Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makalah Mengenai Etika Keperawatan

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah.
Praktek keperawatan sebagai suatu pelayanan professional diberikan berdasarkan ilmu pengetahuan, menggunakan metodologi keperawatan dan dilandasi kode etik keperawatan. Kode etik keperawatan mengatur hubungan antara perawat dan pasien, perawat terhadap petugas, perawat terhadap  sesame anggota tim kesehatan, perawat terhadap profesi dan perawat terhadap pemerintah, bangsa dan tanah air.
Pada hakikatnya keperawatan sebagai profesi senantiasa mengabdi kepada kemanusiaan, mendahulukan kepentingan masyarakat diatas kepentingan pribadi, bentuk pelayanannya bersifat humanistic, menggunakan pendekatan secara holistic, dilaksankan berdasarkan pada ilmu dan kiat keperawatan serta menggunakan kode etik sebagai tuntutan utama dalam melaksanakan pelayanan atau asuhan keperawatan. Dengan memahami konsep etik, setiap perawat akan memperoleh arahan dalam melaksanakan asuhan keperawatan yang merupakan tanggung jawab moralnya dan tidak akan membuat keputusan secara sembarangan.
Perawat profesional harus menghadapi tanggung jawab etik dan konflik yang mungkin mereka alami sebagai akibat dari hubungan mereka dalam praktik profesional. Kemajuan dalam bidang kedokteran, hak klien, perubahan sosial dan hukum telah berperan dalam peningkatan perhatian terhadap etik.
Standard perilaku perawat ditetapkan dalam kode etik yang disusun oleh asosiasi keperawatan internasional, nasional, dan negera bagian atau provinsi. Perawat harus mampu menerapkan prinsip etik dalam pengambilan keputusan dan mencakup nilai dan keyakinan dari klien, profesi, perawat, dan semua pihak yang terlibat. Perawat memiliki tanggung jawab untuk melindungi hak klien dengan bertindak sebagai advokat klien.
Keperawatan sebagai suatu profesi harus memiliki suatu landasan dan lindungan yang jelas. Para perawat harus tahu berbagai konsep hukum yang berkaitan dengan praktik keperawatan karena mereka mempunyai akuntabilitas terhadap keputusan dan tindakan profesional yang mereka lakukan.
Secara umum terdapat dua alasan terhadap pentingnya para perawat tahu tentang hukum yang mengatur praktiknya. Alasan pertama untuk memberikan kepastian bahwa keputusan dan tindakan perawat yang dilakukan konsisten dengan prinsip-prinsip hukum. Kedua, untuk melindungi perawat dari liabilitas.
Untuk itu dalam makalah ini akan di bahas tentang kode etik keperawatan dan berbagai hal yang terkait dengan kode etik tersebut.


B.     Rumusan Masalah
1.      apakah pengertian dari etika profesi keperawatan
2.      Apakah kode etik keperawatan itu
3.      Apa tujuan dan fungsi kode etik keperawatan
4.      Apa yang dimaksud kode etik keperawatan menurut PPNI dan ICN


C.    Tujuan
1.      Dapat memahami pengertian etika profesi keperawatan.
2.      Kode Etik Keperawatan
3.      Tujuan dan fungsi kode tika keperawatan.
4.      Kode etik keperawatan menurut PPNI  & ICN  

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Landasan Teori
Etika merupakan kata yang berasal dari Yunani, yaitu Ethos, yang menurut Araskar dan David (1978) berarti kebiasaan atau model prilaku, atau standar yang diharapkan dan kriteria tertentu untuk sesuatu tindakan, dapat diartikan segala sesuatu yang berhubungan dengan pertimbangan pembuatan keputusan, benar atau tidaknya suatu perbuatan. Dalam Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Curret English, AS Hornby mengartikan etika sebagai sistem dari prinsip-prinsip moral atau aturan-aturan prilaku. Menurut definisi AARN (1996), etika berfokus pada yang seharusnya baik salah atau benar, atau hal baik atau buruk. Sedangkan menurut Rowson, (1992).etik adalah Segala sesuatu yang berhubungan/alasan tentang isu moral.
Moral adalah suatu kegiatan/prilaku yang mengarahkan manusia untuk memilih tindakan baik dan buruk, dapat dikatakan etik merupakan kesadaran yang sistematis terhadap prilaku yang dapat dipertanggung jawabkan (Degraf, 1988). Etika merupakan bagian dari filosofi yang berhubungan dengan keputusan moral menyangkut manusia (Spike lee, 1994). Menurut Webster’s “The discipline dealing with what is good and bad and with moral duty and obligation, ethics offers conceptual tools to evaluate and guide moral decision making”.
Beberapa definisi diatas dapat disimpulkan bahwa etika merupakan pengetahuan moral dan susila, falsafah hidup, kekuatan moral, sistem nilai, kesepakatan, serta himpunan hal-hal yang diwajibkan, larangan untuk suatu kelompok/masyarakat dan bukan merupakan hukum atau undang-undang. Dan hal ini menegaskan bahwa moral merupakan bagian dari etik, dan etika merupakan ilmu tentang moral sedangkan moral satu kesatuan nilai yang dipakai manusia sebagai dasar prilakunnya. Maka etika keperawatan (nursing ethics) merupakan bentuk ekspresi bagaimana perawat seharusnya mengatur diri sendiri, dan etika keperawatan diatur dalam kode etik keperawatan.



