Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP SD KURIKULUM 2013 Aku dan Teman Baru (Aku dan Teman Baruku)

MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan      : SDN No 5 Banyuasin III
Kelas / Semester          :  1 /1
Tema 1                        :  Diriku (Diri Sendiri)
Sub Tema 1                :  Aku dan Teman Baru (Aku dan Teman Baruku)
Pembelajaran ke         :  1
Alokasi waktu            :  1 Hari


A. KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR
PPKn
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
4.2. Melaksanakan tata tertib dan aturna yang berlaku dalam kehidupan di rumah dan di sekolah.



Bahasa Indonesia
3.4  Mengenal teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.4  Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
PJOK
3.3 Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
SBdP
3.1 Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi.
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil   pengamatan di lingkungan sekitar.
C. INDIKATOR
PPKn
·         Mengidentifikasi aturan permainan di sekolah.
·         Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah.
Bahasa Indonesia
·         Mengidentifikasi cara-cara memperkenalkan diri.
·         Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap.
·         Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan.
·      Menyebutkan nama temannya.
PJOK
·         Mengidentifikasi gerakan melempar bola sebagai gerak manipulatif.
·         Melakukan gerakan melempar bola.
·         Melakukan gerakan menangkap bola.

SBdP
·    Mengidentifikasi cara menghias kartu nama.
·    Memberi hiasan pada kartu nama.
D. TUJUAN
1. Setelah mengikuti permainan lembar bola, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan secara benar.
2. Dengan melakukan permainan siswa dapat menyebutkan nama lengkap dengan benar.
3. Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat menghias kartu nama dengan rapi.
E. MATERI
·         Buku siswa hal. 1 dan teks dan nama-nama teman Udin, Permainan memperkenalkan diri,  Lirik lagu “Siapa Namamu”

F.     PENDEKATAN & METODE
1.      Pendekatan      : Scientific
2.      Strategi            : Cooperative Learning
3.      Teknik             : Example Non Example
4.      Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.  KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
2.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.


    10
    menit
Kegiatan
Inti
Teman Baru
1.    Pada awal pelajaran, guru memperkenalkan diri kepada siswa.
2.    Guru meminta siswa membuka buku siswa hal. 1 dan membacakan teks dan nama-nama teman Udin.
3.    Guru menunjukkan cara berkenalan, seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku siswa hal. 2.
4.    Siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan menjelaskan aturan bermainnya yaitu siswa diminta melingkar (boleh duduk atau berdiri).
5.    Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri,
        ”Selamat pagi, nama saya Ibu/Bapak.... nama panjang.... biasa dipanggil Ibu/Bapak....  kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (hindari pelemparan bola dengan keras)
6.    Siswa yang berhasil menangkap bola harus menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan.
       Kemudian, dia melempar kepada teman lain. Teman yang menangkap lemparan bola, menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan.
7.    Demikian seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan diri.
8.    Setelah semua memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil mengingat kembali nama-nama teman di kelas. Guru menggunakan lagu yang ada di buku siswa.
Lirik lagu “Siapa Namamu”
Ciptaan A.T. Mahmud
1 2 / 3 . / 3 4 / 5 ./
Siapakah nama mu
5 4 / 3 . / 3 3 /1 . //
Na ma ku ............. (sebutkan nama anak)
9.    Siswa berada pada posisi lingkaran. Guru menyanyi sambil menepuk salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Lalu siswa tersebut sambil menyanyi “Siapakah Namamu” menepuk teman di sebelahnya dan teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagunya dan seterusnya.
10. Kegiatan ditutup dengan diskusi pentingnya saling mengenal, dimulai dari mengenal nama.
Menghias Kartu Nama
1.    Guru menjelaskan bahwa untuk dapat mengenal nama teman, kita bisa juga menggunakan kartu nama.
2.    Guru menyampaikan bahwa siswa akan membuat kartu nama mereka masingmasing.
3.    Guru membagikan potongan-potongan karton dengan nama masing-masing siswa.
4.    Guru menunjukkan kartu namanya sendiri yang sudah dibuat sebelumnya sebagai contoh.
5.    Siswa diminta untuk menghias dan atau mewarnai kartu nama mereka masingmasing.
6.    Siswa diminta menggunakan kartu namanya selama berada di sekolah atau menempelkan semua kartu nama di kelas.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
7.    Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
8.    Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
9.    Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
10. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
11.  Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak dan memberikan pekerjaan rumah untuk mengerjakan worksheet.
       Salam dan do’a penutup.
    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
  1. Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
  2. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
  3. Software Pengajaran  kelas 1  SDN Betet 3 dari JGC.
  4. Gambar dari Google.com
  5. Video dari youtobe.com.
  6. Bola plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola.
  7. Karton/kertas/kardus bekas yang sudah dipotong- potong dan diberi nama masing- masing siswa.
  8. Pensil warna/spidol yang bisa digunakan untuk menghias kartu yang sudah disediakan.
  9. Tali/peniti/alat lain untuk memasangkan kartu nama.

