INVERS FUNGSI TRIGONOMETRI ( Disusun Untuk Mengetahui serta Menerapkan Invers Fungsi Sinus dan Cosinus Dalam Angka-Angka yang Tertulis Dalam Soal - Soal )
INVERS FUNGSI TRIGONOMETRI
( Disusun Untuk Mengetahui serta
Menerapkan Invers Fungsi Sinus dan Cosinus Dalam Angka-Angka yang Tertulis
Dalam Soal - Soal )
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Berbicara tentang Matematika tak akan pernah terlepas dari kehidupan.
Karena hampir dalam setiap aktivitas sehari-hari entah disadari atau tidak kita
pasti menggunakan Matematika.Dalamkehidupan
sehari-hari tampak disadari ternyata hampir semua masyarakat selalu belajar
matematika, tidak hanya disekolah tetapi semua lapisan masyarakat menerapkan
ilmu-ilmu matematika, baik itu buruh bangunan, pedagaan dipasar bahkan
anak-anak yang belum sekolah sekalipun menerapkan yang namanya matematika.Mulai dari
bangun tidur hingga menjelang tidur lagi. Oleh karena itu, Matematika menjadi
salah satu pelajaran terpenting yang harus dikuasai oleh setiap orang yang
ingin meraih sukses dalam kehidupannya.
Dalam keahlian bermatematika kita dituntut untuk dapat menyelesaikan
masalah dengan benar, sekaligus kita diberi kebebasan untuk menjawab dengan
berbagai cara asalkan jawabannya benar dan dengan cara yang benar. Seperti kata
pepatah, “Banyak jalan menuju Roma”. Namun, jika caranya salah atau salah dalam
menuliskan satu angka saja hasil akhirnya juga salah. Disini kita diminta untuk
jujur dalam menyelesaikan masalah yang ada dengan cara yang benar dan teliti.
Karena jika kita menjawab soal matematika dengan tidak jujur, maka hasilnya? Dapat
diprediksi sendiri ya.Dalam belajar Matematika juga dapat belajar tentang nilai
kejujuran.
Selain itu, banyak sekali manfaat dari aplikasi Matematika dalam kehidupan
sehari-hari baik diterapkan dalam bidang ilmu lainnya maupun dalam kehidupan
sehari-hari. Bahkan Ada pepatah mengatakan “Siapa yang menguasai matematika dan
bahasa maka ia akan menguasai dunia”. Matematika sebagai media melatih untuk
berpikir kritis, inovatif, kreatif, mandiri dan mampu menyelesaikan masalah
sedangkan bahasa sebagai media menyampaikan ide-ide dan gagasan serta yang ada
dalam pikiran manusia. Jelas sekali bahwa Matematika sangat berperan dalam
kehidupan sehari-hari, kita tidak dapat menghindar dari Matematika sekalipun
kita mengambil jurusan ilmu sosial tetap saja ada pelajaran Matematika di
dalamnya karena mau tidak mau matematika digunakan dalam aktivitas sehari-hari
1.2
Rumusan
Masalah
1. Apa
rumus Invers Fungsi Sinus dan Cosinus?
2. Bagaimana
menjelaskan rumus Invers fungsi sinus dan cosinus dalam angka-angka yang
tertulis dalam soal-soal?
3. Bagaimana
menjelaskan cara mengerjakan soal rumus Invers fungsi sinus,cosinus dan tan yang
melebur menjadi satu soal?
1.3 Tujuan Penulisan
1. Mengetahui
rumus Invers Fungsi Sinus dan Cosinus.
2. Mengetahui
cara menerapkan rumus Invers fungsi sinus dan cosinus dalam angka-angka yang
tertulis dalam soal-soal.
3. Mengetahui
cara mengerjakan soal rumus Invers fungsi sinus,cosinus dan tan yang melebur
menjadi satu soal.
1.4
Manfaat
Penelitian
1. Bagi
Pelajar,dapat mengetahui dan memahami semua pembelajaran yang terkait dengan Invers
Fungsi Trigonometri.
