PJOK
3.1 Mengetahui
konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang
digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1
Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh
yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
C. INDIKATOR
SBdP
·
Mengidentifikasi
lagu sebagai satu karya seni
·
Menyanyikan
lagu “a-b-c” dengan irama yang benar
Bahasa
Indonesia
·
Menyebutkan
urutan huruf melalui nyanyian “a-b-c”
·
Mengurutkan
huruf a-b-c-d-e-f dengan urutan yang benar
·
Menulis
di udara, pasir, dan punggung
·
Mengenal
huruf vokal a-i-u-e-o
·
Menebalkan
garis sesuai petunjuk
PJOK
- Mengidentifikasi
gerak lokomotor pada aktifitas berjalan
- Melakukan
gerak lokomotor menggunakan kaki dalam berjalan lurus
- Melakukan
gerak lokomotor menggunakan kaki dalam berjalan zigzag
- Melakukan
gerak lokomotor menggunakan kaki dalam berjalan lengkung
D.
TUJUAN
Bernyanyi
Bersama Teman sambil Mengenal Huruf
Tujuan
pembelajaran:
1.
Dengan
mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat menyanyikan lagu “a-b-c” dengan
benar.
2.
Setelah
bernyanyi dan bermain, siswa dapat menyusun huruf dengan urutan yang benar.
3.
Dengan
melihat contoh nama, siswa dapat menyusun nama mereka dari kartu-kartu huruf
dengan tepat.
4.
Setelah
melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan membentuk
garis lurus dengan benar.
5.
Setelah
melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan membentuk
garis zigzag dengan benar.
6.
Setelah
melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan membentuk
garis lengkung dengan benar.
7.
Dengan
penjelasan dari guru, siswa dapat mempraktikkan posisi duduk yang benar pada
saat menulis dengan tepat.
8.
Dengan
penjelasan dari guru, siswa dapat mempraktikkan cara memegang pensil yang benar
pada saat menulis dengan tepat.
9.
Setelah
mempraktikkan sikap tubuh dan cara memegang pensil yang benar pada saat menulis
siswa dapat menebalkan garis dengan benar.
E.
MATERI
1.
Bernyanyi
Bersama Teman sambil Mengenal Huruf
2.
Bergerak
Bersama Teman
F.
PENDEKATAN
& METODE
1.
Pendekatan
: Scientific
2.
Strategi : Cooperative Learning
3.
Teknik : Example Non Example
4.
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan
Ceramah
G. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan
dengan Pembacaan Teks Pancasila.
2. Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa.
3. Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
4. Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5. Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta
menyapa anak.
6. Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Bernyanyi
Bersama Teman sambil Mengenal Huruf
1. Tempelkan huruf a-z di papan tulis.
2. Siswa diajak untuk bernyanyi lagu “a-b-c”
sambil menunjukkan huruf yang disebut.
3.
Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok.
4. Setiap kelompok diberikan satu set kartu
huruf (a-f), lalu diminta mengurutkan.
5. Setelah mengurutkan huruf, setiap kelompok
diminta menuliskan huruf-huruf tersebut di udara, sesuai arahan guru.
6. Setelah menulis di udara dilanjutkan dengan
menulis di punggung dan di pasir.
7. Setelah siswa menulis huruf di udara, di
punggung dan di pasir, mintalah mereka untuk memperhatikan huruf-huruf yang
terdapat pada namanya.
8. Secara bergiliran, siswa mengambil
huruf-huruf dari tumpukan huruf yang sudah disediakan oleh guru yang terdapat
pada nama mereka.
9. Siswa diingatkan untuk belajar bersabar
saat ingin menunggu giliran.
10.
Siswa mencoba menyusun nama mereka. Setelah berhasil, siswa boleh
mengacungkan tangan untuk menyebutkan namanya dengan lantang setelah ditunjuk
oleh guru.
11. Kegiatan ditutup dengan mengulang kembali
lagu “a-b-c” dan guru mengingatkan siswa mengenai pentingnya menghargai teman
dalam kegiatan kelompok.
