Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengadakan Studi Pendahuluan

Seperti teori pengumpulan data pada umumnya, maka sumber pengumpulan informasi untuk mengadakan studi pendahuluan ini dapat dilakukan pada 3 objek. Yang dimaksud dengan objek disini adalah apa yang harus dihubungi, dilihat, diteliti atau dikunjungi yang kira-kira akan memberikan informasi tentang data yang akan dikumpulkan. Ketiga objek tersebut ada yang berupa tulisan-tulisan dalam kertas, manusia, atau tempat. Oleh karena dinyataka dalam katabahasa inggris, untuk lebih mudahnya mengingat, disingkat dalam tiga p.
1.       Peper, dokumen, buku-buku, majalah atau bahan tertulis lainnya, baik berupa teori, laporan penelitian atau penemuan sebelumnya. Studi ini juga disebutkan kepustakaan atau literature studi.
2.       Person: bertemu, bertanya dan berkonsultasi dengan para ahli atau manusia sumber.
3.       Place: lokasi, tempat atau benda-benda yang terdapat ditempat penelitian. Seseorang yang berhasrat besar untuk mengadakan penelitian ke daerah pedalaman, mungkin mengurungkan niatnya setelah mengadakan penelitian pendahuluan, karena ternyata daerah yang akan dikunjungi terlalu sulit untuk dicapai sehingga tidak akan seimbang antara biaya yang dikeluarkan dengan hasil yang akan dicapai. Studi pendahuluan juga disebut pilot studi atau preliminary studi.
Salah satu sumber tunggal yang penting merupakan sumber yang bersifat komprehensif adalah Encyclodepia of Educational Research (Ebel, 1969) yang membuat berbagai judul penelitian pendidikan, serta beberapa buku tahunan yang dierbitkan oleh The Nasional for the Study of Education.

Post a Comment for "Cara Mengadakan Studi Pendahuluan"