B.    Pengertian Etika Profesi Keperawatan
Etik atau ethics berasal dari kata yunani, yaitu etos yang artinya adat, kebiasaaan, perilaku, atau karakter. Sedangkan menurut kamus webster, etik adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang apa yang baik dan buruk secara moral. Dari pengertian di atas, etika adalah ilmu tentang kesusilaan yang menentukan bagaimana sepatutnya manusia hidup di dalam masyarakat yang menyangkut aturan-aturan atau prinsip-prinsip yang menentukan tingkah laku yang benar, yaitu :
1.                  Baik dan buruk
2.                  Kewajiban dan tanggung jawab (Ismani,2001).
Etik mempunyai arti dalam penggunaan umum. Pertama, etik mengacu pada metode penyelidikan yang membantu orang memahami moralitas perilaku manuia; yaitu, etik adalah studi moralitas. Ketika digunakan dalam acara ini, etik adalah suatu aktifitas; etik adalah cara memandang atau menyelidiki isu tertentu mengenai perilaku manusia. Kedua, etik mengacu pada praktek, keyakinan, dan standar perilaku kelompok tertentu (misalnya : etik dokter, etik perawat).
Etika berbagai profesi digariskan dalam kode etik yang bersumber dari martabat dan hak manusia (yang memiliki sikap menerima) dan kepercayaan dari profesi.
Moral, istilah ini berasal dari bahasa latin yang berarti adat dan kebiasaan. Pengertian moral adalah perilaku yang diharapkan oleh masyarakat yang merupakan “standar perilaku” dan nilai-nilai” yang harus diperhatikan bila seseorang menjadi anggota masyarakat di mana ia tinggal.
Etiket atau adat merupakan sesuatu yang dikenal, diketahui, diulang, serta menjadi suatu kebiasaan didalam masyarakat, baik berupa kata-kata atau suatu bentuk perbuatan yang nyata.





C.     Kode Etik Keperawatan
Kode etik profesi merupakan pernyataan yang komprehensif dari bentuk tugas dan pelayanan dari profesi yang memberi tuntunan bagi anggota dalam melaksanakan praktek di bidang profesinya, baik yang berhubungan dengan pasien, keluarga, masyarakat dan teman sejawat, profesi dan diri sendiri. Sedangkan kode etik keperawatan merupakan daftar perilaku atau bentuk pedoman (panduan etik) prilaku profesi keperawatan secara professional (Aiken, 2003). Dengan tujuan utama adanya kode etik keperawatan adalah memberikan perlindungan bagi pelaku dan penerima praktek keperawtan.
Kode etik profesi disusun dan disahkan oleh organisasi profesinya sendiri yang akan membina anggota profesinya baik secara nasional maupun internasional. (Rejeki, 2005). Konsep etik yang merupakan panduan profesi merupakan tanggung jawab dari anggota untuk melaksanakannya. Profesi keperawatan sebagai salah satu profesi yang professional dan mempunyai nilai-nilai atau prinsip moral dalam melakukan prakteknya maka kode etik sangatlah diperlukan. Perawat sebagai anggota profesi keperawatan hendaknya menjalankan kode etik keperawatan yang telah di buat dengan sebaik-baiknya dengan tetap memegang teguh dan selalu dilandasi oleh nilai-nilai moral profesionalnya. (Misparsih,2005).
Etika keperawatan memberikan keputusan tentang tindakan yang diharapkan benar-benar tepat atau bermoral. Etika keperawatan sebagai pedoman menumbuhkan tanggung jawab atau kewajiban bagi anggota tentang hak-hak yang diharapkan oleh orang lain. Anggota profesi mempunyai pengetahuan atau keterampilan khusus yang dipergunakan untuk membuat keputusan yang mempengaruhi orang lain. (Samporno, 2005). Etika profesi keperawatan merupakan practice discipline dan sebagai implementasinya diwujudkan dalam asuhan praktik keperawatan. Perawat harus membiasakan diri untuk sepenuhnya menerapkan kode etik yamg ada sebagai gambaran tanggungjawabnya dalam praktik keperawatan.



D.    Tujuan dan Fungsi Kode Etik Keperawatan
Secara umum menurut Koizer (1992). Dikatakan bahwa tujuan kode etik profesi keperawatan adalah meningkatkan praktek keperawatan dengan moral dan kualitas dan menggambarkan tanggung jawab, akontabilitas serta mempersiapkan petunjuk bagi anggotanya.
Etika profesi keperawatan merupakan alat untuk mengukur prilaku moral dalam keperawatan. Dalam menyusun alat pengukur ini keputusan diambil berdasarkan kode etik sebagai standar yang mengukur dan mengevaluasi perilaku moral perawat. (Suhaemi. 2002). Adanya penggunaan kode etik keperawatan, organisasi profesi keperawatan dapat meletakkan kerangka berfikir perawat untuk mengambil keputusan dan bertanggung jawab kepada masyarakat anggota tim kesehatan lain dan kepada profesi.
Prinsip-prinsip umum yang dirumuskan dalam suatu profesi akan berbeda satu dengan yang lainnya. Hal ini disebabkan perbedaan adat, kebiasaan, kebudayaan, dan peranan tenaga ahli profesi yang didefinisikan dalam suatu negar tidak sama.
Adapun yang menjadi tujuan pokok dari rumusan etika yang dituangkan dalam kode etik (Code of conduct) profesi adalah:
1.   Standar-standar etika menjelaskan dan menetapkan tanggung jawab terhadap klien, institusi, dan masyarakat pada umumnya
2.   Standar-standar etika membantu tenaga ahli profesi dalam menentukan apa yang harus mereka perbuat kalau mereka menghadapi dilema-dilema etika dalam pekerjaan
3.   Standar-standar etika membiarkan profesi menjaga reputasi atau nama dan fungsi-fungsi profesi dalam masyarakat melawan kelakuan-kelakuan yang jahat dari anggota-anggota tertentu
4.   Standar-standar etika mencerminkan / membayangkan pengharapan moral-moral dari komunitas, dengan demikian standar-standar etika menjamin bahwa para anggota profesi akan menaati kitab UU etika (kode etik) profesi dalam pelayanannya
5.   Standar-standar etika merupakan dasar untuk menjaga kelakuan dan integritas atau kejujuran dari tenaga ahli profesi
6.   Perlu diketahui bahwa kode etik profesi adalah tidak sama dengan hukum (atau undang-undang). Seorang ahli profesi yang melanggar kode etik profesi akan menerima sangsi atau denda dari induk organisasi profesinya
Sesuai tujuan tersebut diatas, perawat diberi kesempatan untuk dapat mengembangkan etika profesi secara terusmenerus agar dapat menampung keinginan dan masalah baru dan mampu menurunkan etika profesi keperawatan kepada perawat-perawat muda. Disamping maksud tersebut, penting dalam meletakkan landasan filsafat keperawatan agar setiap perawat dapat memahami dan menyenangi profesinya.

