Makalah Sejarah Kota Pangkalan Balai
Pendahuluan
A. Pendahuluan
Sejarah lokal mengandung suatu
pengertian, bahwa suatu peristiwa yang tidak terjadi hanya meliputi suatu
daerah dan tidak menyebar ke daerah lainnya. Sejarah tentang suatu daerah
memuat suatu awal daerah tersebut seperti asa-usul daerah yang bersangkutan sampai
kepada perkembangan daerah itu pada masa berikutnya. Setiap wilayah di
Indonesia memiliki karakter tersendiri. Hal ini di sebabkan karena
masing-masing wilayah di Indonesia terbentuk melalui sejarah panjang yang
berbeda-beda.
Sejarah lokal yang identik dengan
cerita rakyat sampai sekarang masih berkembang terus dan penyebarannya secara
turun temurun oleh masyarakat. Tetapi masih banyak cerita rakyat yang belum
terdeteksi maupun tersimpan dalam bentuk tulisan maupun kajian.
Peristiwa-peristiwa yang terjadi di daerah biasanya dikenang dan diingat dalam
bentuk nama. Nama tersebut biasanya diambil dari nama peristiwa, orang,
binatang, tumbuhan dan sebagainya. Oleh karena itu, berbagai alasan diatas,
penulis ingin menelaah dan merekap sejarah
lokal di kota Pangkalan Balai,
kecamatan Banyuasin III, kabupaten Banyuasin, provinsi Sumatera Selatan.
Penulis ingin menelaah asal-usul
nama kota Pangkalan Balai karena penulis ingin mengetahui asal-usul dari cerita
daerah penulis sendiri dan membaginya pada pembaca. Banyak masyarakat di
Indonesia yang tidak memahami dan mengetahui sejarah lokal yang ada didaerahnya
masing-masing. Ini dikarenakan minimnya pengetahuan tentang sejarah lokal di
wilayahnya, adapun sumber-sumber untuk mengetahui secara lisan banyak yang
sudah meninggal, pikun, atau bukan penduduk asli dari daerah tersebut. Selain
itu setelah penulis melakukan wawancara kepada informan, penulis menemukan
keunikan dari kebudayaan yang terkandung di dalam cerita-cerita tersebut. Hal
itu patut untuk diteliti dan di cari informasi lebih lanjut agar masyarakat
lebih memahami dan menghargai cerita-cerita rakyat yang terdapat di daerah
mereka masing-masing.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang di atas rumusan masalah pada penulisan ini adalah sebagai
berikut:
1.
Bagaimana asal-usul atau sejarah dari kota Pangkalan
Balai, kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin, provinsi Sumatera Selatan?
2.
Apa fungsi sosial cerita daerah tersebut terhadap
lingkungan dan masyarakat?
C. Tujuan Penulisan
Berdasarkan
rumusan masalah diatas tujuan penulisan pada karya tulis ini adalah sebagai
beikut:
1.
Mengetahui asal-usul atau sejarah dari kota
Pangkalan Balai, kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin, provinsi
Sumatera Selatan.
2.
Mengetahui fungsi sosial cerita daerah tersebut terhadap
lingkungan dan masyarakat.
D. Manfaat Penulisan
Manfaat penulisan karya tulis ini adalah sebagai
berikut:
1.
Bagi pelajar, dapat mengetahui asal-usul nama
kota/kecamatan/kabupaten dari tempat tinggal atau tempat kelahiran mereka dan
menjadi generasi penerus bangsa yang berwawasan lingkungan dan pengetahuan.
2.
Bagi masyarakat, dapat menyalurkan
informasi-informasi yang pernah terjadi di daerah tempat tinggal atau kelahiran
sebelum adanya nama daerah.
3.
Bagi pemerintah, dapat mempromosikan sejarah wilayah
daerah dan menjadikannya sebagai bentuk kearifan lokal dalam menjaga
kelangsungan wilayah daerah.
Bab II
Hasil dan
Pembahasan
A. Bagaimana asal-usul atau sejarah dari kota Pangkalan
Balai, kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin, provinsi Sumatera Selatan?