12. Guru menyampaikan setelah siswa bermain di
dalam kelas, sekarang akan bermain di luar kelas dan mengajak keluar kelas.
13. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
14. Masing-masing kelompok dibagi dua, lalu
berdiri berpisah berhadap-hadapan.
15. Siswa no. 1 di sisi A diminta untuk berjalan
lurus atau berlari menuju temannya di sisi B dan berbaris di belakang siswa
no. 5. Lalu, siswa nomor 1 di sisi B berjalan lurus/berlari menuju titik A
dan berbaris di belakang siswa no. 5. Demikian seterusnya.
5 4 3
2 1
A
1 2 3
4 5
B
16.
Kegiatan kedua, guru meminta siswa berdiri di titik yang telah dibuat guru
sebelumnya membentuk garis zig-zag.
1 3 5
7 9 11
2 4 6
8 10
17.
Siswa nomor 1 diminta untuk berjalan menyusuri garis zig-zag sampai ke siswa
no. 11. Lalu siswasiswa lain melangkah mundur satu garis. Selanjutnya siswa
no. 2 yang berada di posisi 1 berjalan membuat garis zig-zag sampai ke posisi
no. 11. Demikian seterusnya sampai kesebelas siswa melakukannya
1 3 5
7
11
1 3 5
18.
Kegiatan ketiga guru menggambar garis lengkung jika memungkinkan, dan siswa
berada di titik puncak garis. Jika tidak memungkinkan guru memberi tanda di
tengah-tengah masing-masing siswa. Minta siswa no. 1 berjalan menyusuri garis
lengkung sampai ke siswa no. 7 dan seterusnya (dilakukan, seperti tahapan
berjalan zigzag).
19.
Siswa kembali ke dalam kelas.
20.
Guru menyampaikan setelah bergerak sesuai garis lurus, zig-zag, dan lengkung,
siswa akan menggambarkan garis-garis tersebut di buku siswa dengan
menggunakan pensil.
21.
Guru menyampaikan sebelum menulis siswa perlu mengetahui posisi tubuh yang
benar pada saat menulis dan memegang pensil yang benar. Lalu, guru
mencontohkan dan meminta siswa mempraktikkannya.
22.
Guru juga menyampaikan ujung pensil tidak terlalu runcing dan tidak tumpul dengan
memperlihatkan contoh pensil yang diraut baik dan kurang baik.
23.
Lalu, siswa diminta melihat gambar di buku siswa dan mengerjakan latihan
menulis dengan menebalkan garis dan nama teman di buku siswa.
24.
Guru memerintahkan siswa untuk mengerjakan worksheet
25.
Sebagai penutup, guru menanyakan persamaan atau perbedaan permainan berjalan
lurus, zig-zag, dan lengkung dengan menulis garis lurus, zig-zag, dan lengkung.
26.
Guru mengajak siswa untuk bersyukur kepada Tuhan, karena diberi kaki untuk
bergerak dan tangan untuk menulis.
|
150
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
1. Siswa
melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2. Siswa
menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami,
serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3. Guru
mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa
membacakan jawaban mereka.
4. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan
menambahkan informasi dari siswa lainnya.
5. Guru
menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
|
15
menit
|
H.
SUMBER
DAN MEDIA
1.
Diri
anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.
Buku
Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.
Software Pengajaran kelas
1 SDN Betet 3 dari JGC.
4.
Gambar dari Google.com
5.
Video dari youtobe.com.
6.
Beberapa
set kartu huruf (a-z) berbentuk lingkaran
I.
PENILAIAN
- Prosedur
Penilaian
- Penilain
Proses
- Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari
kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
- Penilaian
Hasil Belajar
- Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
- Instrumen
Penilaian
- Penilaian
Proses
·
Penilaian
Kinerja.
·
Penilaian
Produk.
- Penilaian
Hasil Belajar
·
Pilihan
ganda.
·
Isian
singkat.