I.     PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
2.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
3.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.      Instrumen Penilaian
5.      Penilaian Proses
6.      Penilaian Kinerja.
7.      Penilaian Produk.
8.      Penilaian Hasil Belajar
9.      Pilihan ganda.
10.  Isian singkat.
11.  Esai atau uraian.


Mengetahui
Kepala Sekolah,



SARIMIN SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
Pangkalan Balai,   Juni 2016
Guru Kelas 1  ,



NURSIDAH,  S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005




MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      : SDN No. 5 Banyuasin III
Kelas / Semester          :  1 /1
Tema 1                       :  Diriku (Diri Sendiri)
Sub Tema 1                :  Aku dan Teman Baru (Aku dan Teman Baruku)
Pembelajaran ke          :  2
Alokasi waktu             :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
Matematika
3.1. Mengenal lambang bilangan dan mendiskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana
4.1 Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan aslinya dengan berbagai kemungkinan jawaban


PPKn
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
Bahasa Indonesia
3.3   Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.4. Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.3 Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan da tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4. Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa  Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

C.  INDIKATOR
Matematika
·         Menghitung banyak benda 1-5
·         Menunjukkan benda sesuai dengan bilangan yang ditentukan.
PPKn
·         Mengidentifikasi aturan dalam suatu permainan
·         Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah
Bahasa Indonesia
·         Mengidentifikasi ucapan terima kasih
·         Mempraktikkan cara menyampaikan terima kasih
·         Mengidentifikasi nama teman
·         Menyebutkan identitas teman



D.TUJUAN
Mengenal Bilangan bersama Teman
1.      Setelah mengikuti permainan, siswa dapat mengenal konsep bilangan 1-5 dengan tepat.
2.      Dengan melakukan permainan siswa dapat mengenal lambang bilangan dengan benar.
3.      Dengan melakukan permainan, siswa dapat mengidentifikasi nama teman baru dengan tepat.
4.      Setelah mengidentifikasi, siswa dapat menyebutkan kembali nama temannya dengan benar.
Berdiskusi untuk Mengenal Teman Baru
1.    Dengan melakukan permainan, siswa dapat mengidentifikasi nama teman baru dengan tepat.
2.    Setelah melakukan permainan siswa dapat menyebutkan nama temannya dengan benar.
E.     MATERI
  1. Mengenal Bilangan bersama Teman.
  2. Berdiskusi untuk Mengenal Teman Baru.
F.     PENDEKATAN & METODE
1.      Pendekatan      : Scientific
2.      Strategi                        : Cooperative Learning
3.      Teknik             : Example Non Example
4.      Metode                        : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.  KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
2.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.


5.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
Mengenal Bilangan bersama Teman
1.   Guru menyampaikan bahwa mereka akan bermain sambil mengenal bilangan dan mengajak siswa untuk berhitung bersama dari 1-5.
2.   Guru mengenalkan konsep dan lambang bilangan 1-5.
3.   Guru menempelkan kertas bertuliskan angka 1-5 di beberapa bagian kelas. Misalnya, angka 1 ditempel di satu sudut kelas. Angka 2 ditempel di papan tulis.
4.   Satu siswa diminta untuk berdiri di dekat angka 1, dua siswa diminta berdiri di dekat angka 2 demikian seterusnya sampai di angka 5 dengan lima orang siswa.
5.   Siswa diminta kembali ke tempat semula.
6.   Guru menghitung sampai angka 5 dan meminta siswa untuk menuju ke sudut-sudut angka tersebut.
7.   Jumlah siswa di setiap sudut harus sesuai dengan angka yang tertera. Misalnya, pada sudut dengan angka 1, hanya ada satu siswa di sana. Begitu juga dengan angka yang lainnya.
8.   Guru mengulang kegiatan sampai siswa paham mengenai banyak benda dan lambang bilangan 1-5.
9.   Guru melakukan refleksi kegiatan dengan cara meminta siswa mengungkapkan perasaan dan pendapatnya.
10. Siswa diminta mengerjakan worksheet.
11. Siswa berlatih memasangkan lambang bilangan 1-5 dengan jumlah bilangan di buku siswa.