Narasumber 1:
B. Nama : Emil Salim, S. Sos. I
C. Tempat/tanggal lahir: Banyuasin, 10
Oktober 1982
D. Umur : 34 tahun
E. Pekerjaan : Pegawai
Narasumber 2:
A. Nama : Hayati
B. Tempat/tanggal lahir: Pangkalan Balai,
27 Mei 1961
C. Umur : 5 tahun
D. Pekerjaan : Wiraswasta
Menurut narasumber 1 dan narasumber 2 yang tergabung, kisah ini bermula pada
suatu perkampungan yang diberi nama ‘Talang Gelumbang’. Penduduk awalnya hanya
dihuni tujuh buah rumah oleh beberapa keluarga yang dipimpin oleh tiga tokoh
masyarakat yaitu pertama Puyang Beremban Besi seorang pahlawan, penduduk asli
yang mempunyai kekuatan kebal terhadap berbagai senjata tajam, yang kedua yakni
Bujang Merawan selaku pimpinan Pemerintahan, dan ketiga adalah Cahaya Bintang
selaku pimpinan adat.
Di antara ketiga tokoh tersebut ada yang berasal dari Cirebon anak
Mangkubumi dari kesultanan Cirebon karena kebijaksanaan dan wibawa mereka, desa
kecil itu terus berkembang, satu persatu rumah bertambah, karena banyak daya
tarik dari desa ini, akhirnya desa ini menjadi perkampungan yang ramai.
Mata pencaharian penduduk desa ini adalah bercocok tanam dan sebagai
nelayan, kehidupan masyarakat desa ini selalu dalam suasana aman dan damai.
Sekitar tahun 1600 datanglah seorang yang tak dikenal dengan kapal layar
bernama 'Tuan Bangsali', beliau ternyata seorang ulama, beliau menyebarkan
agama islam sehingga penduduk baik laki-laki maupun perempuan belajar agama
islam.
Tuan Bangsali memilih Thalib Wali sebagai orang kepercayaannya atau orang
yang pandai ilmu agama. Setelah kedatangan Tuan Bangsali desa ini
mengalami perkembangan yang pesat, karena kampung ini kecil dan kurang memadai
maka pemimpin desa ini memperluas kampung dan memindahkan penduduknya ke
seberang yang diberi nama Napal. Di desa Napal ini mereka membangun
perkampungan baru dan banyak rumah kokoh berdiri, kemudian penduduk membangun
sebuah Balai Desa yang cukup besar dan sebuah Pangkalan tempat berlabuhnya
perahu dagang dan perahu nelayan Pangkalan ini diberi nama Pangkalan Napal atau
Pangkalan Bangsali.
Beberapa tahun kemudian Puyang Beremban Besi wafat dan berwasiat agar
dimakamkan di hilir dusun (kira-kira dua kilometer dari Boom Berlian) ternyata
di tempat makam beliau ditumbuhi nipah kuning. Setelah wafatnya Puyang Beremban
Besi kemudian Bujang Merawan dan Cahaya Bintang pun mengundurkan diri karena
sudah tua dan sering sakit-sakitan.
Akhirnya kepemimpinan beralih ke tangan Thalib Wali. Kemudian Thalib Wali
menunjuk dua orang yaitu Puyang Rantau Pendodo sebagai kepala pemerintahan dan
Muning Cana sebagai orang yang gagah berani.
Thalib Wali ini bernama Munai maka orang-orang desa ini memanggil beliau dengan sebutan 'Muning Munai'. Karena perkembangan desa dan keadaan pemerintahan yang kurang memadai, maka Thalib Wali mengambil kebijaksanaan bersama musyawarah rakyat setempat untuk memilih wakil-wakilnya, mereka yang terpilih adalah Ngunang sebagai Rio (kerio) Desa ini untuk pertama kalinya. Kemudian Thalib Wali ditetapkan menjadi khotib yang mengemban tugas agama sebagai pencatat nikah, tolak, dan rujuk, mengurus kelahiran dan kematian serta mengurus persedekahan rakyat.
Thalib Wali ini bernama Munai maka orang-orang desa ini memanggil beliau dengan sebutan 'Muning Munai'. Karena perkembangan desa dan keadaan pemerintahan yang kurang memadai, maka Thalib Wali mengambil kebijaksanaan bersama musyawarah rakyat setempat untuk memilih wakil-wakilnya, mereka yang terpilih adalah Ngunang sebagai Rio (kerio) Desa ini untuk pertama kalinya. Kemudian Thalib Wali ditetapkan menjadi khotib yang mengemban tugas agama sebagai pencatat nikah, tolak, dan rujuk, mengurus kelahiran dan kematian serta mengurus persedekahan rakyat.