E.    Kode Etik Keperawatan Menurut PPNI, ANA dan ICN
1.      Kode Etik Keperawatan Menurut PPNI
Kode etik adalah pernyataan standar profesional yang digunakan sebagai pedoman perilaku dan menjadi kerangka kerja untuk membuat keputusan. Aturan yang berlaku untuk seorang perawat Indonesia dalam melaksanakan tugas/fungsi perawat adalah kode etik perawat nasional Indonesia, dimana seorang perawat selalu berpegang teguh terhadap kode etik sehingga kejadian pelanggaran etik dapat dihindarkan. Kode etik keperawatan di Indonesia telah disusun oleh Dewan Pinpinan Pusat Persatuan Perawat Nasioanl Indonesia (DPP PPNI) melalui munas PPNI di Jakarta pada tangal 29 November 1989. Kode etik keperawatan Indonesia tersebut terdiri dari 4 bab dan 16 pasal yaitu:

a.       Bab 1: terdiri dari empat pasal, menjelaskan tentang tanggung jawab perawat terhadap individu,keluarga, dan masyarakat.
b.      Bab 2: terdiri dari lima pasal, menjelaskan tentang tanggung jawab perawat terhadap tugasnya.
c.       Bab 3: terdiri dari dua pasal, menjelaskan tentang tanggung jawab perawat terhadap sesama perawat dan profesi kesehatan lain.
d.      Bab 4: terdiri dari empat pasal, menjelaskan tentang tanggung jawab perawat terhadap profesi keperawatan.
e.       Bab 5: terdiri dari dua pasal, menjelaskan tentang tanggung jawab perawat terhadap pemerintah,bangsa,dan tanah air.
a.      Tanggung Jawab Perawat terhadap Klien
Dalam memberikan pelayanan keperawatan kepada individu, keluarga, atau komunitas, perawat sangat memerlukan etika keperawatan yang merupakan filsafat yang mengarahkan tanggung jawab moral yang mendasar terhadap pelaksanaan praktik keperawatan, dimana inti dari filsafat tersebut adalah hak danmartabat manusia. Karena itu, fokus dari etika keperawatan ditujukan terhadap sifat manusia yang unik. Untuk memelihara dan meningkatkan kepercayaan masyarakat, di perlukan peraturan tentang hubungan dengan perawat dengan masyarakat, yaitu sebagai berikut:

1)  Perawat, dalam melaksanakan pengabdiannya, senantiasa berpedoman pada tanggung jawab yang bersumber dari adanya kebutuhan terhadap keperawatan individu,keluarga,dan masyarakat.
2)   Perawat, dalam melaksanakan pengabdian di bidang keperawatan, memelihara suasana lingkungan yang menghormati nilai-nilai budaya,adat istiadat, dan kelangsungan hidup beragama dari individu,keluarga, dan masyarakat.
3)   Perawat, dalam melaksanakan kewajibannya terhadap individu,keluarga, dan masyarakat, senantiasa dilandasi rasa tulus ikhlas sesuai dengan martabat dan tradisi luhur keperawatan.
4)  Perawat menjalin hubungan kerja sama dengan individu,keluarga, dan masyarakat, khususnya dalam mengambil prakarsa dan mengadakan upaya kesehatan, serta upaya kesejahteraan pada umumnya sebagai bagian dari tugas dan kewajiban bagi kepentingan masyarakat.

b.      Tangung Jawab Perawat terhadap Tugas

1)  Perawat senantiasa memelihara mutu pelayanan keperawatan yang tinggi disertai kejujuran profesional dalam menerapkan pengetahuan serta ketrampilan keperawatan sesuai dengan kebutuhan individu, keluarga dan masyarakat.
2)   Perawat wajib merahasiakan segala sesuatu yang diketahui sehubungan dengan tugas yang dipercayakan kepadanya kecuali jika diperlukan oleh yang berwenang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.
3)   Perawat tidak akan menggunakan pengetahuan dan keterampilan keperawatan untuk tujuan yang bertentangan dengan norma-norma kemanusiaan.
4)   Perawat dalam menunaikan tugas dan kewajibannya senantiasa berusaha dengan penuh kesadaran agar tidak terpengaruh oleh pertimbangan kebangsaan, kesukuan, warna kulit, umur, jenis kelamin, aliran politik dan agama yang dianut, dan kedudukan sosial.
5)   Perawat senantiasa mengutamakan perlindungan dan keselamatan klien dalam melaksanakan tugas keperawatan serta matang dalam mempertimbangkan kemampuan jika menerima atau mengalihtugaskan tanggungjawab yang ada hubungannya dengan keperawatan.

c.       Tanggung Jawab Perawat terhadap Sejawat
Tanggung jawab perawat terhadap sesama perawat dan profesi kesehatan lainnya adalah sebagai berikut :
1)      Perawat senantiasa memelihara hubungan baik antara sesama perawat dan dengan tenaga kesehatan lainnya, baik dalam memelihara kerahasiaan suasana lingkungan kerja maupun dalam mencapai tujuan pelayanan kesehatan secara menyeluruh.
2)      Perawat senantiasa menyebarluaskan pengetahuan, keterampilan dan pengalamannya kepada sesama perawat serta menerima pengetahuan dan pengalaman dari profesi lain dalam rangka meningkatkan kemampuan dalam bidang keperawatan.