- Esai
atau uraian.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
SARIMIN
SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
|
Pangkalan Balai,
Juni 2016
Guru Kelas 1
,
NURSIDAH, S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005
|
MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN No.
5 Banyuasin III
Kelas / Semester : 1 /1
Tema 1
: Diriku (Diri Sendiri)
Sub Tema 1 : Aku dan Teman Baru (Aku dan Teman Baruku)
Pembelajaran ke
: 5
Alokasi waktu
: 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
- Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
- Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca]
dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis,
dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
Matematika
3.4
Menunjukkan pemahaman tentang besaran
dengan menghitung maju sampai 100 dan
mundur dari 20
4.1
Mengurai sebuah bilangan asli sampai
dengan 99 sebagai hasil penjumlahan
atau pengurangan dua buah bilangan asli
lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
Bahasa Indonesia
3.1
Mengenal
teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta
peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman
4.1 Mengamati
dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan
malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
PJOK
3.1. Mengetahui konsep gerak
dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang
gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional.
4.1. Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi
konsep gerak (seperti konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
C.
INDIKATOR
Matematika
·
Mengidentifikasi besaran bilangan dengan menghitung maju
·
Mengidentifikasi besaran bilangan dengan menghitung mundur
·
Mengurutkan bilangan dengan urutan maju 1-5
·
Mengurutkan bilangan dengan urutan mundur 1-5.
Bahasa Indonesia
·
Menebalkan angka 1-5 sesuai dengan Benda
PJOK
·
Melakukan gerakan lokomotor sesuai dengan arahan guru
·
Melakukan gerakan lokomotor berlari berpasangan
D.
TUJUAN
Tujuan pembelajaran:
1.
Dengan mendengar arahan dari guru, siswa dapat mempraktikkan
gerakkan lari denganbenar.
2.
Dengan memperhatikan contoh dari guru, siswa dapat mempraktikkan
lari berpasangan sambil berpegangan tangan dengan benar.
3.
Dengan permainan kartu angka, siswa dapat mengurutkan bilangan 1-5
dengan benar.
E.
MATERI
1.
Bermain Bersama Teman Baru
2.
Mengurutkan Bilangan bersama Teman Baru
F.
PENDEKATAN & METODE
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Strategi : Cooperative
Learning
3.
Teknik : Example
Non Example
4.
Metode : Penugasan,
Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
2. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3. Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa.
4. Mengajak berdinamika
dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5. Guru menyiapkan fisik
dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Bermain Bersama Teman Baru
1. Guru mengajak siswa keluar kelas. Seluruh siswa diminta
berbaris dengan rapi sesuai dengan urutan tinggi badan.
2. Siswa diminta melakukan pemanasan sebelum melakukan kegiatan
olahraga.
3. Siswa diminta berlari berkeliling lapangan.
4. Siswa diminta untuk
mencari pasangan yang telah ditentukan oleh guru sebelumnya.
5. Siswa diminta untuk
saling berpegangan tangan.
6. Siswa diminta berlari
mengelilingi lapangan sambil berpegangan tangan.
7. Setiap pasangan tidak
boleh menyenggol pasangan lainnya.
8. Kegiatan ditutup dengan
menanyakan pengalaman siswa saat mengikuti kegiatan.
Mengurutkan Bilangan bersama Teman Baru
1. Siswa diajak untuk
berhitung dari 1–5, lalu menghitung mundur dari 5 sampai 1.
2. Siswa diminta untuk
membentuk kelompok sejumlah 5 orang, tidak boleh lebih.
3. Guru membagikan kalung
angka yang sudah dibuat.
4. Setiap kelompok mendapat 1 set kalung bernomor bilangan 1–5.
5. Masing-masing siswa mendapat satu kalung lalu memakainya.
Kalung angka diberikan secara acak kepada setiap anggota kelompok.
6. Siswa akan diminta
berbaris berurutan di kelompoknya setelah ada aba-aba dari guru.