Beberapa tahun kemudian Tuan Bangsali menilai ada beberapa orang yang
pandai ilmu agama islam mereka adalah Thalib Wali dan Dul sedangkan Dul berasal
dari Talang Majapani (Lubuk Rengas) dan kedua orang ini diajak pergi haji ke
tanah suci Mekkah dengan menggunakan perahu layar. Setahun kemudian mereka yang
pergi haji tersebut kembali ke desa ini, yaitu Serumpun Pohon Paojenggih dan
Serumpun Pohon Beringin Nyusang.
Dengan ketentuan harus ditanam di dusun, pohon Poejenggih ditanam di sebelah
kiri naik dan Pohon Beringin Nyusang ditanam di sebelah kanan naik, sedangkan
Dul membawa serumpun Maje, dari tahun ke tahun dusun ini terus mengalami
kemajuan dan masih tetap bernama 'Talang Gelumbang' dan pangkalannya masih
tetap bernama Pangkalan Bangsali.
Setelah 40 tahun, wafatlah Kerio Ngunang, kerena perkembangan dusun sangat
pesat maka dipilih seorang pasira (Depati) oleh Susuhunan Raja-raja Palembang,
yang kedudukan di dusun Limau. Menurut ceritanya, Dusun Limau ini dibuat oleh
anak dalam Muara Bengkulu. Rio ayung seorang anak dari Mangku Bumi Kesultanan
Majapahit pada waktu Majapahit jatuh kekuasaannya, maka kelima anak dari Mangku
Bumi melarikan diri ke Sumatera yaitu yang tertua ke daerah Sung Sang bernama
Ratu Senuhun, yang kedua di daerah Limau bernama Rio Bayung, yang ketiga di
daerah Betung bernama Rima Demam, dan dua orang wanita di daerah Abad Penungkal
(Air Hitam).
Ratu Senuhun pada waktu berlayar perahunya tersangsang (tersangkut) dan
tidak bisa turun lagi, maka daerah tersebut dinamakan Sung Sang, tetapi
sebenarnya adalah Sang-Sang, sedangkan Depati Bang Seman, anaknya yang menjabat
sebagai depati, namun istrinya meninggal, maka Depati Buta, karena matanya buta
sebelah, tetapi kewibawaannya tinggi dan pergaulannya sangatlah luas, maka
orang-orang hormat padanya. Setelah tujuh tahun beliau memegang tampuk
pemerintahan, kemudian beliau sakit dan wafat.
Setiap dusun yang ada Rio (kepala desa) harus mempunyai seorang khotib,
yang bertugas mencatat nikah, tolak, rujuk, kematian, kelahiran, dan
persedekahan rakyat. Perhubungan laut di Dusun Limau sulit untuk dijangkau maka
diambil suatu kebijaksanaan bahwa pemerintahan Stap Pasirah dipindahkan ke
Dusun Galang Tinggi. Dusun Galang Tinggi konon ceritanya dibuat oleh si Pahit
Lidah, setelah di dusun Galang Tinggi diadakan musyawarah dan hasil musyawarah
itu terpilihlah Depati Jebah sebagai depati pertama di dusun Galang Tinggi,
lima tahun kemudian Jebah wafat dan digantikan oleh depati Renyab.
Konon kabar di suatu desa yang bernama dusun Galang Tinggi, dusun ini
dibuat oleh seorang yang sangat sakti mandraguna karena apa yang diucapkannya
akan menjadi misalnya, seekor gajah yang sedang menyeberang laut si Pahit Lidah
berucap menjadi batu maka gajah itupun akan berubah menjadi batu dan banyak lagi
kejadian-kejadian yang lain. Oleh karena itu, dia dijuluki si Pahit Lidah dan
bukti-bukti peristiwa itu masih dapat kita saksikan sampai sekarang. Di dusun
Galing Tinggi ini kemudian ada pertarungan untuk memilih depati harus dengan
keputusan musyawarah bersama, maka terpilihnya seorang yang bernama mentadi.