d.      Tanggung Jawab Perawat terhadap Profesi Keperawatan

1)  Perawat senantiasa berupaya meningkatkan kemampuan profesionalnya secara sendiri-sendiri dan atau bersama-sama dengan jalan menambah ilmu pengetahuan, keterampilan dan pengalaman yang bermanfaat bagi perkembangan keperawatan.
2)   Perawat senantiasa menjunjung tinggi nama baik profesi keperawatan dengan menunjukkan perilaku dan sifat pribadi yang luhur.
3)  Perawat senantiasa berperan dalam menentukan pembakuan pendidikan dan pelayanan keperawatan serta menerapkan dalam kegiatan dan pendidikan keperawatan.
4)   Perawat secara bersama-sama membina dan memelihara mutu organisasi profesi keperawatan sebagai sarana pengabdiannya.

e. Tanggung Jawab Perawat Terhadap Instansi Rumah Sakit
a)      Mematuhi semua peraturan RS dengan hubungan hukum antara dengan pihak RS.
b)      Mengadakan perjanjian tertulis dengan pihak rumah sakit
c)      Memenuhi hal-hal yang telah disepakati / perjanjian yang telah dibuatnya.
d)     Memberikan pelayanan atau asuhan keperawatan sesuai dengan standar profesi dan batas kewenangannya atau otonomi profesi.
e)      Menghormati hak-hak klien atau pasien.
f)       Merujuk klien atau pasien kepada perawat lain atau tenaga kesehatan lain yang mempunyai keahlian atau kemampuan yang lebih baik.
g)      Memberikan kesempatan kepada klien/pasien agar senantiasa dapat berhubungan dengan keluarganya dan dapat menjalankan ibadah sesuai dengan agama atau keyakinannya sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan pelayanan kesehatan.
h)      Bekerjasama dengan tenaga medis/tenaga kesehatan lain yang terkait dalam memberikan pelayanan kesehatan/asuhan kebidanan kepada klien/pasien.
i)        Memberikan informasi yang adekuat tentang tindakan keperawatan atau kebidanan kepada klien/pasien dan atau keluarganya sesuai dengan batas kewenangannya.
j)        Membuat dokumen asuhan keperawatan secara akurat dan berkesinambungan.
k)      Meningkatkan mutu pelayanan keperawatan sesuai standar profesi keperawatan dan kepuasan klien/pasien.
l)        Mengikuti IPTEK keperawatan secara terus menerus.
m)    Melakukan pertolongan darurat sebagai tugas perikemanusiaan sesuai dengan batas kewenangannya.
n)      Merahasiakan segala sesuatu yang diketahuinya tentang klien/pasien bahkan juga setelah klien/pasien tersebut meninggal, kecuali jika diminta keterangannya oleh yang berwenang.

f.       Tanggung Jawab Perawat terhadap Negara

1)  Perawat senantiasa melaksanakan ketentuan-ketentuan sebagai kebijaksanaan yang diharuskan oleh pemerintah dalam bidang kesehatan dan keperawatan.
2)  Perawat senantiasa berperan secara aktif dalam menyumbangkan pikiran kepada pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan dan keperawatan kepada masyarakat.

g.       Tujuan Kode Etik Keperawatan
Pada dasarnya, tujuan kode etik keperawatan adalah upaya agar perawat dalam menjalankan setiap tugas dan fungsinya dapat menghargai dan menghormati marabat manusia. Tujuan kode etik keperawatan tersebut adalah sebagai berikut :

1)   Merupakan dasar dalam mengatur hubungan antar-perawat, klien/pasien, teman sebaya, masyarakat dan unsur profesi, baik dalam profesi keperawatan sendiri maupun hubungannya dengan profesi lain di luar profesi keperawatan.
2)   Merupakan standar untuk mengatasi masalah yang dilakukan oleh praktisi keperawatan yang tidak mengindahkan dedikasi moral dalam pelaksanaan tugasnya.
3)  Untuk mempertahankan bila praktisi yang dalam menjalankan tugasnya diperlakukan secara tidak adil oleh institusi maupun masyarkat.
4)   Merupakan dalam menyusun kurikulum pendidikan keperawatan agar dapat menghasilkan lulusan yang berorientasi pada sikap profesional keperawatan.
5)   Memberikan pemahaman kepada masyarakat pemakai/pengguna tenaga keperawatan akan pentingnya skap professional dalam melaksanakan tugas praktik keperawatan.

h.      Fungsi Kode Etik Keperawatan
Kode etik perawat yang berlaku saat ini berfungsi sebagai landasan bagi status profesional dengan cara sebagai berikut:
1)  Kode etik perawat menunjukkan kepada masyarakat bahwa perawat diharuskan memahami dan menerima kepercayaan dan tanggungjawab yang diberikan kepada perawat oleh masyarakat.
2)  Kode etik menjadi pedoman bagi perawat untuk berperilaku dan menjalin hubungan keprofesian sebagai landasan dalam penerapan praktek etikal.
3)   Kode etik perawat menetapkan hubungan-hubungan profesional yang harus dipatuhi yaitu hubungan perawat dengan pasien/klien sebagai advokator, perawat dengan tenaga profesional kesehatan lain sebagai teman sejawat, dengan profesi keperawatan sebagai seorang kontributor dan dengan masyarakat sebagai perwakilan dari asuhan kesehatan.
4)   Kode etik perawat memberikan sarana pengaturan diri sebagai profesi.