Berdiskusi untuk Mengenal Teman Baru
1.   Guru mengajak siswa untuk mengenal temannya dengan bermain mengenal teman baru.
2.   Minta siswa untuk berkumpul membuat kelompok masing-masing 5 orang.
3.   Siswa akan berbagi informasi mengenai nama panggilan dan nama lengkap.
4.   Setiap siswa akan menyebutkan identitas teman yang duduk di sebelahnya.
5.   Lalu, setiap kelompok membentuk lingkaran.


6.   Masing-masing kelompok mengundi siapa yang mendapat giliran pertama mengenalkan nama lengkap teman di sebelahnya.
7.   Siswa yang mendapat giliran pertama bertugas menyebutkan identitas teman yang duduk di sebelah kanannya.
8.   Siswa kedua bertugas menyebutkan identitas teman berikutnya.
9.   Teman lain mengamati dan membantu mengoreksi jika ada informasi yang tidak sesuai.
10. Kegiatan diulang sampai semua mendapat giliran.
11. Guru membuat tabel yang berisi nama lengkap dan nama panggilan.
12. Siswa diminta menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan teman jika ada.
13. Guru menuliskan nama-nama siswa yang memiliki nama lengkap dan nama panggilan yang sama dalam satu kelompok.
14. Setelah semua terdata, guru mengajak siswa memperhatikan nama-nama siswa dalam setiap kelompoknya.
15. Setelah selesai, guru bersama siswa menyimpulkan bahwa hampir semua anak mempunyai nama lengkap dan nama panggilan dan semua nama bagus.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
16. Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
17. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
18. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
19. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
20. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
      Salam dan do’a penutup.
    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
1.      Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.      Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.      Software Pengajaran  kelas 1  SDN Betet 3 dari JGC.
4.      Gambar dari Google.com
5.      Video dari youtobe.com.
6.      Potongan kertas bertuliskan angka 1-5 sebanyak 3 set atau lebih
I.       PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
2.      Penilain Proses
o   Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
3.      Penilaian Hasil Belajar
o   Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.      Instrumen Penilaian
5.      Penilaian Proses
o   Penilaian Kinerja.
o   Penilaian Produk.
6.      Penilaian Hasil Belajar
o   Pilihan ganda.
o   Isian singkat.
o   Esai atau uraian.

Mengetahui
Kepala Sekolah,



SARIMIN SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
Pangkalan Balai,   Juni 2016
Guru Kelas 1  ,



NURSIDAH,  S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005




MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan      : SDN No. 5 Banyuasin III
Kelas / Semester          :  1 /1
Tema 1                       :  Diriku (Diri Sendiri)
Sub Tema 1                :  Aku dan Teman Baru (Aku dan Teman Baruku)
Pembelajaran ke         :  3
Alokasi waktu            :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
Matematika
 3.2.     Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
 3.5.     Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
 3.12.   Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkan jumlah anggotanya
4.1.      Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
 4.7.     Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada
4.8.      Mengelompokkan teman sekelas berdasarkan tinggi badannya
Bahasa Indonesia
3.1       Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1.      Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian penyajian
SBdP
3.1.      Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
4.1.      Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar

C.    INDIKATOR
Matematika
·            Menghitung banyak benda 1-5
·            Mengidentifikasi banyak benda
·            Menentukan benda yang lebih banyak
·            Menentukan benda yang lebih sedikit
·            Mengidentifikasi bangun segi empat
·            Menggambar dari bentuk segi empat
Bahasa Indonesia
·            Mengidentifikasi benda-benda di sekitar
·            Mendikripsikan benda-benda secara lisan

SBdP
·            Mengidentifikasi gambar sebagai salah satu karya seni ekspresi
·            Menggambar bentuk baru dari bangun segi empat