Mentadi adalah saudara kandung ibu Depati Berdin yang bungsu Thalib Wali
bernama Mentadi dipilih menjadi depati.
Setelah lebih kurang empat tahun Mentadi menjadi depati di Tanjung Menang
terjadi kemarau panjang selama Sembilan bulan. Pada waktu itu kayu bergesekan
maka keluarlah api, pada saat itu pula Mentadi sedang membuat sebuah ladang
ketika ia membakar ladangnya untuk dibersihkan ternyata api itupun menyebar
luas lalu membakar hutan-hutan dan kampong-kampung kecil sekitarnya ada dua
rumah yang di dalamnya ada orang tua yang sedang sakit dan anak berumur
dua tahun ikut terbakar dan meninggal dunia.
Karena peristiwa itu maka Depati Mentadi dijatuhi hukuman oleh hakim pada
waktu itu, dia dihukum selama tiga tahun penjara dan diberhentikan sebagai
depati. Penjara (obak) itu dinamakan Macan Lindung, akan tetapi Mentadi
mempunyai sahabat karib yang bernama Marem Bubok dan Jamaer yang nama aslinya
Tamsi.
Kedua sahabat Mentadi mengharap pengadilan akan menemani Mentadi selama
dalam penjara, pengadilan pun memperbolehkan, akhirnya hukuman Mentadi
diputuskan hanya satu tahun berkat bantuan sahabatnya itu. Setelah Mentadi
berhenti dari jabatannya sebagai depati, maka dari hasil musyawarah terpilihlah
pak Betiah sebagai depati dan beliau digelari sebagai Depati Bungkuk, sayang
beliau ini buta huruf dan hanya bisa menjabat depati selama tiga tahun.
Semasa pemerintahan Depati Bungkuk Palembang telah jatuh kepada pemerintah
Hindia Belanda. Kemudian Depati Bungkuk berhenti hasil musyawarah terpilih
kembali Mentadi sebagai Depati untuk jabatan selama dua puluh tahun. Pada masa
kepemimpinan Depati Mentadi pejabat-pejabat pemerintah Hindia Belanda dating ke
dusun Tanjung Menang dan menanyakan mengapa nama dusun ini Tanjung Menang dan
nama Pangkalannya adalah Pangkalan Bangsali, Depati Mentadi menerangkan bahwa
dinamakan Tanjung Menang karena dusun ini telah berhasil memenangkan peperangan
melawan Lanun (bajak laut) sedangkan Pangkalan Bangsali karena dibuat oleh Tuan
Bangsali sendiri.
Setelah Pemerintah Hindia Belanda mendengar alasan yang dikemukan oleh
Depati Mentadi, maka mereka mengadakan musyawarah untuk mengubah nama dusun
Tanjung Menang menjadi Pangkalan Balai oleh karena dusun Tanjung Menang
mempunyai Balai maka namanya pun diubah menjadi Pangkalan Balai. Pangkalan
Balai adalah pelabuhan Balai tempat pertemuan oleh karena itu, Pangkalan Balai
mempunyai arti tempat berlabuh yang digunakan untuk pertemuan-pertemuan.
Itulah asal usul nama kota Pangkalan Balai yang terletak di Kabupaten
Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan yang sekarang menjadi ibu kota Kabupaten
Banyuasin sejak 2002.
Lama-kelamaan penduduk Ngelebung bertambah banyak dan
berkembanglah menjadi sebuah kampung yang akhirnya menjadi sebuah dusun bernama
Lebung. Dusun Lebung sekarang lebih dikenal dengan nama Desa Lebung.
Karena kesaktian ketib membuat kawah menjadi perahu sebagai kendaraan, ia
kemudian dikenal dengan sebutan “Puyang Perahu Kawah”.
Cerita ini di gabung dan disatupadukan oleh penulis
dari hasil studi pustaka, yaitu menggali
informasi pengkajian melalui internet dan hasil wawancara dengan warga stetmpat
yang merupakan warga asli kota pangkalan Balai (sebagai Narasumber 1) yang
bernama Emil Salim, S. Sos. I. Bertempat tinggal di Jalan Bukit Indah No 40 RT
17 RW 16 pangkalan Balai, kecamatan Banyuasin III, kabupaten Banyuasin,
provinsi Sumatera Selatan dan Ibu Hayati (narasumber 2) Bertempat tinggal di
Jalan Bukit Indah No 39 RT 17 RW 16 pangkalan Balai, kecamatan Banyuasin III.