2.      Kode Etik Keperawatan Menurut ICN.
ICN adalah suatu federasi perhimpunan perawat di seluruh dunia yang didirikan pada tanggal 1 Juli 1899 oleh Mrs.Bedford Fenwich di Hanover Square, London dan direvisi pada tahun 1973. Adapun kode etiknya adalah sebagai berikut :

a.      Tanggung jawab utama perawat
  Tanggung jawab utama perawat adalah meningkatkan kesehatan, mencegah timbulnya penyakit, memelihara kesehatan dan mengurangi penderitaan. Untuk melaksanakan tanggung jawab utama tersebut, perawat harus meyakini bahwa :
1)  Kebutuhan terhadap pelayanan keperawatan di berbagai tempat adalah
sama.
2)   Pelaksanaan praktik keperawatan dititik beratkan pada penghargaan terhadap kehidupan yang bermartabat dan menjunjung tinggi hak asasi
manusia.
3)   Dalam melaksanakan pelayanan kesehatan dan /atau keperawatan kepada individu, keluarga, kelompok dan masyarakat, perawat mengikutsertakan kelompok dan instansi terkait.

b.      Perawat, individu, dan anggota kelompok masyarakat.
Tanggung jawab utama perawat adalah melaksanakan asuhan keperawatan sesuai dengan kebutuhan masyuarakat. Oleh karena itu , dalam menjalankan tugas, perawat perlu meningkatkan keadaan lingkungan kesehatan dengan menghargai nilai-nilai yang ada di masyarakat, menghargai aadat kebiasaan serta kepercayaan individu, keluarga, kelompok dan masyarakat yang menjadi pasien atau kliennya. Perawat dapat memegang teguh rahasia pribadi (privasi) dan hanya dapat memberikan keterangan bila diperlukaan oleh pihak yang berkepentingan atau pengadilan.
c.       Perawat dan pelaksanaan praktik keperawatan
Perawat memegang peranan penting dalam menentukan dan melaksanakan standar praktik keperawatan untuk mencapai kemampuan yang sesuai dengan standar pendidikan keperawatan. Perawat dapat mengembangkan pengetahuan yang dimilikinya secara aktif untuk menopang perannya dalam situasi tertentu. Perawat sebagai anggota profesi, setiap saat dapat mempertahankan sikap sesuai dengan standar profesi keperawatan.
d.      Perawat dan lingkungan masyarakat
Perawat dapat memprakarsai pembaharuan, tanggap, mempunyai inisiatif, dan dapat berperan serta secara aktif dalam menentukan masalah kesehatan dan masalah sosial yang terjadi di masyarakat.
e.       Perawat dan sejawat
Perawat dapat menopang hubungan kerja sama dengan teman kerja, baik tenaga keperawatan maupun tenaga profesi lain di keperawatan. Perawat dapat melindungi dan menjamin seseorang, bila dalam masa perawatannya merasa terancam.
f.       Perawat dan profesi keperawatan
Perawat memainkan peran yang besar dalam menentukan pelaksanaan standar praktik keperawatan dan pendidikan keperawatan . Perawat diharapkan ikut aktif dalam mengembangkan pengetahuan dalam menopang pelaksanaan perawatan secara profesional. Perawat sebagai anggota profesi berpartisipasi dalam memelihara kestabilan sosial dan ekonomi sesuai dengan kondisi pelaksanaan praktik keperawatan.

BAB III
ROLEPLAY
Pada suatu hari di rumah sakit SEGER WARAS ada seorang  pasien yang sedang sakit dan butuh perawatan segera.  Pasien tersebut mengalami  keracunan dan diharuskan rawat inap. Setelah keluarganya  melakukan registrasi pasien tersebut memilih ruang VVIP. Setelah memasuki ruangan ia ditawari perawat yang bertanggung jawab terhadap dirinya.

Perawat Fety  : Permisi ibu, nama saya Fety saya ingin memberikan  daftar perawat yang
ada di RS  ini, ibu bisa memilih perawat yang nantinya akan bertanggung
  jawab kepada ibuk, selama ibuk dirawat.
Nn. Firda         : Aduuh yang mana ya sus saya nggak tau, tapi semua perawat  sama kan ya?
Perawat Fety   : Iya buk semua perawat di sini sama saja.
Nn. Firda         : Ya udah saya pilih suster aja tidak apa-apa kan?
Perawat Fety   : Iya tidak apa-apa, ibu kalau begitu yang akan bertanggung jawab kepada ibu, selama ibu di rawat di RS ini adalah saya, saya mohon kerjasamanya ya buk
Nn. Firda         : Iya suster.

Kemudian datang pasien baru dengan keluhan yang berbeda lalu dokter memeriksanya

Nn. Riza          : (tok tok tok) Permisi dok.
Dokter Meme : Silahkan masuk, silahakan duduk. Ada keluhan apa bu?
Nn. Riza          : Begini dok saya merasa demam, badan sakit semua, mata sakit, dan sering buang air kecil
Dokter Meme : (memeriksa) Begini bu dari hasil pemeriksaan terdapat bintik                                    bintik merah di kulit ibu yang artinya ibu terkena demam                                          berdarah dan di haruskan rawat inap disini.
Nn. Riza          : Bagaimana prosedurnya dok?
Dokter Meme : Silahkan keluarga ibu melakukan registrasi.

Kemudian Nn. Riza di tempatkan di ruang VIP , kemudian perawat Nia menghampirinya dan menanyakan perawat yang bertanggung jawab padanya.

Perawat Nia    : Selamat siang ibuk,nama saya Nia, disini saya mau menawarkan ibu untuk
  memilih perawat yang akan bertanggung jawab selama ibu               dirawat di RS
  ini, ini daftar nama-namanya bu.
Nn. Riza            : Kira-kira perawat yang sabar yang mana ya sus, soalnya saya takut sama
    perawat yang galak?
Perawat Nia    : Oh ibu tenang saja, semua perawat di RS  ini sabar-sabar.
Nn. Riza          : Saya pilih suster Nia saja
Perawat Nia    : Baik ibuk terima kasih karena telah memilih saya, dan saya   mohon kerjasamanya ya.
Nn. Riza          : Iya suster

Mengetahui hal itu,  perawat Siska yang merasa lebih senior, karena lebih lama bekerja di RS tersebut merasa tidak senang, seringkali ia melakukan tugas perawat Nia ataupun perawat
Vety meskipun bukan tanggung jawabnya. Ketika itu bel kamar VVIP berbunyi

Perawat Vety  : Bel kamar vvip berbunyi, mungkin perlu sesuatu. ( hendak berdiri)
Perawat Siska  : Biar saya saja, kamu kerjakan yang lain.
Perawat Vety  : Tapi mbk,  itukan tanggung jawab saya.
Perawat Siska  : Udah tidak apa-apa. (sambil berjalan ke ruang VVIP)
Perawat Vety  : Tapi….