D.    TUJUAN
Menghitung Banyak Teman:
1.      Dengan mengamati gambar, siswa dapat menghitung banyak benda 1-5 dengan benar.
2.      Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan yang lebih banyak dengan tepat.
3.      Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan lebih banyak dan lebih sedikit dengan tepat.
4.      Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengidentifikasi bentuk persegi dengan tepat.
5.      Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengidentifikasi bentuk persegi panjang dengan tepat.
6.      Setelah mengidentifikasi, siswa dapat membuat gambar baru dari bentuk persegi dan persegi panjang.
7.      Dengan kegiatan menggambar siswa dapat menceritakan gambar yang dibuatnya dengan menggunakan bahasa sendiri.
     Mengenal Bentuk Segi Empat:
1.      Setelah mengamati contoh segi empat, siswa dapat mengidetifikasi bentuk segi empat dengan tepat.
2.      Setelah mengidentifikasi bentuk segi empat, siswa dapat membuat gambar baru dari bentuk tersebut dengan kreatif.
3.      Dengan kegiatan menggambar siswa dapat menceritakan gambar yang dibuatnya dengan menggunakan bahasa sendiri.

E.     MATERI
·         Menghitung Banyak Teman
·         Mengenal Bentuk Segi Empat

F.     PENDEKATAN & METODE
1.      Pendekatan      : Scientific
2.      Strategi            : Cooperative Learning
3.      Teknik             : Example Non Example
4.      Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.  KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
2.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
Menghitung Banyak Teman
1.    Guru menyampaikan bahwa hari ini akan belajar berhitung bersama teman.
2.    Siswa mengamati gambar pada buku siswa.
3.    Siswa menghitung jumlah siswa pada gambar.
4.    Guru menanyakan berapa banyak anak laki-laki dan anak perempuan.
5.    Siswa berlatih pada halaman berikutnya.
6.    Siswa menghitung jumlah siswa di setiap kelompoknya dan mewarnai kotak yang jumlah anaknya lebih banyak.
7.    Lalu siswa mengamati benda di sekitar kelas dan mencari benda yang banyaknya sama dengan gambar siswa yang ada di buku siswa.
8.    Siswa menyampaikan hasil pengamatan kepada temannya.
9.    Siswa diminta membandingkan dengan hasil pengamatan temannya. Adakah kelompok lain yang mengamati benda yang sama?
10.  Adakah kelompok yang mengamati benda yang sama, tapi jumlahnya berbeda? Sebutkan pengamatan siapa yang lebih banyak?

Mengenal Bentuk Segi Empat
1.    Siswa diarahkan untuk melihat bentuk-bentuk yang ada di sekitar kelas (pintu, jendela, papan tulis, dan lain-lain).
2.    Siswa diminta menjelaskan bentuk masing-masing benda tersebut sesuai dengan pemahamannya.
3.    Guru menunjukkan beberapa kotak bekas kemasan.
4. Siswa diminta membongkar kotak untuk dapat menemukan bahwa bentuk dasar penyusun kotak adalah bangun datar.
5.    Guru memperkenalkan bangun segi empat.
6.    Siswa diminta untuk membuat gambar dari bentuk segiempat sesuai imajinasi mereka kemudian mewarnai gambar tersebut.
7.    Siswa bergantian menceritakan gambar kepada temannya.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.      Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.      Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.      Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
4.      Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
5.      Guru memberikan pekerjaan rumah untuk mengerjakan worksheet
6.      Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
7.      Salam dan do’a penutup.
    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
1.            Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.            Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.            Software Pengajaran  kelas 1  SDN Betet 3 dari JGC.
4.            Gambar dari Google.com
5.            Video dari youtobe.com.
6.            Kotak bekas pasta gigi, sabun, dan lainnya yang mempunyai bentuk dasar segi empat
7.            Alat mewarnai atau benda lain yang bisa digunakan untuk menghias.
I.       PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
2.      Penilain Proses
o   Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
3.      Penilaian Hasil Belajar
o   Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.      Instrumen Penilaian
5.      Penilaian Proses
o   Penilaian Kinerja.
o   Penilaian Produk.
6.      Penilaian Hasil Belajar
o   Pilihan ganda.
o   Isian singkat.
o   Esai atau uraian.


Mengetahui
Kepala Sekolah,



SARIMIN SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
Pangkalan Balai,   Juni 2016
Guru Kelas 1  ,



NURSIDAH,  S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005



MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan      : SDN No. 5 Banyuasin III
Kelas / Semester          :  1 /1
Tema 1                       :  Diriku (Diri Sendiri)
Sub Tema 1                :  Aku dan Teman Baru (Aku dan Teman Baruku)
Pembelajaran ke          :  4
Alokasi waktu             :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
SBdP
3.1. Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi    
4.7. Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
Bahasa Indonesia
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda,  serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.4. Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
 4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan/atau Tradisional
 4.4. Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
PJOK
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
C.  INDIKATOR
SBdP
·         Mengidentifikasi lagu sebagai satu karya seni
·         Menyanyikan lagu “a-b-c” dengan irama yang benar
Bahasa Indonesia
·         Menyebutkan urutan huruf melalui nyanyian “a-b-c”
·         Mengurutkan huruf a-b-c-d-e-f dengan urutan yang benar
·         Menulis di udara, pasir, dan punggung
·         Mengenal huruf vokal a-i-u-e-o
·         Menebalkan garis sesuai petunjuk