E. Apa fungsi sosial cerita daerah tersebut terhadap
lingkungan dan masyarakat?
Cerita rakyat merupakan
bagian yang tak terpisahkan dari perkembangan budaya suatu komunitas. Hampir
dapat dipastikan bahwa tak ada satu pun komunitas yang tidak memiliki cerita
rakyat, baik yang berupa legenda, mitos, atau pun sekedar dongeng belaka.
Bila digali secara
mendalam, cerita rakyat akan semakin memperkaya khasanah budaya dan sejarah
peradaban suatu bangsa. Pada umumnya cerita rakyat menceritakan asal-usul suatu
masyarakat beserta nilai-nilai budaya yang mereka anut.
Di Kabupaten Banyuasin,
cerita rakyat seperti Si Tampok Pinang, Burung Kuwaw, Putri Biyuku, dan Ario
Bajung masih dikenal masyarakat.Cerita rakyat masih sering dinikmati oleh warga
masyarakat karena dapat dijadikan sebagai contoh dan pelipur lara, serta
bersifat jenaka. Oleh karena itu, cerita rakyat biasanya mengandung ajaran budi
pekerti atau pendidikan moral dan hiburan bagi masyarakat.
Menurut Izy Prasetya bila mempelajari
dengan seksama, ternyata cerita rakyat yang hidup di kalangan masyarakat itu
memiliki fungsi bermacam-macam. Setidaknya cerita rakyat memiliki tiga fungsi,
yaitu 1) fungsi hiburan, 2) fungsi pendidikan, dan 3) fungsi penggalang
kesetiakawanan sosial.
Cerita rakyat jelas merupakan suatu bentuk hiburan. Dengan mendengarkan
cerita rakyat sepeti dongeng, mite atau legenda, kita sekan-akan diajak
berkelana ke alam lain yang tidak kita jumpai dalam pengalaman hidup
sehari-hari. Para penuturnya pun sering mempunyai kecenderungan untuk
mengembangkan cerita yang pernah didengarnya dengan jalan menuturkan fantasinya
sendiri. Dengan demikian cerita itu pada satu pihak menyebar secara luas di
kalangan masyarakat dalam bentuk dan isi yang relatif tetap karena kuatnya si
penutur pada tradisi, tetapi pada lain pihak juga banyak mengalami perubahan,
karena hasratnya untuk menyalurkan angan-angannya serta citarasanya sendiri.
Sebagai
salah satu folklor lisan, cerita rakyat mempunyai fungsi-fungsi yang
menjadikannya penting dan sangat menarik untuk diselidiki. Fungsi-fungsi yang
dimaksud merupakan bagian dari suatu kebudayaan yang terdapat kehidupan sosial
masyarakat. Sebab, salah satu fungsi kebudayaan yaitu sebagai pengendalian
sosial (Manan, 89:16). Cerita rakyat memiliki fungsi-fungsi sosial yang
merupakan realitas kehidupan dan bermanfaat sebagai alat untuk mengendalikan
kehidupan sosial suatu masyarakat.
Menurut Semi (1984:10-14) cerita rakyat
memiliki empat fungsi sosial, yaitu: (1) Menghibur adalah suatu karya sastra
yang diciptakan berdasarkan keinginan melahirkan suatu rangkaian berbahasa yang
indah dan bunyi yang merdu saja, (2) mendidik adalah suatu karya sastra yang
dapat memberikan pelajaran tentang kehidupan, karena sastra mengekspresikan
nilai-nilai kemanusiaan seperti yang terdapat dalam agama. Nilai-nilai yang
disampaikannya dapat lebih fleksibel. Di dalam sebuah karya sastra yang baik
kita akan menemui unsur-unsur dari ilmu filsafat, ilmu kemasyarakatan, (3)
mewariskan adalah suatu karya sastra yang dijadikan alat untuk meneruskan
tradisi suatu bangsa dalam arti yang positif. Tradisi itu memerlukan alat untuk
meneruskannya kepada masyarakat sezaman dan masyarakat yang akan datang, (4)
jati diri adalah suatu karya sastra yang menjadikan dirinya sebagai suatu
tempat di mana nilai kemanusiaan mendapat tempat yang sewajarnya,
dipertahankan, dan disebarluaskan, terutama di tengah-tengah kehidupan modern
yang ditandai dengan menggebu-gebunya kemajuan sains dan teknologi.