Ketika di kamar

Perawat Siska  : Selamat siang ibu, ada yang bias saya bantu?
Ny. Firda       :Aduuuh suster kok lama sekali, saya mau ke kamar kecil dari tadi    tapi tidak
ada yang membantu, loh kok bukan suster Fety, suster Fetynya        kemana ?”.
Perawat Siska: Iya buk memang betul, tapi suster Fety nya nggak tahu kemana,   jadi saya yang datang.
Ny. Firda           :Kok gitu, nggak professional! Ya udah  sus, saya mau minta   tolong diantar ke kamar mandi.
Perawa Siska   : Iya buk mari saya bantu.

Tidak hanya sekali  atau dua kali, seringkali perawat Siska melakukan tindakan yang sebenarnya bukan tanggungjawabnya
(di station nurse)

Perawat Nia      :Eh sebentar Fety aku mau mengganti cairan infus Nn. Riza, kelihatannya sudah mau habis”.
Perawat Vety  : Iya Ni.

Kemudian perawat Siska datang

Perawat Siska  : Mau kemana kamu Nia?
Perawat Nia      : Ini mbak mau mengganti cairan infus Nn. Riza di ruang VIP,sepertinya sudah mau habis.
Perawat Siska  : Udah sini saya saja.
Perawat Nia    : Udah mbk nggk papa saya saja, lagian itu sudah menjadi                                           tanggung jawab saya untuk nona Riza.
Perawat Siska  : Udah nggk papa, saya saja!!


Ketika di ruangan nona Riza

Perawat Siska  : Selamat siang nona Riza, permisi buk saya mau menganti dulu cairan Infusnya.
Nn. Riza          : Oh iya sus, kok bukan suster Nia, suster Nianya kemana?
Perawat Siska : Suster Nianya sedang keluar, tidak tau kemana, jadi saya yang datang kemari.
Nn. Riza          : Makasih ya sus, kok  suster Nia gitu, katanya yang bertanggung jawab sama saya. tapi malah suster Nia tidak ada.
Perawat Siska  : Iya maaf ya buk, saya mewakili suster Nia untuk meminta maaf.
Nn.Riza           : Tidak perlu suster, itu bukan kesalahan suster. Tahu gini mending saya sama suster Siska saja.

Karena seringnya perawat Siska melakukan tindakan yang bukan tanggung jawabnya, maka pasien-pasien perawat Nia dan Fety tidak mau lagi mereka rawat dan hanya ingin dirawat oleh perawat Siska saja.
Ketika perawat Fety hendak melakukan pengukuran tanda-tanda vital kepada Nn.firda, Nn.firda pun  marah-marah tidak jelas.

Perawat Fety   : Selamat siang ibu. Permisi ya, saya ukur tekanan darah ibu dulu.
Ny. Firda         : (dengan muka yang tidak senang) Suster Fety ini gimana, katanya penanggung jawab saya, tapi malah seringkali ketika saya membutuhkan sesuatu susternya tidak ada, dan malah suster Siska yang datang. Tau gini mending saya sama suster Siska saja.
Perawat Fety   : bukan begitu ibu, saya ada kok tapi…
Nn. Firda         : Alah nggak usah alasan, kata suster Siska suster Fety pergi tidak tau kemana ketika saya butuhkan. Ya udah cepet ukur aja saya lelah!
Perawat Fety   : (dengan wajah sedih) Iya permisi ya bu saya ukur dulu.

Kemudian perawat Fety kembali ke station nurse dengan wajah sedih, perawat Nia pun bertanya
Perawat Nia    : kamu kenapa Fet?
Perawat Fety   : Pasien ku tadi complain, katanya saya seringkali keluar nggak tahu kemana ketika dibutuhkan, sehingga suster Siska yang datang.Malah katanya dia ingin perawat yang bertanggung jawab kepadanya adalah mbakSiska.
Perawat Nia    : Sama, pasienku juga mengeluh akan hal itu, katanya saya nggak bertanggung jawab sama sekali, dia juga ingin mbk Siska yang jadi penanggung jawabnya
Perawat Fety   : Ini nggk bisa dibiarkan, kita harus bicara sama mbak Siska, kenapa dia mengatakan yang tidak-tidak tentang kita kepada pasien
Perawat Nia    : Iya betul, mari kita ke mbak Siska!

Perawat Siska yang sedang makan siang, dihampiri oleh kedua rekannya

Perawat Fety   : Mbak permisi, kita mau ngomong sesuatu.
Perawat Siska  : Mau ngomong  apa?
Perawat Nia    : Begini mbak, kan ketika pasien kami membutuhkan sesuatu, mbak Siska yang malah datang, sehingga pasien kami merasa tidak percaya lagi dengan kami dan ingin diganti sama mbak Siska.
Perawat Fety : Iya mbak malah mereka bilang kalau kita sering pergi tidak tahu kemana ketika dibutuhkan, mereka bilang mbak yang ngomong begitu, apa betul mbak, padahal kan kita nggk kemana-mana. Mbak aja yang ngotot mau melakukan tindakan.
Perawat Siska  :Tidak kok aku nggk ngomong begitu, lagian kalau mereka mau                                 ganti perawat itukan hak mereka, bararti mereka merasa labih                                  nyaman sama saya”
Perawat Nia    :Tapi mbk itukan karena mbak yang selalu melarang kami                               memeriksa keadaan pasien kami, jadi mereka tidak mempercayai                         kami lagi”



Perawat Siska  : Kalian itu  disini masih baru, nggak tahu apa-apa, kalau pasien
  menginginkan saya jadi perawat yang bertanggung jawab, berarti                merekatahu kalau saya lebih kompeten dari kalian dan itu bukan                         salah saya”
Perawat Fety   : Tapi mbk, caranya bukan begitu….
Perawat Siska  : Alah udahlah, saya masih ada urusan (kemudian segera pergi)

Mengetahui sikap perawat Siska yang seperti itu, mereka berdua tambah jengkel dan tidak tahan lagi, mereka berdua berencana untuk keluar dari RS tersebut

Perawat Nia    : Aku tidak tahan kalau bagini terus.
Perawat Fety   : Iya sama, kalau kayak gini terus aku mau keluar.
Perawat Nia    : Iya, nanti malam aku mau buat surat pengunduran diri , terus                                    besok langsung aku serahkan ke pak Hadi.
Perawat Fety   : Iya, aku juga.