PJOK
  • Mengidentifikasi gerak lokomotor pada aktifitas berjalan
  • Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki dalam berjalan lurus
  • Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki dalam berjalan zigzag
  • Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki dalam berjalan lengkung
D.    TUJUAN
Bernyanyi Bersama Teman sambil Mengenal Huruf
Tujuan pembelajaran:
1.      Dengan mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat menyanyikan lagu “a-b-c” dengan benar.
2.      Setelah bernyanyi dan bermain, siswa dapat menyusun huruf dengan urutan yang benar.
3.      Dengan melihat contoh nama, siswa dapat menyusun nama mereka dari kartu-kartu huruf dengan tepat.
4.      Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan membentuk garis lurus dengan benar.
5.      Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan membentuk garis zigzag dengan benar.
6.      Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan membentuk garis lengkung dengan benar.
7.      Dengan penjelasan dari guru, siswa dapat mempraktikkan posisi duduk yang benar pada saat menulis dengan tepat.
8.      Dengan penjelasan dari guru, siswa dapat mempraktikkan cara memegang pensil yang benar pada saat menulis dengan tepat.
9.      Setelah mempraktikkan sikap tubuh dan cara memegang pensil yang benar pada saat menulis siswa dapat menebalkan garis dengan benar.

E.     MATERI
1.       Bernyanyi Bersama Teman sambil Mengenal Huruf
2.       Bergerak Bersama Teman


F.     PENDEKATAN & METODE
1.      Pendekatan     : Scientific
2.      Strategi           : Cooperative Learning
3.      Teknik             : Example Non Example
4.      Metode           : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G. KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
2.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
Bernyanyi Bersama Teman sambil Mengenal Huruf
1.    Tempelkan huruf a-z di papan tulis.
2.    Siswa diajak untuk bernyanyi lagu “a-b-c” sambil menunjukkan huruf yang disebut.
3. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok.
4.    Setiap kelompok diberikan satu set kartu huruf (a-f), lalu diminta mengurutkan.
5.    Setelah mengurutkan huruf, setiap kelompok diminta menuliskan huruf-huruf tersebut di udara, sesuai arahan guru.
6.    Setelah menulis di udara dilanjutkan dengan menulis di punggung dan di pasir.
7.    Setelah siswa menulis huruf di udara, di punggung dan di pasir, mintalah mereka untuk memperhatikan huruf-huruf yang terdapat pada namanya.
8.    Secara bergiliran, siswa mengambil huruf-huruf dari tumpukan huruf yang sudah disediakan oleh guru yang terdapat pada nama mereka.
9.    Siswa diingatkan untuk belajar bersabar saat ingin menunggu giliran.
10. Siswa mencoba menyusun nama mereka. Setelah berhasil, siswa boleh mengacungkan tangan untuk menyebutkan namanya dengan lantang setelah ditunjuk oleh guru.
11. Kegiatan ditutup dengan mengulang kembali lagu “a-b-c” dan guru mengingatkan siswa mengenai pentingnya menghargai teman dalam kegiatan kelompok.
12. Guru menyampaikan setelah siswa bermain di dalam kelas, sekarang akan bermain di luar kelas dan mengajak keluar kelas.
13. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
14. Masing-masing kelompok dibagi dua, lalu berdiri berpisah berhadap-hadapan.
15. Siswa no. 1 di sisi A diminta untuk berjalan lurus atau berlari menuju temannya di sisi B dan berbaris di belakang siswa no. 5. Lalu, siswa nomor 1 di sisi B berjalan lurus/berlari menuju titik A dan berbaris di belakang siswa no. 5. Demikian seterusnya.
5 4 3 2 1
A
1 2 3 4 5
B
16. Kegiatan kedua, guru meminta siswa berdiri di titik yang telah dibuat guru sebelumnya membentuk garis zig-zag.
1 3 5 7 9 11
2 4 6 8 10
17. Siswa nomor 1 diminta untuk berjalan menyusuri garis zig-zag sampai ke siswa no. 11. Lalu siswasiswa lain melangkah mundur satu garis. Selanjutnya siswa no. 2 yang berada di posisi 1 berjalan membuat garis zig-zag sampai ke posisi no. 11. Demikian seterusnya sampai kesebelas siswa melakukannya
1 3 5 7
11
1 3 5
18. Kegiatan ketiga guru menggambar garis lengkung jika memungkinkan, dan siswa berada di titik puncak garis. Jika tidak memungkinkan guru memberi tanda di tengah-tengah masing-masing siswa. Minta siswa no. 1 berjalan menyusuri garis lengkung sampai ke siswa no. 7 dan seterusnya (dilakukan, seperti tahapan berjalan zigzag).
19. Siswa kembali ke dalam kelas.
20. Guru menyampaikan setelah bergerak sesuai garis lurus, zig-zag, dan lengkung, siswa akan menggambarkan garis-garis tersebut di buku siswa dengan menggunakan pensil.