Bab III
penutup
A. Simpulan
Adapun simpulan
dari karya tulis ini adalah sebagai berikut:
1.
Asal-usul kota Pangkalan
Balai berawal dari perkampungan yang bernama “Talang Gelumbang” yang hanya dihuni tujuh buah rumah oleh
beberapa keluarga yang dipimpin oleh tiga tokoh masyarakat yaitu pertama Puyang
Beremban Besi (pahlawan), Bujang Merawan (pimpinan pemerintahan), dan Cahaya
Bintang (pimpinan adat). Desa ini terus berkembang pesat dan bertambah ramai. Hingga
datanglah Tuan Bangsali dan orang kepercayaannya yaitu Thalib Wali sebagai
seorang ulama. Kemudian beberapa puluhan tahun kedepan akhirnya Semasa pemerintahan Depati Bungkuk
Palembang telah jatuh kepada pemerintah Hindia Belanda. Kemudian menanyakan mengapa nama dusun ini
Tanjung Menang dan nama Pangkalannya adalah Pangkalan Bangsali, Setelah
Pemerintah Hindia Belanda mendengar alasan yang dikemukan oleh Depati Mentadi,
maka mereka mengadakan musyawarah untuk mengubah nama dusun Tanjung Menang
menjadi Pangkalan Bali oleh karena dusun Tanjung Menang mempunyai Balai maka
namanya pun diubah menjadi Pangkalan Balai. Pangkalan Balai adalah pelabuhan
Balai tempat pertemuan.
2.
Fungsi sosial cerita rakyat tersebut terhadap
masyarakat dan pemerintah adalah sebagai hibura, sebagai tempat pendidikan,
sebagai ciri khas pewarisan keturunan wilayah daerah dan sebagai jati diri
suatu wilayah darah untuk di perkenalkan dan dikenal oleh wilayah daerah
lainnya.
B. Saran
Adapun
Saran dalam karya tulis ini adalah sebagai berikut:
1.
hendaknya
dengan hasil penelitian ini diharapkan para pembaca khususnya masyarakat kota
Pangkalan Balai, kecamatan Banyuasin III, kabupaten Banyuasin, provinsi
Sumatera Selatan, ada kemauan untuk memahami sejarah lokal di daerahnya serta
melestarikannya hingga generasi ke generasi.
2.
Sejarah
lokal sangat pentingg dimasukkan sebagai suatu kurikulum di sekolah karena
memegang peranan yang sangat penting untuk membangkitkan kecintaan pelajar
kepada daerahnya. Kecintaan siswa pada daerahnya akan mewujudkan ketahanan
daerah. Ketahanan daerah adalah kemampuan suatu daerah yang ditujukan oleh
kemampuan warganya untuk menata diri sesuai dengan konsep yang diyakini
keyakini kebenarannya dengan jiwa yang tangguh, semangat yang tinggi, serta
dengan cara memanfaatkan alam secara bijaksana.
Daftar Pustaka
Rossa
Liana.2013. Asal-usul Suatu Desa dalam
http://liana-rossa.blogspot.co.id/2013/08/tugas-sejarah-asal-usul-suatu-desa.html (diakses tanggal 17 Agustus 2016).
Firdaus
Fauzy.2013. kateegori dan fungsi sosial dalam
http://ulongfirdausfauzy.blogspot.co.id/2013/06/kategori-dan-fungsi-sosial-cerita-rakyat_647.html (diakses tanggal 18 Agustus 2016).
Anonim.2016. Fungsi
Cerita Rakyat Bagi Masyarakat dalam http://disparsenbudpora.banyuasinkab.go.id/?nmodul=berita&bhsnyo=id&bid=51 (diakses tanggal 18 Agustus 2016).
Bella
Permatasari.2014. Asal-usul Kota Pangkalan Balai dalam file:///C:/Users/Acer-PC/Downloads/48%20Bella%20Permatasari...JKT.html (diakses tanggal 18 Agustus 2016).
Post a Comment for "Makalah Sejarah Kota Pangkalan Balai"