Keesoknya hari perawat nia dan perawat Fety di ruang pak Hadi

Perawat Fety   : Selamat pagi pak.
Pak Hadi         : Selamat pagi, ada yang bisa saya bantu.
Perawat Nia    : Begini pak, kami berdua mau mengundurkan diri, ini surat                                       pengunduran dirinya.
Pak Hadi         : Loh kenapa,memangnya ada masalah apa sehingga kalian berdua                              mau mengundurkan diri?
Perawat Vety  : Kami sudah tidak tahan dengan sikap mbak Siska pak”
Perawat Nia    : Iya pak.
Pak Hadi         : Memangnya kenapa dengan perawat Siska.
Perawat Fety   :Mbak Siska membuat kami tidak  dipercaya oleh pasien kami,                                 mbak Siska sering melakukan tindakan yang menjadi tanggung                             jawab kami, kemudian mengatakan hal yang tidak-tidak tentang                                   kami sehingga pasien kami ingin mbak Siska yang bertanggung                                      jawab kepada mereka, bukan lagi kami.
Perawat Nia    : Iya pak itu benar.
Pak Hadi         : Ini sudah tidak bisa dibiarkan, dia memang sering melakukan hal                             itu sehinggan membuat pegawai baru merasa tidak nyaman.                                Baiklah kalau begitu nanti saya akan panggil Siska untuk                                              menghadap saya, tapi saya mohon kalian jangan mengundurkan                                      diri. Saya berjani Siska tidak akan melakukan hal itu lagi, karena                             jika tidak dia, yang akan saya keluarkan. Ini surat pengunduran                               diri kalian bawa kembali.
Perawat Nia    : Baik pak kalau begitu terima kasih.

Kemudian perawat Siska di panggil untuk menghadap pak Hadi

Perawat Siska  : Selamat siang pak , ada apa pak  kok saya dipanggil kesini?
Pak Hadi         : Oh iya silakan duduk.
Perawat Siska  : Iya pak.
Pak Hadi         : Begini, saya dapat laporan jika anda sering melakukan tindakan                               yang sebenarnya bukan tanggung jawab anda dan mengatakan hal                                     yang tidak-tidak mengenai perawat yang sebenarnya bertanggung                                     jawab sehingga klien merasa tidak percaya lagi dengan perawat                                     penanggungjawabnya, apa itu benar?
Perawat Siska : Memangnya siapa yang mengatakan hal itu? Tidak pak saya tidak                            begitu.
Pak Hadi         : Tapi buktinya sudah banyak perawat yang mengeluh akan anda,                               kali ini saya tidak akan diam, saya tahu anda telah lama bekerja                                  disini, tapi dengan sikap anda yang seperti ini, itu sama saja anda                                menjatuhkan nama RS ini karena para perawatnya yang tidak                               memiliki rasa tanggung jawab.
Perawat Siska  : Tapi pak,
Pak Hadi         : Sudahlah perawat Siska saya hanya ingin anda merubah sikap                                  anda mulai saat ini, jika masih ada perawat lain yang mengeluh                             tentang anda lagi terpaksa dan anda harus mengundurkan diri                                   dari rumah sakit ini.
Perawat Siska  : Iya pak saya minta maaf dan saya berjanji tidak akan lagi                                          melakukan hal itu.
Pak Hadi         : Baik kali ini saya maafkan, tapi anda juga harus meminta maaf                                 kepada rekan anda dan berjanji tidak akan mengulangi kesalahan                                yang sama.
Perawat Siska  : Iya pak saya berjanji, kalau begitu saya mohon pamit.
Pak Hadi         : Iya silahkan.

Setelah itu pak Hadi mengumpulkan seluruh perawat yang ada di RS tersebut.

Pak Hadi         : Mohon perhatian nya rekan-rekan sekalian, disin saya                                                mengumpulkan kalian  untuk menyelesaikan konflik yang telah                                  di keluhkan. Untuk yang bersangkutan silahkan perawat Siska,
Perawat Siska  : Teman-teman disini saya mau minta maaf atas sikap saya selama                              ini, yang telah membuat teman-teman sekalian merasa tidak                              nyaman dan tidak dihargai lagi oleh pasien, saya berjanji tidak                                 akan berbuat seperti itu lagi, jika saya masih melakukan hal itu                                      saya bersedia untuk keluar dari RS ini.
Perawat           : Iya kami maafkan, asal jangan diulangi lagi ya mbak.
Pak Hadi         : Saya berharap tidak akan terjadi masalah seperti ini lagi untuk di                              kemudian hari.