2. Bagi
Guru,dapat mengetahui dan memperhatikan siswa-siswi untuk kreatif dalam
menganalisis,memahami dan bekerja dalam proses pembelajaran Invers fungsi
trigonometri.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1Seputar Mengenai Trigonometri
Trigonometri (dari bahasa Yunani
trigonon = tiga sudut dan metro = mengukur) adalah sebuah cabang matematika
yang berhadapan dengan sudut segitiga dan fungsi trigonometrik seperti sinus,
cosinus, dan tangen. Dasar dari Trigonometri adalah Konsep kesebangunan segitiga
siku-siku. Sisi-sisi yang bersesuaian pada dua bangun datar yang sebangun
memiliki perbandingan yang sama. Pada geometri Euclid, jika masing-masing sudut
pada dua segitiga memiliki besar yang sama, maka kedua segitiga itu pasti
sebangun. Hal ini adalah dasar untuk perbandingan trigonometri sudut lancip.
Konsep ini lalu dikembangkan lagi untuk sudut-sudut non lancip (lebih dari 90
derajat dan kurang dari nol derajat).
Trigonometri memiliki hubungan
dengan geometri, meskipun ada ketidaksetujuan tentang apa hubungannya;
bagi beberapa orang, trigonometri adalah bagian dari geometri.Awal trigonometri
dapat dilacak hingga zaman Mesir Kuno dan Babilonia dan peradaban Lembah Indus,
lebih dari 3000 tahun yang lalu. Matematikawan India adalah perintis
penghitungan variabel aljabar yang digunakan untuk menghitungastronomi dan juga
trigonometri. Lagadha adalah matematikawan yang dikenal sampai sekarang yang
menggunakan geometri dan trigonometri untuk penghitungan astronomi dalam
bukunya Vedanga, Jyotisha, yang sebagian besar hasil kerjanya hancur oleh
penjajah India. Matematikawan Yunani Hipparchus sekitar 150 SM menyusun tabel
trigonometri untuk menyelesaikan segitiga.
Matematikawan
Yunani lainnya, Ptolemy sekitar tahun 100 mengembangkan penghitungan
trigonometri lebih lanjut. Matematikawan Silesia Bartholemaeus Pitiskus
menerbitkan sebuah karya yang berpengaruh tentang trigonometri pada1595 dan
memperkenalkan kata ini ke dalam bahasa Inggris dan Perancis.
Ada
banyak aplikasi trigonometri. Terutama adalah teknik triangulasi yang digunakan
dalam astronomi untuk menghitung jarak ke bintang-bintang terdekat, dalam
geografi untuk menghitung antara titik tertentu, dan dalam sistem navigasi
satelit.Bidang lainnya yang menggunakan trigonometri termasuk astronomi (dan
termasuk navigasi, di laut, udara, dan angkasa),teori musik, akustik, optik,
analisis pasar finansial, elektronik, teori probabilitas, statistika, biologi,
pencitraan medis/medical imaging (CAT scan dan ultrasound), farmasi, kimia,
teori angka (dan termasuk kriptologi), seismologi, meteorologi,oseanografi,
berbagai cabang dalamilmu fisika, survei darat dan geodesi, arsitektur,
fonetika, ekonomi, teknik listrik, teknik mekanik, teknik sipil, grafik komputer,
kartografi, kristalografi.
Ada
pengembangan modern trigonometri yang melibatkan "penyebaran" dan
"quadrance", bukan sudut dan panjang. Pendekatan baru ini disebut
trigonometri rasional dan merupakan hasil kerja dari Dr. Norman Wildberger dari
Universitas New South Wales.
2.2
Seputar Mengenai Sudut Istimewa dalam Segitiga ( Sinus,Cosinus,dan Tangen)
Untuk sudut theta di sebuah segitiga siku-siku seperti di atas,
kita namakan sisinya sebagai:
- miring
(sisi di depan sudut siku-siku)
- samping
(sisi di samping sudut theta)
- depan
(sisi di depan sudut theta)
Kita definisikan ketiga rasio trigonometri yaitu sinus theta,
kosinus theta dan tangen theta sebagai berikut (kita menulisnya sin theta, cos
theta dan tan theta):
- sin
theta = depan/miring
- cos
theta = samping/miring
- tan
theta = depan/samping
Untuk mengingatnya orang biasanya memakai SINDEMI, KOSAMI dan
TANDESA.
- sin
theta = depan/miring
- kos
theta = samping/miring
- tan
theta = depan/samping
BAB III
METODOLOGI PENULISAN
3.1 Jenis Pengumpulan
Data
Penulis menggunakan jenis penulisan deskriptip
analisis,dengan melakukan pencarian/penggalian informasi melalui analisis media
massa mengenai Invers Fungsi Trigonometri.