21. Guru menyampaikan sebelum menulis siswa perlu mengetahui posisi tubuh yang benar pada saat menulis dan memegang pensil yang benar. Lalu, guru mencontohkan dan meminta siswa mempraktikkannya.
22. Guru juga menyampaikan ujung pensil tidak terlalu runcing dan tidak tumpul dengan memperlihatkan contoh pensil yang diraut baik dan kurang baik.
23. Lalu, siswa diminta melihat gambar di buku siswa dan mengerjakan latihan menulis dengan menebalkan garis dan nama teman di buku siswa.
24. Guru memerintahkan siswa untuk mengerjakan worksheet
25. Sebagai penutup, guru menanyakan persamaan atau perbedaan permainan berjalan lurus, zig-zag, dan lengkung dengan menulis garis lurus, zig-zag, dan lengkung.
26. Guru mengajak siswa untuk bersyukur kepada Tuhan, karena diberi kaki untuk bergerak dan tangan untuk menulis.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.      Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.      Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.      Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
4.      Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
5.      Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
1.      Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.      Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.      Software Pengajaran  kelas 1  SDN Betet 3 dari JGC.
4.      Gambar dari Google.com
5.      Video dari youtobe.com.
6.      Beberapa set kartu huruf (a-z) berbentuk lingkaran
I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
  2. Penilain Proses
    • Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
  3. Penilaian Hasil Belajar
    • Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
  4. Instrumen Penilaian
  5. Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja.
·         Penilaian Produk.
  1. Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda.
·         Isian singkat.
  1. Esai atau uraian.



Mengetahui
Kepala Sekolah,



SARIMIN SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
Pangkalan Balai,   Juni 2016
Guru Kelas 1  ,



NURSIDAH,  S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005








MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan      : SDN No. 5 Banyuasin III
Kelas / Semester          :  1 /1
Tema 1                       :  Diriku (Diri Sendiri)
Sub Tema  1               :  Aku dan Teman Baru (Aku dan Teman Baruku)
Pembelajaran ke         :  5
Alokasi waktu            :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.  KOMPETENSI DASAR
Matematika
3.4 Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20
4.1 Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban



Bahasa Indonesia
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1  Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud  dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
PJOK
3.1. Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1. Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
C.    INDIKATOR
Matematika
·         Mengidentifikasi besaran bilangan dengan menghitung maju
·         Mengidentifikasi besaran bilangan dengan menghitung mundur
·         Mengurutkan bilangan dengan urutan maju 1-5
·         Mengurutkan bilangan dengan urutan mundur 1-5.
Bahasa Indonesia
·         Menebalkan angka 1-5 sesuai dengan Benda
PJOK
·         Melakukan gerakan lokomotor sesuai dengan arahan guru
·         Melakukan gerakan lokomotor berlari berpasangan





D.    TUJUAN
Tujuan pembelajaran:
1.      Dengan mendengar arahan dari guru, siswa dapat mempraktikkan gerakkan lari denganbenar.
2.      Dengan memperhatikan contoh dari guru, siswa dapat mempraktikkan lari berpasangan sambil berpegangan tangan dengan benar.
3.      Dengan permainan kartu angka, siswa dapat mengurutkan bilangan 1-5 dengan benar.
E.     MATERI
1.      Bermain Bersama Teman Baru
2.      Mengurutkan Bilangan bersama Teman Baru
F.     PENDEKATAN & METODE
1.      Pendekatan     : Scientific
2.      Strategi           : Cooperative Learning
3.      Teknik             : Example Non Example
4.      Metode           : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G. KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
2. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3. Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
Bermain Bersama Teman Baru
1. Guru mengajak siswa keluar kelas. Seluruh siswa diminta berbaris dengan rapi sesuai dengan urutan tinggi badan.
2. Siswa diminta melakukan pemanasan sebelum melakukan kegiatan olahraga.
3. Siswa diminta berlari berkeliling lapangan.

