Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pancasila bagi Bangsa Indonesia


      a.       Pancasila sebagai Pandangan Hidup, Jiwa dan Kepribadian Bangsa Indonesia
Para pendiri negara kita menggali nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Pancasila dari budaya dan peradaban bangsa Indonesia sendiri. Budaya dan peradaban sebagai perwujudan nilai-nilai yang dihayati dan diamalkan bangsa Indonesia, memancarkan nilai-nilai luhur ke dalam tatanan kehidupan masyarakat dan bangsa, antara lain semangat kegotong royongan, musyawarah, Bhineka Tunggal Ika, kekeluargaan, keselarasan, keserasian dan keseimbangan.
     1.       Gotong royong terdapat di dalam tatanan hidup masyarakat Indonesia dan terdapat di daerah-daerah di Indonesia. Meskipun disebut dengan istilah yang berbeda, tetapi hakekat nya sama, yaitu bekerja bersama-sama saling membantu untuk kepentingan bersama, tanpa mengutamakan kepentingan pribadi.
     2.       Musyawarah adalah pembahasan bersama untuk menyatukan pendapat guna menyelesaikan masalah bersama. Sejak zaman dahulu musyawarah dijunjung tinggi di dalam kehidupan di desa-desa.
     3.       Bhinneka Tunggal Ika artinya berbeda-beda tetapi satu. Motto itu tertulis pada lambang negara kita. Bangsa Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa yang berbeda antara satu dengan lainnya.   
     4.       Kekeluargaan atau semangat kekeluargaan di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara adalah cerminan jiwa yang bermula dari kehidupan keluarga.
Semua anggota keluarga saling menghormati, saling menghargai, dan saling mencintai. Setiap anggota keluarga sadar akan tugas dan kewajibannya untuk menjaga kelangsungan hidup dan keselamatan bersama, menjunjung martabat keluarganya menuju kesejahteraan dan kebahagiaan bersama.
Manusia di dalam kehidupan bersama harus berupaya untuk menjaga keselarasaan, keseimbangan, dan keserasian.
Nilai-nilai yang telah diuraikan diatas adalah nilai-nilai yang mencerminkan kehidupan bersama yang selaras, serasi dan seimbang.
1.       Selaras, artinya keadaan yang menggambarkan hubungan yang menumbuhkan ketentraman lahir dan batin. Hal ini terjadi karena masing-masing unsur terjalin di dalam suatu hubungan tugas dan kewajibannya sesuai dengan darma baktinya masing-masing.
2.       Serasi, artinya keadaan yang menggambarkan kesesuaian antarunsur di dalam suatu hubungan yang menimbulkan kesatuan yang utuh.
3.       Seimbang, artinya keadaan yang menggambarkan hubungan yang sesuai dengan sepatutnya di dalam melaksanakan hak dan kewajiban.
Niali luhur lainnya terkandung di dalam Pancasila antara lain percaya, takwa, kemanusiaan, keadilan, kesejahteraan, kebebasan, kebangsaan, kecerdasan, kebahagian, perdamaian , dan lain-lain. Inilah nilai-nilai yang dipakai bangsa Indonesia sebagai norma yang menjadi tolok ukur ketika menghadapi permasalahan-permasalahan hidup bangsa.
Nilai-nilai luhur ang dijadikan sebagai norma di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara telah dimiliki bangsa Indonesia dan dianggap paling benar dan paling cocok. Para pendiri negara kita telah merumuskan sebagai dasar negara RI yaitu Pancasila yang dituangkan dalam pembukaan UUD 1945.

Post a Comment for "Pancasila bagi Bangsa Indonesia"