7. Lalu guru memberi aba-aba agar setiap kelompok bersiap-siap.
8. Ulangi kegiatan yang
sama, tetapi sebelumnya bertukar kalung dengan nomor lainnya untuk
mendapatkan pengalaman lebih banyak.
9. Siswa kembali ke kelas
dan diminta untuk mengerjakan latihan menebalkan angka dan mengurutkan
bilangan pada halaman buku siswa.
|
150
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
10. Siswa melakukan
perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
11. Siswa menuliskan
hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal
lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
12. Guru mengajak siswa
untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban
mereka.
13. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan
menambahkan informasi dari siswa lainnya.
14. Guru memberikan
pekerjaan rumah untuk mengerjakan worksheet.
15. Guru menyampaikan
pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
|
15
menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
1.
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
3.
Software Pengajaran kelas
1 SDN Betet 3 dari JGC.
4.
Gambar dari Google.com
5.
Video dari youtobe.com.
6.
Kalung angka dari karton bertuliskan nomor 1-5 beberapa set
(sesuai jumlah kelompok yang mungkin terbentuk).
I.
PENILAIAN
1.
Prosedur Penilaian
2.
Penilain Proses
·
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan
pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
3.
Penilaian Hasil Belajar
·
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan
lisan (terlampir).
4.
Instrumen Penilaian
5.
Penilaian Proses
·
Penilaian Kinerja.
·
Penilaian Produk.
6.
Penilaian Hasil Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
·
Esai atau uraian.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
SARIMIN
SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
|
Pangkalan Balai,
Juni 2016
Guru Kelas 1
,
NURSIDAH, S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005
|
MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN No.
5 Banyuasin III
Kelas / Semester : 1 /1
Tema 1 : Diriku (Diri Sendiri)
Sub Tema 1 : Aku dan Teman Baru (Aku dan Teman Baruku)
Pembelajaran ke
: 6
Alokasi waktu
: 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
- Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
- Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca]
dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis,
dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
Matematika
3.2. Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan
benda-benda yang ada di sekitar rumah,
sekolah, atau tempat bermain.
4.5. Membentuk dan
menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang
sudah ada
Bahasa Indonesia
3.4. Mengenal teks cerita diri atau personal tentang keberadaan
keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4. Menyampaikan teks cerita diri atau personal tentang keluarga
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu Penyajian
SBdP
3.1. Mengenal cara dan hasil gambar
ekspresi
4.1. Menggambar ekspresi
dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di
lingkungan sekitar
C.
INDIKATOR
Matematika
- Menunjukkan
benda-benda di sekitar yang berbentuk dasar segi empat
- Menunjukkan
benda-benda di sekitar yang berbentuk dasar lingkaran
- Menggambar
berdasarkan bentuk lingkaran dan segi empat
Bahasa Indonesia
- Menceritakan hasil
gambar yang dibuatnya di depan kelas
- Menyampaikan hasil
pengamatan sesuai bentuk benda
SBdP
- Menentukan
bentuk baru yang akan digambar
- Menggambar
bentuk baru dari bangun datar segi empat dan lingkaran
D.
TUJUAN
Tujuan pembelajaran:
1.
Dengan kegiatan mengamati, siswa dapat mengidentifikasi
benda-benda berbentuk Lingkaran dengan benar.
2.
Setelah mengidentifikasi bentuk lingkaran siswa dapat menggambar
bentuk lingkaran dengan benar.
3.
Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat membuat gambar
ekspresi dari bentuk-bentuk segi empat dan lingkaran.
4.
Setelah menggambar, siswa dapat menceritakan hasil gambar yang
dibuat dengan lancar.
E.
MATERI
1.
Mengenal Lingkaran sambil Bermain Bersama Teman
2.
Menggambar dan Bercerita
F.
PENDEKATAN & METODE
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Strategi : Cooperative
Learning
3.
Teknik : Example
Non Example
4.
Metode : Penugasan,
Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
2.
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.
Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa.
4.
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang
relevan.
5.
Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan
pembelajaran serta menyapa anak.
6.
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengenal Lingkaran sambil Bermain Bersama Teman
1. Guru menjelaskan
kepada siswa bahwa mereka akan mempelajari bentuk lingkaran.
2. Siswa diminta
menunjukkan berbagai bentuk lingkaran yang ada pada gambar di halaman buku
siswa.
3. Siswa diminta
memberikan contoh bendabenda berbentuk lingkaran yang mereka tahu.
4. Kemudian, siswa
diminta membentuk kelompok.
5. Masing-masing
kelompok mengamati benda-benda berbentuk lingkaran di kelas atau di luar
kelas.
6. Setelah waktu
pengamatan selesai, masing-masing kelompok menyampaikan hasil pengamatannya
di depan kelas.
7. Setelah semua
kelompok menyampaikan laporan guru melakukan konfirmasi dan penguatan konsep
yang baru saja dipelajari.
7. Siswa diminta
mengerjakan worksheet yang telah tersedia.
8. Siswa juga diminta
menyampaikan kesan-kesan mereka dalam mengikuti kegiatan.
Menggambar dan Bercerita
1. Guru mengingatkan
siswa tentang bangun lingkaran dan bangun segi empat yang baru saja
dipelajari.
2. Siswa diminta
membuat gambar dari bentuk lingkaran
dan segi empat secara berkelompok.
3. Setelah selesai,
siswa menceritakan gambarnya kepada kelompok lain.
4. Setiap kelompok
diberi kesempatan untuk menyampaikan hasil karyanya dengan menceritakan
bagaimana mereka menentukan gambar yang akan dibuat, dan penjelasan mengenai
gambar apa, yaitu maksud dan arti.
5. Kelompok lain
diberi kesempatan untuk memberikan pendapat terhadap hasil kerja temannya.
6. Kelompok yang
diberi apresiasi mengucapkan terima kasih.
7. Setiap kelompok
diberi kesempatan untuk saling membandingkan hasil kerjanya.
8. Kegiatan ditutup
dengan diskusi mengenai tujuan dan manfaat bekerja sama serta saling
menghargai karya teman.
|
150
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
9.
Siswa melakukan perenungan tentang
kegiatan pembelajaran hari ini.
10.
Siswa menuliskan hal-hal yang telah
mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin
mereka pelajari lebih lanjut.
10.
Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan
perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
11.
Siswa
diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari
siswa lainnya.
12.
Guru menyampaikan pesan moral hari
ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
Kegiatan
alternatif:
• Berkenalan sambil bernyanyi
• Mewarnai tulisan nama diri
• Menebak jumlah benda yang lebih banyak
• Permainan menyusun huruf dan suku kata
• Membuat poster peraturan kelas
• Membandingkan jumlah benda
Remedial:
• Guru mengulang penjelasan bagi siswa
yang belum memahami konsep bilangan 1-5.
• Guru memberikan remedial membaca bagi
siswa yang belum lancar membaca teks yang dipelajari.
|
15
menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
1.
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
3.
Software Pengajaran kelas
1 SDN Betet 3 dari JGC.
4.
Gambar dari Google.com
5.
Video dari youtobe.com.
6.
Contoh-contoh benda atau gambar berbentuk lingkaran.
I.
PENILAIAN
1.
Prosedur Penilaian
2.
Penilain Proses
o
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan
pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
3.
Penilaian Hasil Belajar
o
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan
lisan (terlampir).
4.
Instrumen Penilaian
5.
Penilaian Proses
o
Penilaian Kinerja.
o
Penilaian Produk.
6.
Penilaian Hasil Belajar
o
Pilihan ganda.
o
Isian singkat.
o
Esai atau uraian.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
SARIMIN
SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
|
Pangkalan Balai,
Juni 2016
Guru Kelas 1
,
NURSIDAH, S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005
|
Post a Comment for "RPP SD KURIKULUM 2013 Aku dan Teman Baru (Aku dan Teman Baruku)"