4. Siswa diminta untuk mencari pasangan yang telah ditentukan oleh guru sebelumnya.
5. Siswa diminta untuk saling berpegangan tangan.
6. Siswa diminta berlari mengelilingi lapangan sambil berpegangan tangan.
7. Setiap pasangan tidak boleh menyenggol pasangan lainnya.
8. Kegiatan ditutup dengan menanyakan pengalaman siswa saat mengikuti kegiatan.

Mengurutkan Bilangan bersama Teman Baru
1.  Siswa diajak untuk berhitung dari 1–5, lalu menghitung mundur dari 5 sampai 1.
2.  Siswa diminta untuk membentuk kelompok sejumlah 5 orang, tidak boleh lebih.
3.  Guru membagikan kalung angka yang sudah dibuat.
4. Setiap kelompok mendapat 1 set kalung bernomor bilangan 1–5.
5. Masing-masing siswa mendapat satu kalung lalu memakainya. Kalung angka diberikan secara acak kepada setiap anggota kelompok.
6.  Siswa akan diminta berbaris berurutan di kelompoknya setelah ada aba-aba dari guru.
7. Lalu guru memberi aba-aba agar setiap kelompok bersiap-siap.
8.  Ulangi kegiatan yang sama, tetapi sebelumnya bertukar kalung dengan nomor lainnya untuk mendapatkan pengalaman lebih banyak.
9.  Siswa kembali ke kelas dan diminta untuk mengerjakan latihan menebalkan angka dan mengurutkan bilangan pada halaman buku siswa.

    150
    menit

Kegiatan
Penutup
10.  Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
11.  Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
12.  Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
13.  Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
14.  Guru memberikan pekerjaan rumah untuk mengerjakan worksheet.
15.  Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
    15
    menit


H.    SUMBER DAN  MEDIA
1.      Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.      Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.      Software Pengajaran  kelas 1  SDN Betet 3 dari JGC.
4.      Gambar dari Google.com
5.      Video dari youtobe.com.
6.      Kalung angka dari karton bertuliskan nomor 1-5 beberapa set (sesuai jumlah kelompok yang mungkin terbentuk).
I.       PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
2.      Penilain Proses
·         Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
3.      Penilaian Hasil Belajar
·         Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.      Instrumen Penilaian
5.      Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja.
·         Penilaian Produk.
6.      Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda.
·         Isian singkat.
·         Esai atau uraian.

Mengetahui
Kepala Sekolah,



SARIMIN SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
Pangkalan Balai,   Juni 2016
Guru Kelas 1  ,



NURSIDAH,  S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005




MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan      : SDN No. 5 Banyuasin III
Kelas / Semester          :  1 /1
Tema  1                      :  Diriku (Diri Sendiri)
Sub Tema 1                :  Aku dan Teman Baru (Aku dan Teman Baruku)
Pembelajaran ke         :  6
Alokasi waktu            :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     KOMPETENSI DASAR
Matematika
3.2. Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di  sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
 4.5. Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada
Bahasa Indonesia
3.4. Mengenal teks cerita diri atau personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4. Menyampaikan teks cerita diri atau personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu Penyajian

SBdP
     3.1. Mengenal cara dan hasil gambar ekspresi
  4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
C.    INDIKATOR
Matematika
  • Menunjukkan benda-benda di sekitar yang berbentuk dasar segi empat
  • Menunjukkan benda-benda di sekitar yang berbentuk dasar lingkaran
  • Menggambar berdasarkan bentuk lingkaran dan segi empat
Bahasa Indonesia
  • Menceritakan hasil gambar yang dibuatnya di depan kelas
  • Menyampaikan hasil pengamatan sesuai bentuk benda
SBdP
  • Menentukan bentuk baru yang akan digambar
  • Menggambar bentuk baru dari bangun datar segi empat dan lingkaran
D.    TUJUAN
Tujuan pembelajaran:
1.      Dengan kegiatan mengamati, siswa dapat mengidentifikasi benda-benda berbentuk Lingkaran dengan benar.
2.      Setelah mengidentifikasi bentuk lingkaran siswa dapat menggambar bentuk lingkaran dengan benar.
3.      Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat membuat gambar ekspresi dari bentuk-bentuk segi empat dan lingkaran.
4.      Setelah menggambar, siswa dapat menceritakan hasil gambar yang dibuat dengan lancar.