3.2
Waktu dan tempat
Waktu penulisan makalah yakni 10 Maret-30 Maret 2015
dan bertempat di SMA PLUS Negeri 2 Banyuasin III tepatnya di kelas X.IPA 1
3.3 Metode Pembelajaran
Analisis
isi media massa,dengan mencari informasi di sumber yang tertulis maupun tidak
tertulis misalnya buku-buku matematika khusus dalam materi Trigonometri, dan
juga sumber internet.
BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1 Hasil Penulisan
Invers Fungsi
Trigonometri merupakan kebalikan dari fungsi trigonometri,seperti:
1. y
= sin x, untuk
,inversnya x =
,untuk
2. y
= cos x, untuk
,inversnya x =
,untuk
1. Invers
Fungsi Sinus,
2. Invers
Fungsi Cosinus,dan
3. Invers
Fungsi Tan
4.2 Pembahasan
Invers Fungsi Trigonometri :
1.
Invers
Fungsi Sinus
Fungsi y = sin x untuk
mempunyai fungsi invers
untuk
. Penulisan
(i)
(ii)
|
Hubungan identitas dasar dari kedua fungsi tersebut adalah sebagai berikut
Contoh soal :
Buktikan bahwa
=
.
=
=
=
= 45 =
Maka dari itu,
=
.
2.
Invers
Fungsi Cosinus
Fungsi
y = cosinus x untuk
mempunyai fungsi invers
untuk
. Penulisan
untuk
.
(i)
(ii)
|
Hubungan identitas dasar dari kedua fungsi tersebut adalah sebagai berikut
Contoh :
Hitunglah:
a.
b.
Jawab
a.
=
b.
)
=
= cos
0,9
=
Contoh soal :
Buktikan bahwa
,untuk
Jawab :
Memo
|
Dari memo tersebut,dapat dirumuskan,
3.
Invers
Fungsi Tan
Fungsi y = tan x untuk
mempunyai invers y =
atau y = arc (tan x).
Hubungan
identitas antara fungsi y = tan x dan inversnya dinyatakan sebagi berikut.
Nilai
(i)
(ii)
|
contoh soal :
Hitunglah
a.
b.
Jawab :
a.
b.
tan
(65,90) =
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
5.1 Kesimpulan
Untuk mempelajari dan memahami tentang Invers Fungsi
Trigonometri,diperlukan untuk memahami fungsi trigonometri,karena
faktanya,Invers Fungsi Trigonometri merupakan kebalikan dari Fungsi
Trigonometri. Misalkan,
y = sin x ,maka kebalikan atau inversnya adalah
y
= x.
y = cos x,maka kebalikan atau inversnya adalah
y
= x.
y = tan x,maka kebalikan atau inversnya adalah
y
= x.
5.2 Saran
Penulis
menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini, untuk itu
kepada guru pembimbing yaitu bapak Media Harja, S.Pd , saran dan kritik
sangatlah diperlukan oleh penulis agar makalah ini dapat menjadi lebih baik
lagi kedepannya.
Daftar Pustaka
Abdullah,Bayu,Mukti.2015.Penerapan Matematika Dalam
Kehidupan Sehari – Hari dalamhttps://bayumuktiabdullah.wordpress.com/penerapan-matematika-dalam-kehidupan-sehari-hari/diakses tanggal 14 Maret 2015.
Anonim.2010.Fungsi
Invers Trigonometri dalamhttps://asimtot.files.wordpress.com/2010/06/fungsi-invers
trigonometri.pdfdiakses tanggal 14 Maret 2015.
Anonim.2015.Trigonometri dalamhttp://id.wikipedia.org/wiki/Trigonometri
diakses tanggal 6 Maret 2015.
Anonim.2010.Sinus,Cosinus,Tangen dan
Resiprok dalamhttp://www.faktailmiah.com/2010/09/27/sinus-kosinus-tangen-dan-resiprok.html
diakses tanggal 6 Maret 2015.
NOTE :
Boleh Copas, Asalkan mencantumkan sumbernya,...!
Post a Comment for "INVERS FUNGSI TRIGONOMETRI ( Disusun Untuk Mengetahui serta Menerapkan Invers Fungsi Sinus dan Cosinus Dalam Angka-Angka yang Tertulis Dalam Soal - Soal )"