BAB IV
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Keperawatan sebagai suatu profesi bertanggung jawab dan bertanggunggugat atas pelayanan / asuhan keperawatan yang diberikan. Oleh sebab itu pemberian pelayanan / asuhan keperawatan harus berdasarkan pada landasan hukum dan etika keperawatan. Standar asuhan keperawatan di Indonesia sangat di perlukan untuk melaksanakan praktek keperawatan, sedangkan etika keperawatan telah diatur oleh organisasi profesi, hanya saja kode etik yang dibuat masih sulit dilaksanalan dilapangan karena bentuk kode etik yang ada masih belum dijabarkan secara terinci dan lengkap dalam bentuk petunjuk teknisnya.
Etik merupakan kesadaran yang sistematis terhadap perilaku yang dapat di pertanggung jawabkan, etik bicara tentang hal yang benar dan hal yang salah dan di dalam etik terdapat nilai-nilai moral yang merupakan dasar dari perilaku manusia (niat). Prinsip-prinsip moral telah banyak diuraikan dalam teori termasuk didalamnya bagai mana nilai-nilai moral dalam profesikeperawatan. Penerapan nilai moral professional sangat penting dan sesuatu yang tidakbolehhttp://cdncache-a.akamaihd.net/items/it/img/arrow-10x10.png ditawar lagi dan harus dilaksanakan dalam praktek keperawatan.
Setiap manusia mempunyai hak dasar dan hak untuk berkembang, demikian juga sebagai pasien penerima asuhan keperawatan mempunyaihak yang sama walaupun sedang dalam kondisi sakit. Demikian juga perawat sebagai pemberi asuhan keperawatan mempunyai hak dan kewajiban masing-masing. Kedua-duanya mempunyai hak dan kewajiban sesuai posisinya.
Etika merupakan pengetahuan moral dan susila, falsafah hidup, kekuatan moral, sistem nilai, kesepakatan, serta himpunan hal-hal yang diwajibkan, larangan untuk suatu kelompok/masyarakat dan bukan merupakan hukum atau undang-undang. Dan hal ini menegaskan bahwa moral merupakan bagian dari etik, dan etika merupakan ilmu tentang moral sedangkan moral satu kesatuan nilai yang dipakai manusia sebagai dasar prilakunnya.



Kesimpulan roleplay

Sebagai seorang perawat harus memiliki rasa persaudaraan, rasa tanggung jawab bersama dengan cara
a)      silih asuh yaitu sesama perawat dapat saling membimbing , menasehati, menghormati, dan mengingatkan bila sejawat melakukan kesalahan atau kekeliruan sehingga terbina hubungan yang serasi.
b)      Silih Asih yaitu dalam menjalankan tugasnya setiap perawat dapat saling menghargai satu sama lain, saling menghargai antar anggota profesi, saling bertenggang rasa , serta bertoleransi yang tinggi sehingga tidak terpengaruh oleh hasutan yang dapat menimbulkan saling curiga dan benci.
c)      Silih Asah yaitu perawat yang merasa lebih pandai atau tahu dalam hal ilmu pengetahuan dapat mengamalkan ilmu yang telah diperolehnya kepada rekan sesama perawat tanpa pamrih.
Kesimpulan hubungan perawat dengan perawat :
Jadi dari roleplay yang kita tampilkan ini mengenai hak klien memilih perawat yang dikehendakinya tanpa memandang banyaknya  pengalaman karena pasien dan sebaiknya perawat yang sudah banyak memiliki ilmu dan kemampuan mengajarkan dan memberi kesempatan kepada yang lebih junior agar sama sama memperoleh dan memiliki pengalaman serta menjadi perawat yang professional. 

B.     Saran
1.   Pentingnya membuat standar praktek keperawatan yang jelas dan dapat dipertanggung jawabkan.
2.   Perlunya peraturan atau perundang-undangan yang mengatur dan sebagai bentuk pelindungan hukum baik pemberi dan penerima praktek keperawatan
3.   Kode etik di Indonesia yang sudah ada perlu didukung dengan adanya perangkat-perangkat aturan yang jelas agar dapat dilaksanakan secara baik dilapangan.
4.   Keputusan etik perlu diambil dengan hati-hati dan saling memuaskan dan tidak merugikan bagi pasien, maka perlu dibentuk komite etik disetiap Rumah Sakit dan bila perlu disetiap ruang ada yang mengawasi dan mengontrol pelaksanaan etik dalam praktek keperawatan.
5.    Perlunya sosialisai yang luas tentang kode etik profesi keperawatan dan bila perlu diadakan pelatihan yang bersifat review tentang etika keperawatan secara periodic dan tidak terbatas.
6.   Penyelesaian yang terbaik bila terdapat kasus etik, seperti pada kasus Ny.M, penting adanya bentuk koordinasi dan kolaborasi yang jelas antara tim pengelola pasien dan kasus tersebut dapat diselesaikan didalam tim/komite etik yang ada di Rumah Sakit bersangkutan.


                                               DAFTAR PUSTAKA       

Craven & Hirnle. (2000). Fundamentaks of nursing. Philadelphia. Lippincrott.
Canadian Nurses Association (1999). Code of Ethics. For Registered Nurses:Otawa, Canada: CNA.
Huston, C.J, (2000). Leadership Roles and Management Functions in NursingTheory and Aplication; third edition: Philadelphia: Lippincott.
Husted Gladys L. (1995). Ethical Decision Making in Nursing, 2nd ed, St.Louis: Mosby.
Ismani, Nila. Etika Keperawatan.Jakarta : Widya Medika,2001.
Kozier. (2000). Fundamentals of Nursing : concept theory and practices. Philadelphia. Addison Wesley.
Leah curtin & M. Josephine Flaherty (1992). Nursing Ethics; Theories and Pragmatics: Maryland: Robert J.Brady CO.
Priharjo, R (1995). Pengantar etika keperawatan; Yogyakarta: Kanisius.
Persatuan Perawat Nasional Indonesia. (1999, 2000). Kode Etik Keperawatan, lambing dan Panji PPNI dan Ikrar Perawat Indonesia, Jakarta: PPNI
Staunton, P and Whyburn, B. (1997). Nursing and the law. 4th ed.Sydney: Harcourt.
Suhaemi, mimin. 2004. Etika Kepeawatan Aplikasi pada Praktik. Jakarta : EGC.
Tonia, Aiken. (1994). Legal, Ethical & Political Issues in Nursing. 2nd Ed. Philadelphia. FA Davis.

1 comment for "Makalah Mengenai Etika Keperawatan"