E.     MATERI
1.      Mengenal Lingkaran sambil Bermain Bersama Teman
2.      Menggambar dan Bercerita
F.     PENDEKATAN & METODE
1.      Pendekatan     : Scientific
2.      Strategi           : Cooperative Learning
3.      Teknik             : Example Non Example
4.      Metode           : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.            Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
2.            Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.            Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.            Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5.            Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.            Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
Mengenal Lingkaran sambil Bermain Bersama Teman
1.      Guru menjelaskan kepada siswa bahwa mereka akan mempelajari bentuk lingkaran.
2.      Siswa diminta menunjukkan berbagai bentuk lingkaran yang ada pada gambar di halaman buku siswa.
3.      Siswa diminta memberikan contoh bendabenda berbentuk lingkaran yang mereka tahu.
4.      Kemudian, siswa diminta membentuk kelompok.
5.      Masing-masing kelompok mengamati benda-benda berbentuk lingkaran di kelas atau di luar kelas.
6.      Setelah waktu pengamatan selesai, masing-masing kelompok menyampaikan hasil pengamatannya di depan kelas.
7.      Setelah semua kelompok menyampaikan laporan guru melakukan konfirmasi dan penguatan konsep yang baru saja dipelajari.
7.      Siswa diminta mengerjakan worksheet yang telah tersedia.
8.      Siswa juga diminta menyampaikan kesan-kesan mereka dalam mengikuti kegiatan.



Menggambar dan Bercerita
1.      Guru mengingatkan siswa tentang bangun lingkaran dan bangun segi empat yang baru saja dipelajari.
2.      Siswa diminta membuat gambar dari bentuk lingkaran  dan segi empat secara berkelompok.
3.      Setelah selesai, siswa menceritakan gambarnya kepada kelompok lain.
4.      Setiap kelompok diberi kesempatan untuk menyampaikan hasil karyanya dengan menceritakan bagaimana mereka menentukan gambar yang akan dibuat, dan penjelasan mengenai gambar apa, yaitu maksud dan arti.
5.      Kelompok lain diberi kesempatan untuk memberikan pendapat terhadap hasil kerja temannya.
6.      Kelompok yang diberi apresiasi mengucapkan terima kasih.
7.      Setiap kelompok diberi kesempatan untuk saling membandingkan hasil kerjanya.
8.      Kegiatan ditutup dengan diskusi mengenai tujuan dan manfaat bekerja sama serta saling menghargai karya teman.
150
menit
Kegiatan
Penutup
9.      Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
10.    Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
10.    Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
11.    Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
12.    Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
         Salam dan do’a penutup.

Kegiatan alternatif:
•       Berkenalan sambil bernyanyi
•       Mewarnai tulisan nama diri
•       Menebak jumlah benda yang lebih banyak
•       Permainan menyusun huruf dan suku kata
•       Membuat poster peraturan kelas
•       Membandingkan jumlah benda

Remedial:
•       Guru mengulang penjelasan bagi siswa yang belum memahami konsep bilangan 1-5.
•       Guru memberikan remedial membaca bagi siswa yang belum lancar membaca teks yang dipelajari.
   
    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
1.      Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.      Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.      Software Pengajaran  kelas 1  SDN Betet 3 dari JGC.
4.      Gambar dari Google.com
5.      Video dari youtobe.com.
6.      Contoh-contoh benda atau gambar berbentuk lingkaran.
I.       PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
2.      Penilain Proses
o   Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
3.      Penilaian Hasil Belajar
o   Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
4.      Instrumen Penilaian
5.      Penilaian Proses
o   Penilaian Kinerja.
o   Penilaian Produk.
6.      Penilaian Hasil Belajar
o   Pilihan ganda.
o   Isian singkat.
o   Esai atau uraian.

Mengetahui
Kepala Sekolah,



SARIMIN SH, S,PD
NIP. 19630805 198804 1 001
Pangkalan Balai,   Juni 2016
Guru Kelas 1  ,



NURSIDAH,  S.Pd SD
NIP. 19661104 198803 2 005


Post a Comment for "RPP SD KURIKULUM 2013 Aku dan Teman Baru (Aku dan Teman Baruku)"